Siapkan Diri Nilai Tertinggi UTBK!
Untuk mempersiapkan diri mengikuti SBMPTN 2022 dengan nilai UTBK tertinggi sehingga dapat masuk ke PTN yang diidam-idamkan.
Memilih Tempat Liburan yang Tepat untuk Anak
Para orang tua diharapkan dapat memilih tempat liburan untuk anak-anaknya yang bernilai pendidikan.
Contoh Format KKM
Untuk aplikasi penghitungan KKM dapat disimak di youtube dengan link https://youtu.be/npQGdI2LcXQ
Contoh Format Jurnal/ Agenda Harian Guru
Untuk aplikasi jurnal/ agenda harian guru dapat disimak di youtube dengan link berikut https://youtu.be/cpDCN-G0X48
Senin, 11 September 2023
Senin, 28 Agustus 2023
Minggu, 27 Agustus 2023
Senin, 21 Agustus 2023
Kamis, 17 Agustus 2023
Sabtu, 15 April 2023
Kamis, 13 April 2023
Jumat, 17 Maret 2023
Rabu, 15 Maret 2023
Kamis, 09 Maret 2023
DRAF
KURIKULUM
OPERASIONAL MADRASAH
MADRASAH ALIYAH (MA).
AN-NIDA
MADRASAH
BERKEUNGULAN AKADEMIK
TAHUN
PELAJARAN 2023/2024
|
NSM |
: |
131232050053 |
|
NPSN |
: |
2027664 |
|
STATUS AKREDITASI |
: |
TERAKREDITASI - B |
|
ALAMAT |
: |
KP. Cigadog RW/RT.04/02 -
Padamukti Pasirwangi - Garut - Jawa
Barat 44161 |
|
Disusun Oleh: Tim Pengembang Kurikulum Madrasah Aliyah An-Nida |
||
KEMENTRIAN AGAMA REPUBLIK
INDONESIA
KANTOR KEMENTRIAN AGAMA
KABUPATEN GARUT
MADRASAH ALIYAH AN-NIDA
TAHUN 2023
BAB
I
KARAKTERISTIK
MADRASAH
A. Karakteristik MA. An-Nida
Madrasah
Aliyah An-Nida yang selanjutnya disebut MA. An-Nida, berdiri sejak tahun 2001.
Madrasah ini ada di bawah naungan Yayasan Darull Muta`alimin Pasirwangi. Tujuan
awal diselengarakanya pendidikan formal ini ialah memberikan akses/kemudahan
yang seluas-luasnya kepada warga masyarakat sekitar khusunya maupun masyarakat
kabupaten garut untuk menuntut ilmu di tingkat pendidikan menengah setingkat
SMA. Sejak didirikanya madrasah ini alhamdulilah sambutan masyarakat sangat
baik, hai ini ditunjukan dari jumlah peserta didik yang tiap tahun meningkat
serta lulusanya bisa bersaing dan masuk perguruan tinggi negri maupun swasata. Meskipun
madrasah ini berada di perkampungan/pedesaan dengan radius ke pusat kota
kabupaten sekitar 15 kilo meter namun madrasah ini sangat dikenal, hal ini
dibuktikan dengan daya tampung peserta didik yang beragam dari luar kecamatan.
Kekhasan sekaligus keberhasilan madrasah kami ditopang dengan sarana belajar
yang menyatu dengan pondok pesantren, sehingga kami memadukan kurikulum
madrasah dengan kurikulum pesantren secara kolaboratif. Berikut disajikan
identitas madrasah secara lengakap
|
Identitas
Madrasah |
|||
|
1 |
Nama Madrasah |
: |
Madrasah Aliyah.
An-Nida |
|
2 |
NPSN |
: |
|
|
3 |
NSM |
: |
|
|
4 |
SK Pendirian |
: |
|
|
5 |
Nama Kepala Madrasah |
: |
|
|
6 |
HP Kepala |
: |
|
|
7 |
E-mail |
: |
annidapasirwangi@gmail.com |
|
8 |
Alamat madrasah |
|
|
|
|
Dusun. |
: |
KP. Cigadog RW/RT.
04/02 |
|
|
Desa |
: |
Padamukti |
|
|
Kecamatan |
: |
Pasirwangi |
|
|
Kabupaten |
: |
Garut |
|
|
Provinsi |
: |
Jawa barat |
|
|
Kode POS |
: |
44161 |
|
8 |
Pelaksanaan KBM |
: |
Pagi |
|
9 |
Status Akreditasi |
: |
B |
B. Karakteristik Peserta Didik
Peserta
didik pada MA. An-Nida merupakan peserta didik yang bervariasi berdasarkan
input, budaya, standar ekonomi orangtua, latar belakang pendidikan orang tua,
kompetensi awal, dan minat.
|
A.
|
Input |
: |
Peserta
didik berasal dari Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui jalur Perestasi (akadeik dan non-akademik),
Pindahan, dan reguler serta siswa tidak mampu. Lulusanya juga dari MTs dan
SMP |
|
B.
|
Budaya |
: |
Peserta didik mayoritas berasal dari
daerah Kabupaten Garut (masyarakat Sunda atau Jawa Barat), namun ada pula
peserta didik yang berasal dari daerah lainnya seperti dari betawi (Jakarta)
maupun Tanggerang (Banten). |
|
C.
|
Standar
ekonomi orang tua |
: |
Peserta didik pada MA. An-Nida
mayoritas dari kelompok ekonomi menengah ke bawah, bahkan cenderung kurang
mampu. |
|
D.
|
Latar belakang
pendidikan orangtua |
: |
Latar belakang Pendidikan orang tua
peserta didik pada MA. An-Nida mayoritas lulusan SD namun ada juga yang
memiliki latar belakang pendidikan SMP atau atau di atasnya. |
|
E.
|
Kompetensi
awal |
|
Kompetensi awal (IQ) yang dimiliki
oleh peserta didik di MA. An-Nida berada pada rentang rata-rata. Hanya ada
sebagain kecil yang memiliki keistimewaan dalam bidang akademik maupun non
akademik |
C. Karakteristik Tenaga Pendidik
Jumlah
Pendidik secara keseluruhan berdasarkan mata pelajaran, ditunjukkan pada tabel
di bawah ini.
|
N0 |
Nama Pendidik |
Mata Pelajaran |
Tugas Tambahan |
Ket |
|
a.
|
Aceng A. Gani, S. Pd. I |
|
Kepala
Madrasah |
GTY |
|
b.
|
Aceng I. Sibaweh,
S.Pd |
PPKn |
Waka
Kurikulum |
GTY |
|
c.
|
DR. Aam S. Alam, M.
Pd |
Qurdis |
|
GTT |
|
d.
|
Firman Alamsyah, S.Pd |
B. Inggris |
Waka
Kesiswaan |
|
|
e.
|
Abdullah Arif, S.Pd |
Matematika |
|
|
|
f.
|
Anita
Permatasari, S. Pd |
Kimia |
Wali
Kelas X A |
GTY |
|
g.
|
Iis Nuraisyah, S.Pd.I |
Akidah
Ahlak |
Wali
Kelas XI--IPS |
GTT |
|
h.
|
Hamdani |
PJOK |
Wali
Kelas XII-IPS |
GTT |
|
i.
|
Siti Nurajijah, S. Pd |
Seni
Budaya |
Wali
Kelas X B |
GTT |
|
j.
|
Yeni Mulyani, S. Pd |
B.
Sunda |
Wali
Kelas XI--IPA |
GTT |
|
k.
|
Susi Susilawati, S.
Pd |
Geografi |
|
GTT |
|
12. |
Ahmad Mustofa, S. E |
Ekonomi |
|
GTT |
|
13 |
Anwar Sidiq, S. Pd. I |
Fikih |
|
GTY |
|
14 |
Endang Ridwan, S. Ag |
B.
Arab |
Waka
Sarana |
GTY |
|
15 |
Sri Wulandari, S. Pd |
Fisika |
|
GTT |
|
16 |
Yuliani, S. Pd |
Biologi |
|
GTT |
|
17 |
Rina Marlina |
Sosiologi |
Wali
Kelas XII-IPA |
GTY |
|
18 |
Yeti Mulyati, S. Pd |
B.
Indonesia |
|
GTY |
|
19 |
Ajat Sudrajat, S. Pd |
Sejarah |
|
GTY |
D. Karakteristik
Tenaga Kependidikan
Jumlah
tenaga kependidikan secara keseluruhan berdasarkan spesifikasi pendidikan, ditunjukkan
pada tabel berikut ini.
|
N0 |
Nama |
Pendidikan |
Ket |
|
1 |
Dara
Puspita Sari, S. Pd. I |
S-1 |
|
|
2 |
Ai
Malah |
SMA |
|
E. Karakteristik
Sarana dan Prasarana
Sarana
dan prasarana yang dimiliki MA. An-Nida
meliputi ruang teori, ruang praktik siswa (RPS)
|
N0 |
Nama Ruang |
Jumlah |
Ket |
|
1. |
R.
Belajar |
3 |
Baik |
|
2. |
R.
Lab Komputer |
1 |
Baik |
|
3. |
R.
Lap Praktek |
1 |
Baik |
|
4. |
R.
Guru |
1 |
Baik |
|
5. |
R.
Tata Usaha |
1 |
Baik |
|
6. |
WC
Siswa |
3 |
Cukup
Baik |
|
7. |
WC
Guru |
1 |
Baik |
|
8. |
Internet |
|
Ada |
|
9. |
Infokus |
1 |
Ada |
F. Kemitraan
Dalam
rangka meningkatkan layanan kepada peserta didik dan mengatasi kelemahan serta
kendala yang dialami oleh madrasah, MA. An-Nida melakukan berbagai upaya,
antara lain menjalin kemitraan/kerja sama dengan berbagai pihak sebagai berikut
|
N0 |
Jenis
Kemitraan |
Tujuan |
|
1 |
Institut Pendidikan Indonesia Garut
(IPI-Garut) |
Mengantakan Peserta didik melanjutkan
ke perguruan tinggi melalui KIP Kuliah |
|
2 |
PUSKESMAS Gadog |
Pelatihan UKS Pemberian Imunisasi |
|
3 |
POLSEK Pasirwangi |
Upaya kesadaran hukum (KADARKUM) Pengenalan NAPZA |
BAB II
VISI,
MISI DAN TUJUAN
a. Visi MA. An-Nida
MEWUJUDKAN SUASANA RAMAH
{Religius, Amanah, Mandiri,
Aktif dan Kreatif Serta Humanis}
Indikator:
1.
Religius.
Mampu menjalankan ajaran agama islam secara baik dan benar
2.
Amanah. Mampu menjalankan Tugas
dan tangung jawab secara terus menerus
3.
Mandiri.
Memiliki bekal kemampuan yang bertanggungjawab
4.
Aktif dan Kreatif. Memiliki semangat dan
karya yang tidak henti
5.
Humanis. Memiliki jiwa sosial
yang tinggi
b.
Misi MA.
An-Nida
1.
Mengamalkan
ajaran islam berdasarkan Al-Quran dan as-Sunah
2.
Mewujudkan
lembaga pengkaderan dan dakwah islam amar ma`ruf nahi munkar
3.
Mewujudkan
pendidikan berkualitas dan terjangkau
4.
Membina
pencapaian akhlak/budi pekerti luhur dan taat
beribadah
5.
Mewujudkan
personal yang amanah, terampil, dedikatif serta beretos kerja tinggi
6.
Menanamkan
keikhlasan, kemandirian dan memotivasi siswa berilmu amaliyah dan beramal
ilmiyah
7.
Menciptakan
pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif
8.
Mencetak
siswa yang santun, dan memiliki jiwa sosial yang tinggi
c.
Tujuan MA.
An-Nida
a.
Tujuan Umum
Tujuan madrasah kami
merupakan jabaran dari visi dan misi madrasah agar komunikatif dan bisa diukur.
Tujuan madrasah tersebut secara bertahap akan dimonitoring, dievaluasi, dan
dikendalikan setiap kurun waktu tertentu, untuk mencapai Standar Kompetensi
Lulusan (SKL) madrasah aliyah yang dibakukan secara nasional, sebagai berikut:
A. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik
terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
B. Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi agar
menjadi warga negara yang berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif,
mandiri, demokratis dan bertanggung jawab.
C. Mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki wawasan
kebangsaan, memahami dan menghargai keanekaragaman budaya bangsa Indonesia.
D. Mengembangkan potensi peserta didik agar memilki
kepedulian terhadap lingkungan hidup, dengan secara aktif turut memelihara dan
melestarikan lingkungan hidup serta memanfaatkan sumber daya alam dengan
efektif dan efisien.
b. Tujuan
Khusus
Adapun tujuan
Madrasah kami dalam lima tahun kedepan ialah sebagai berikut;
a.
Siswa dapat melaksanakan sholat dan ibadah khusus lainnya secara tertib dan
teratur berdasarkan tuntunan Islam
b.
Siswa semakin tertib dalam melaksanakan upacara bendera, peringatan hari-hari
besar
nasional dan keagamaan.
c.
Meningkatkan prestasi belajar siswa pada semua bidang studi yang diajarkan
di Madrasah.
d.
Menumbuh kembangkan sikap dan minat belajar yang tinggi di madrasah
e.
Tercapainya tenaga kependidikan
(TU, Pustakawan, Laboran ) bersertifikasi
f.
Membiasakan siswa berprilaku sopan dan santun dengan teman, guru, dan orang
tua baik di Madrasah maupun dirumah.
g.
Meningkatkat nilai rata-rata roport siswa
BAB
III
PENGORGANISASIAN
PEMBELAJARAN
1.
Intrakulikuler
Muatan
Intrakulikuler/kurikulum di MA. An-Nida merujuk pada Keputusan Mentri Agama RI
Nomor 347/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Pada Madrasah. Dalam hal
pendekatan pembelajaran intrakurikuler, madrasah
kami menerapkan dua (2) model pendekatan, yaitu pendekatan mata pelajaran dan
pendekatan blok yang tentunya akan berdampak pada pengorganisasian pembelajaran.
Pemilihan dua model pendekatan ini dengan harapan memberikan waktu yang cukup
bagi peserta didik dalam mempelajari materi secara mendalam. Selain itu, karena
waktu pembelajaran menjadi lebih banyak memungkinkan peserta didik untuk
belajar hingga tuntas dan mendalam seperti mengerjakan proyek/penelitian
individu/kelompok, kolaborasi antarpeserta didik dan pendidik. Sedangkan bagi
pendidik dengan blok waktu yang lebih panjang, memberikan lebih banyak waktu
dalam menyelesaikan rencana pelajaran dan untuk memeriksa dan mengevaluasi
pembelajaran.
Dalam
mengantisipasi berbagai dampak penerapan dua pendekatan pemebelajaran, maka
beberapa kebijakan kurikulum yang akan dilakukan yaitu:
1. Dilakukan
pengaturan jam mengajar pendidk sedemikian rupa sehingga pendidik tetap
memiliki beban kerja proporsional
2. Untuk
menjaga agar pengetahuan dan pemahaman peserta didik tidak hilang dalam long term memory dari mapel yang telah
lewat waktu pembelajarannya maka peserta didik diberikan selipan soal untuk
dikerjakan secara mandiri
3. Pembelajaran
menggunakan model team teaching untuk mengantisipasi bentrokan jam dari
masing-masing guru pada setiap mata pelajaran
Berdasarkan
penjelasan di atas, maka Struktur Kurikulum MA. An-Nida secara rinci disajikan
seperti pada tabel berikut ini:
Tabel 3.1
Struktur kurikulum MA. An-Nida Fase E Kelas X (Satu)
Tahun Pelajaran 2023-2024
|
Mata Pelajaran |
Alokasi
Intrakulikuler (Asumsi 1
Tahun = 36 dan 1 JP = 45 Menit) |
|||||
|
Kelompok Mata Pelajaran Umum: |
Per Tahun |
Per Minggu |
P5 & PPRA
per Tahun |
Total JP/Tahun |
||
|
1 |
Pendidikan
Agama Islam*: |
|
|
|
|
|
|
|
a |
Al Quran Hadis |
72 |
2 |
20 |
92 |
|
|
b |
Akidah Akhlak |
72 |
2 |
20 |
92 |
|
|
c |
Fikih |
72 |
2 |
20 |
92 |
|
|
d |
SKI |
72 |
2 |
20 |
92 |
|
2 |
Bahasa Arab |
144 |
4 |
45 |
189 |
|
|
3 |
Pendidikan Pancasila |
72 |
2 |
19 |
91 |
|
|
4 |
Bahasa Indonesia |
108 |
3 |
42 |
150 |
|
|
5 |
Matematika |
108 |
3 |
42 |
150 |
|
|
6 |
Ilmu Pengetahuan Alam: Fisika, Kimia, Biologi |
216 |
6 |
50 |
266 |
|
|
7 |
Ilmu Pengetahuan Sosial: Sosiologi, Ekonomi,
Sejarah, Geografi |
288 |
8 |
50 |
388 |
|
|
8 |
Bahasa Inggris |
72 |
2 |
36 |
108 |
|
|
9 |
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
72 |
2 |
36 |
108 |
|
|
10 |
Sejarah |
72 |
2 |
36 |
108 |
|
|
11 |
Seni Musik/Seni Rupa |
72 |
2 |
25 |
97 |
|
|
12 |
Bahasa Sunda |
72 |
2 |
25 |
97 |
|
|
Total Per Tahun |
1584 |
44 |
486 (12JP) |
2070 (53 JP) |
||
Mengingat
ada dua pendekatan pembelajaran yang diterapkan pada struktur kurikulum yang
digunakan, dalam hal ini akan berdampak pada pengorganisasianatau jadwal
pembelajaran. Berikut disajikan pengorganisasian pembelajaran MA. An-Nida
Tabel 3.2
Pengorganisasian Pembelajaran berdasarkan Blok
Madrasah Aliyah. An-Nida Fase E
Tahun Pelajaran 2023/2024
|
SMT |
Mata Pelajaran |
JTM |
SMT |
Mata Pelajaran |
JTM |
|
Ganjil |
Al Quran Hadis |
2 |
Genap |
Al Quran Hadis |
2 |
|
Akidah Akhlak |
2 |
Akidah Akhlak |
2 |
||
|
Fikih |
2 |
Fikih |
2 |
||
|
SKI |
2 |
SKI |
2 |
||
|
Bahasa Arab |
4 |
Bahasa Arab |
4 |
||
|
Pendidikan Pancasila |
2 |
Pendidikan Pancasila |
2 |
||
|
Bahasa Indonesia |
3 |
Bahasa Indonesia |
3 |
||
|
Matematika |
3 |
Matematika |
3 |
||
|
Ilmu Pengetahuan Alam: Fisika, Kimia,
Biologi |
6 |
Ilmu Pengetahuan
Sosial: Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, Geografi |
8 |
||
|
Bahasa Inggris |
2 |
Bahasa Inggris |
2 |
||
|
Penjaskes |
2 |
penjaskes |
2 |
||
|
Sejarah |
2 |
Bahasa Sunda |
2 |
||
|
Seni Musik/Rupa |
2 |
|
|
||
|
|
|
|
|
||
|
JLH |
|
34 |
JLH |
|
34 |
Berdasarkan
pengorganisasian pembelajaran tersebut, maka perlu upaya untuk memperjelas
pengorganisasian pembelajaran dalam satuan waktu permingu yaitu sebagai
berikut:
Tabel 3.2
Periode Jam Pelajaran Perminggu
Madrasah Aliyah.An-Nida Fase E
Tahun pelajaran 2023/2024
|
N0 |
Waktu |
Senin |
Selasa |
Rabu |
Kamis |
Jumat |
Sabtu |
|
1 |
07.00-07.45 |
Upacara |
5 |
11 |
17 |
23 |
27 |
|
2 |
07.45-08.30 |
Pembiasaan |
6 |
12 |
18 |
24 |
28 |
|
3 |
08.30-09.15 |
1 |
7 |
13 |
19 |
25 |
29 |
|
4 |
09.15-10.00 |
2 |
8 |
14 |
20 |
26 |
30 |
|
|
10.00-10.30 |
Istirahat I |
Exskul |
31 |
|||
|
5 |
10.30-11.15 |
3 |
9 |
15 |
21 |
32 |
|
|
6 |
11.15-12.00 |
4 |
10 |
16 |
22 |
33 |
|
|
|
12.00-12.30 |
Istirahat II |
34 |
||||
|
7 |
12.30-13.15 |
P5
& PRA |
|
||||
2.
Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Profil Pelajar Rahmatan lil ‘Alamiin
Penerapan
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil ‘Alamiin pada intrakurikuler
terintegrasi pada semua mata pelajaran pada fase E. Proyek penguatan Profil
Pelajar Pancasila terintegrasi pada mata pelajaran dalam bentuk kegiatan
proyek. Proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil
Pelajar Rahmatan lil ‘Alamiin
implementasinya dilakukan secara lintas mata pelajaran dengan tema
tertentu yang sudah ditentukan oleh madrasah. Tema yang dipilih sebagai Proyek
penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil ‘Alamiin
di MA. An-Nida adalah sebagai berikut:
Tabel 3.2.
Tema dan Dimensi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
&
Profil
Pelajar Rahmatan lil ‘Alamiin
|
|
P5 & PPRA 1 |
P5 & PPRA 2 |
P5 & PPRA 3 |
|
Tema |
Kewirausahaan |
Kearifan Lokal |
Bhinneka Tunggal Ika |
|
Dimensi |
Berkeadaban, Keteladanan,
Toleransi, Mandiri, Kreatif, Bergotong royong |
Berkeadaban, Mandiri,
Kreatif, Bergotong royong |
Kewarganegaraan dan
kebangsaan, Berkeadaban, Berkebinekaan Global |
|
Integrasi Mata
Pelajaran |
Ekonomi, Sejarah, B.
Indonesia, B. Inggris, B. arab, Matematika |
BHS.
Sunda, Geografi, Sosiologi Fikih, Akidah, Kimia |
PPKn, Fisika, Sejarah, SKI, Qurdist |
|
Alokasi Waktu |
176 JP |
176 JP |
176 JP |
|
Waktu Pelaksanaan |
Pekan Ke 1 Bulan
Agustus |
Pekan Ke-3 Bulan
Oktober |
Pekan ke 1 Bulan
Pebruari |
3.
Ekstrakurikuler
Kegiatan
ekstrakurikuler ialah kegiatan pembelajaran informal dengan tujuan untuk
pengembangan minat dan bakat peserta didik. MA. An-Nida mengembangkan dua
kegiatan ekstrakulikuler yaitu ekstrakurikuler wajib dan pilihan. Ekstrakurikuler
wajib yaitu Pramuka, Berikut daftar ekstrakurikuler yang diselenggarakan oleh MA.
An-Nida;
|
No |
Nama
Ekstrakurikuler |
Dimensi
P5 & PPRA |
Ket |
|
Ekstrakurikuler Wajib |
|||
|
1 |
Pramuka |
Beriman,
Bertaqwa kepada Tuhan YME, dan Berahlak mulia, Mandiri, Berkebinekaan Global,
Keteladanan, Teloransi |
|
|
Ekstrakurikuler
Pilihan |
|||
|
1 |
Volly |
Kreatif,
Bergotong royong |
|
|
2 |
Sepak
Bola |
Kreatif,
Bergotong royong |
|
|
3 |
Retorika |
Kreatif,
Keteladanan |
|
|
4 |
Bhs.
Arab |
Kreatif,
Keteladanan |
|
|
5 |
Marawis |
Kreatif,
Berkeadaban |
|
4.
Beban
Belajar
Pada
Tahun 2023/2024 Madrasah Aliyah An-Nida menetapkan prinsip-prinsip beban
belajar bagi peserta didik sebagai berikut.
1. Beban
belajar dilaksanakan secara paket sebagaimana diatur dalam struktur kurikulum
termasuk alokasi waktu setiap mata pelajaran pada semester gasal dan genap
dalam satu tahun pelajaran
2. Aolaksi
waktu satujam pelajaran 45 Menit
3.
Beban belajar dilaksanakan secara tatap
muka, penugasan
terstruktur, dan kegiatan mandiri.
4.
Beban
belajar, penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri, maksimal 60%
dari waktu kegiatan tatap muka mata pelajaran yang
bersangkutan
5.
Kriteria
Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
Ketuntasan
belajar atau KKTP di tetapkan diawal tahun pelajaran dengan mengunakan KKM
tunggal. Penetapan KKTP mengunakan rentan nilai.
Rentan Nilai
Dalam Penentuan KKTP
|
N0 |
Kompleksitas |
Daya Dukung |
Intake |
Ket |
|
1 |
50-64 |
81-100 |
81-100 |
Tinggi |
|
2 |
65-80 |
65-80 |
65-80 |
Sedang |
|
3 |
81-100 |
50-64 |
50-64 |
Rendah |
Berikut ialah KKTP di MA.
An-Nida Untuk Tahun Pelajaran 2023/2024
Kriteria
Ketercapaian Tujuan pembelajaran (KKTP)
|
SMT |
Mata Pelajaran |
KKTP |
SMT |
Mata Pelajaran |
KKTP |
|
Ganjil |
Al Quran Hadis |
75 |
Genap |
Al Quran Hadis |
75 |
|
Akidah Akhlak |
75 |
Akidah Akhlak |
75 |
||
|
Fikih |
75 |
Fikih |
75 |
||
|
SKI |
75 |
SKI |
75 |
||
|
Bahasa Arab |
75 |
Bahasa Arab |
75 |
||
|
Pendidikan Pancasila |
75 |
Pendidikan Pancasila |
75 |
||
|
Bahasa Indonesia |
75 |
Bahasa Indonesia |
75 |
||
|
Matematika |
75 |
Matematika |
75 |
||
|
Ilmu Pengetahuan Alam: Fisika, Kimia,
Biologi |
75 |
Ilmu Pengetahuan
Sosial: Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, Geografi |
75 |
||
|
Bahasa Inggris |
75 |
Bahasa Inggris |
75 |
||
|
Penjaskes |
75 |
penjaskes |
75 |
||
|
Sejarah |
75 |
Bahasa Sunda |
75 |
||
|
Seni Musik/Rupa |
75 |
|
|
6.
Asesmen
Hasil Belajar
1. Asesmen
hasil belajar dilakukan selama 2 kali dalam satu tahun akademik
2. Penilaian
dilakukan setiap 6 bulan sekali yang terdiri atas semester ganjil (ASAS) dan
semester genap (ASAT)
3. Asesmen
hasil belajar melibatkan seluruh mata pelajaran sebagaimana yang tercantum
dalam struktur kurikulum
4. Asesmen
hasil belajar dijadikan sebagai alat evaluasi bagi pendidik, madrasah dan siswa
untuk menentukan pembelajaran yang lebih baik lagi
5. Asesmen
hasil belajar dijadikan sebagai bukti prestasi anak sekaligus sebagai laporan
pada orang tua siswa
6. Asesmen
hasil belajar dilakukan oleh panitia tahunan secara terjadwal
7.
Kenaikan
Kelas
1. Kenaikan
kelas dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran.
2. Kriteria
kenaikan kelas dilakukan melalui rapat pleno
3. Peserta
didik dinyatakan naik jika nilai sikap spiritual dan social dengan predikat B
(Baik) yang ditentukan oleh rumpun guru PAI dan PPKn
4. Tidak
ada nilai rapot yang kurang dari KKM/Mata Pelajaran miniml 2 mata pelajaran
5.
Memenuhi kehadiran kumulatif 85%
BAB IV
PERENCANAAN
PEMBELAJARAN
DAN PROSES BERPIKIR
1.
Ruang
Lingkup Satuan Pendidikan
Ruang lingkup satuan pendidikan dalam penyusunan alur tujuan pembelajaran atau silabus. Dalam ruang
lingkup satuan pendidikan, perumusan dan penyusunan alur dan tujuan
pembelajaran atau silabus mata pelajaran
berfungsi mengarahkan satuan pendidikan dalam merencanakan, mengimplementasi,
dan mengevaluasi pembelajaran secara keseluruhan sehingga capaian pembelajaran
diperoleh secara sistematis, konsisten, dan terukur. Dalam proses perumusan
tujuan pembelajaran di MA. An-Nida dilakukan dengan langkah-langkah yang
terstruktur. Berikut ini langkah-langkah perencanaan pembelajaran yang
dimaksud;
a) Capaian
pembelajaran (CP) adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta
didik pada setiap fase, dimulai dari fase fondasi pada PAUD. Capaian
pembelajaran ditetapkan oleh Pemerintah dan disusun dalam fase-fase.
b) Capaian
pembelajaran diuraikan menjadi tujuan-tujuan pembelajaran yang bersifat
operasional dan konkret. Perumusan
tujuan pembelajaran meliputi kompetensi dan
lingkup materi.
c) Tujuan-tujuan
pembelajaran tersebut kemudian diurutkan menjadi alur tujuan pembelajaran. Alur
tujuan pembelajaran adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara
logis menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur ini
disusun secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan
dari hari ke hari. Prinsip penyusunan alur tujuan pembelajaran: esensial,
berkesinambungan, kontekstual, dan sederhana. Pada Satuan PAUD, esensi alur
tujuan pembelajaran adalah pengorganisasian tujuan pembelajaran berdasarkan
laju perkembangan anak yang dikembangkan oleh masing-masing satuan PAUD agar
dapat mencapai CP. Satuan PAUD dapat memilih untuk menyusun alur tujuan
pembelajaran atau tidak. Pada Pendidikan Kesetaraan, penyusunan alur tujuan
pembelajaran memperhatikan alokasi waktu didasarkan pada pemetaan Satuan Kredit
Kompetensi (SKK) yang ditetapkan oleh satuan pendidikan dengan bentuk pembelajaran
tatap muka, tutorial, mandiri ataupun kombinasi secara proporsional dari ketiganya.
d) Proses
merancang pembelajaran meliputi tujuan pembelajaran yang telah dibuat sebelumnya,
langkah-langkah pembelajaran, dan asesmen pembelajaran yang disusun dalam
bentuk dokumen yang fleksibel, sederhana, dan kontekstual. Dokumen tersebut
digunakan oleh pendidik dalam upaya mencapai profil pelajar Pancasila dan
Capaian Pembelajaran. Dalam proses merancang pembelajaran, pendidik dapat mengembangkan
alur tujuan pembelajaran dan rencana pembelajaran secara mandiri.
Untuk
mengetahui perencanaan pembelajaran ruang lingkup satuan pendidikan pada tabel
4.1 berikut isajikan contoh pengembangan rencana pembelajaran ruang lingkup
satuan pendidikan.untuk meta pelajaran Pendidikan Pancasila Fase E.
Alur
Tujuan Pembelajaran
Nama
Madrasah : MA. AN-Nida Tahun
Pelajaran : 2023/2024
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Pancasila Fase : E
Alokasi
Waktu : 91 Intra &
19 (P5& PPRA) Kurikulum : IKM (Mandiri
Berubah)
|
Elemen |
Capaian
Pembelajaran |
Tujuan
pembelajaran |
Lingkup Materi |
Asesment |
SMT |
Sumber Belajar |
Alokasi Waktu |
|||||
|
Pancasila |
Peserta
didik mampu menganalisis cara pandang para pendiri negara tentang rumusan
Pancasila sebagai dasar negara; Peserta didik mampu menganalisis fungsi dan
kedudukan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan identitas
nasional; peserta didik mengenali dan menggunakan produk dalam negeri
sekaligus mempromosikan budaya lokal dan nasional. |
1.
Pada Akhir Fase ini, Peserta didik mampu
menganalisis cara pandang para pendiri negara tentang rumusan Pancasila
sebagai dasar negara; 2.
Pada Akhir Fase ini, Peserta didik mampu
menganalisis fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi
negara, dan identitas nasional; 3.
Pada Akhir Fase ini, peserta didik mengenali dan
menggunakan produk dalam negeri sekaligus mempromosikan budaya lokal dan
nasional. |
Pancasila
sebagai idiologi negara |
Diagnostik Formatif Sumatif |
1 |
a. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk
SMA/SMK Kelas X |
|
|||||
|
Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
Peserta
didik mampu menganalisis hak dan kewajiban warga negara yang diatur dalam
Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; peserta didik
mendemonstrasikan praktik kemerdekaan berpendapat warga negara dalam era
keterbukaan informasi sesuai dengan nilai-nilai Pancasila; peserta didik
mampu menganalisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban
sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945 dan perumusan solusi secara kreatif, kritis, dan inovatif untuk
memecahkan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban. |
ü Pada Akhir
Fase ini, Peserta didik mampu menganalisis hak dan kewajiban warga negara
yang diatur dalam Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; ü Pada Akhir
Fase ini, peserta didik mendemonstrasikan praktik kemerdekaan berpendapat
warga negara dalam era keterbukaan informasi sesuai dengan nilai-nilai
Pancasila ü Pada Akhir
Fase ini, peserta didik mampu menganalisis kasus pelanggaran hak dan
pengingkaran kewajiban sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 dan perumusan solusi secara kreatif, kritis,
dan inovatif untuk memecahkan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban. |
Ketentuan
UUD Tahun 1945 |
Diagnostik Formatif Sumatif |
1 |
|
|
|||||
|
Bhinneka
Tunggal Ika |
Peserta
didik mampu menginisiasi kegiatan bersama atau gotong royong dalam praktik
hidup sehari-hari untuk membangun masyarakat sekitar dan masyarakat Indonesia
berdasarkan nilai-nilai Pancasila; |
ü Pada Akhir
Fase ini, Peserta didik mampu menginisiasi kegiatan bersama atau gotong
royong dalam praktik hidup sehari-hari untuk membangun masyarakat sekitar dan
masyarakat Indonesia berdasarkan nilai-nilai Pancasila; |
Kebinekaan
Bangsa Indonesia |
Diagnostik Formatif Sumatif |
2 |
|
|
|||||
|
Negara
Kesatuan Republik Indonesia |
Peserta
didik mampu memberi contoh dan memiliki kesadaran akan hak dan kewajibannya
sebagai warga sekolah, warga masyarakat dan warga negara; Peserta didik mampu
memahami peran dan kedudukannya sebagai warga negara Indonesia. |
ü Pada Akhir
Fase ini, Peserta didik mampu memberi contoh dan memiliki kesadaran akan hak
dan kewajibannya sebagai warga sekolah, warga masyarakat dan warga negara; ü Pada Akhir
Fase ini, Peserta didik mampu memahami peran dan kedudukannya sebagai warga
negara Indonesia |
Negara
Kesatuan RI |
Diagnostik Formatif Sumatif |
2 |
|
|
|||||
|
|
|||||||||||
|
||||||||||||
2.
Ruang
Lingkup Kelas
a.
Perencanaan Modul ajar
Perencanaan pembelajaran pada ruang
lingkup kelas di MA. An-Nida dilakukan oleh setiap pendidik yang diawali dengan
memahami dan menganalisis capaian pembelajaran, perumusan tujuan pembelajaran
dan penyusunan alur tujuan pembelajaran dengan prinsip esensial,
berkesinambungan, kontekstual dan sederhana. Dalam hal penyusunan ATP, terdapat
beberapa cara guru dalam mengurutkannya yaitu dapat dengan cara pengurutan
konkret ke abstrak, pengurutan deduktif, pengurutan dari mudah ke sulit,
pengurutan hierarki, pengurutan prosedural.
MODUL AJAR PPKN
SMA
Identitas
Penyusun: Nama : Aceng Imam Sibaweh, M.Pd Unit Kerja : MA.
An-Nida
MODUL AJAR
PENDIDIKAN PANCASILA
|
1 |
Informasi Umum Perangkat Ajar |
|
|
|
Nama/ Unit Kerja :
Aceng Imam Sibaweh, S. Pd./ Jenjang Sekolah : MA Kelas X Alokasi Waktu : 1 X Pertemuan (90 Menit) |
|
|
2 |
Tujuan Pembelajaran |
|
|
|
Fase : E |
|
|
|
Elemen : Pancasila |
|
|
|
Tujuan : 10.3. Peserta
didik mengklasifikasi, memilah
dan menunjukkan Pembelajaran nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari
secara kontektual |
|
|
|
1.
Apa saja Nilai-nilai
Pancasila? 2.
Bagaimana kalisifikasi dan memilah nilai- ilai yang ada Pertanyaan Inti dala sila-sila Pancasila 3.
Bagaimana agar dapat menunjukkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari secara kontekstual |
|
|
|
Kata Kunci : Klasifikasi
Nilai Pancasila |
|
|
|
Kode Perangkat : PKN . E.10.3
Ajar |
|
|
|
Kompetensi yang : Keterampilan bertanya, mengkaji
wacan/literasi dan harus dimiliki menganalisa sikap-sikap yang harus di tunjukkan sesuai dengan peserta didik nilai-nilai Pancasila |
|
|
3 |
Profil Pelajar Pancasila Yang
Berkaitan |
|
|
|
Bernalar
Kritis, Beriman,
bertaqwa kepada Tuhan YME, dan
Berahlak mulia |
|
|
4 |
Sarana Prasarana |
|
|
|
a.
Gawai b.
Akses Internet c.
Buku Teks PPKn d.
Spidol e.
Papan tulis f.
Lembar kerja g.
Handout materi h.
LCD Proyektor i.
Pointer |
|
|
5 |
Target Peserta Didik |
|
|
|
1.
Peserta Didik Reguler 2.
Peserta didik dengan hambatan belajar 3.
Peserta didik Cerdas
Istimewa Berbakat (CIBI) 4.
Peserta didik ketunaan (Tunanetra, Tunarungu, Tunagrahita, Tunadaksa,
Tunalaras, Tunaganda) |
|
|
6 |
Jumlah Peserta Didik |
|
|
|
Maksimal peserta 36 peserta didik |
|
|
7 |
Ketersediaan Materi |
|
|
|
1) Pengayaan untuk peserta didik CIBI atau yang
berpencapaian tinggi 2) Alternatif
penjelasan, metode atau aktivitas,
untuk peserta didik yang
sulit memahami konsep |
a.
Ya b.
Ya |
|
8 |
Moda
Pembelajaran |
|
|
|
a.
Tatap Muka b.
PJJ Daring |
|
|
|
1.
PJJ Luring 2.
Paduan antara tatap muka dan
PJJ (Blended Learning) |
|
9 |
Materi Ajar, Alat Dan Bahan |
|
|
Materi Ajar |
|
|
Klasifikasi
Nilai-nilai Pancasila Ideal Instrumental Praksis Gambar skema Nilai-Nilai Pancasila Pancasila adalah pilar ideologis negara Indonesia. Nama ini terdiri
dari dua kata dari Sanskerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman
kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh
rakyat Indonesia. Nilai-nilai Pancasila dapat diklasifikasikan
kan menjadi tiga, yaitu; 1.
Nilai dasar 2.
Nilai Instrumental 3.
Nilai praksis Nilai dasar berkaitan dengan hakikat
kelima sila
Pancasila, yaitu: nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan
nilai keadilan. Nilai-nilai dasar tersebut bersifat universal, sehingga di dalamnya terkandung cita-cita, tujuan, serta nilai-nilai yang baik dan benar. Selain
itu, nilai ini bersifat tetap dan melekat
pada kelangsungan hidup negara Nilai instrumental pada dasarnya merupakan penjabaran dari
nilai-nilai dasar
yang terkandung dalam
Pancasila. Perwujudan nilai instrumental
pada umumnya berbentuk ketentuan-ketentuan konstitusional mulai dari undangundang dasar sampai dengan peraturan
daerah. Nilai instrumental Pancasila merupakan suatu rangkaian penjabaran secara lebih
kreatif dan dinamis atas nilai dasar Pancasila. Kreatif dan
dinamis yang
dimaksud adalah mampu
menyesuaikan perkembangan zaman serta
aspirasi masyarakat yang ada di
dalamnya. Nilai instrumental Pancasila digunakan sebagai panduan
untuk mewujudkan nilai dasar dalam Pancasila. Tanpa
adanya nilai instrumental, nilai dasar Pancasila akan
sangat sulit untuk diterapkan dalam kehidupan berbangsa karena maknanya terlalu luas. Ketika nilai instrumental dikaitkan dengan perilaku manusia, maka hasilnya berupa nilai
dan norma yang berlaku. Namun,
jika nilai instrumental dikaitkan dengan kenegaraan, hasilnya akan berupa
undang-undang, garis besar haluan
negara, ataupun
strategi lain yang
bersumber dari nilai dasar
Pancasila. Nilai praksis
pada hakikatnya merupakan perwujudan dari nilai-nilai instrumental. Dengan kata lain,
nilai praksis merupakan realisasi dari ketentuan-ketentuan yang termuat dalam peraturan perundang-undangan yang terwujud dalam sikap
dan tindakan sehari-hari. Nilai praksis
Pancasila senantiasa berkembang dan selalu
dapat dilakukan perubahan dan
perbaikan sesuai
perkembangan zaman
dan aspirasi masyarakat. Hal tersebut dikarenakan Pancasila
sebagai ideologi yang terbuka. Oleh sebab itu, setiap warga
negara harus
menunjukkan sikap positif
dalam kehidupan sehari-hari. Adapun sikap
positif tersebut di antaranya dapat lihat
dalam tabel di bawah
ini |
|
|
|
No |
Sila Pancasila |
Sikap yang Di tunjukkan |
|
|
1 |
Ketuhanan Yang Maha Esa |
1.
Hormat-menghormati dan bekerja sama antarumat beragama sehingga terbina kerukunan hidup. 2.
Saling menghormati kebebasan beribadah sesuai dengan
agama dan kepercayaannya. 3.
Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan kepada
orang lain. |
|
||
|
2 |
Kemanusian yang Adil dan Beradab |
Mengakui persamaan derajat, hak dan kewajiban antara
sesama manusia.
Saling mencintai sesama manusia.
Tenggang rasa kepada orang lain.
Tidak semena-mena kepada orang lain.
Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.
Berani membela kebenaran dan
keadilan. Hormat-menghormati dan bekerja sama dengan bangsa
lain |
|
||
|
3 |
Persatuan Indonesia |
1.
Menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan, dan keselamatan bangsa dan negara di atas
kepentingan pribadi atau golongan. 2.
Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara Cinta
tanah air dan bangsa. 3.
Bangga sebagai Bangsa Indonesia dan ber-Tanah Air Indonesia. 4.
Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang
ber-Bhinneka Tunggal Ika. |
|
||
|
4 |
Kerakyatan yang Dipimpin oleh
Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakila |
Mengutamakan kepentingan negara
dan masyarakat. Tidak memaksakan kehendak kepada
orang lain.
Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.
Menerima dan melaksanakan setiap
keputusan musyawarah.
Mempertanggungjawabkan setiap keputusan musyawarah secara moral
kepada Tuhan Yang
Maha Esa |
|
||
|
5 |
Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia |
Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
Menghormati hak-hak orang lain.
Suka
memberi pertolongan kepada orang
lain.
Menjauhi sikap pemerasan kepada orang lain.
Menjauhi sifat boros dan gaya hidup mewah.
Rela bekerja keras.
Menghargai hasil karya orang lain |
|
||
|
Nilai-nilai Pancasila dalam
Kehidupan sehari-hari secara kontekstual Pengertian kontekstual adalah Kontekstualisme menggambarkan kumpulan pandangan dalam filsafat yang menekankan konteks di mana sebuah
tindakan, ucapan, atau ungkapan terjadi, dan berpendapat bahwa, dalam beberapa hal penting, baik itu tindakan, ucapan, atau ungkapan hanya dapat dipahami relatif terhadap
konteks itu. Dinamika dalam mengaktualisasikan nilai Pancasila ke dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan benegara adalah suatu keniscayaan, agar Pancasila tetap selalu relevan dalam
fungsinya memberikan pedoman bagi pengambilan kebijaksanaan dan pemecahan masalah dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara. Agar loyalitas warga masyarakat dan warganegara terhadap Pancasila tetap
tinggi. Di lain pihak,
apatisme dan resistensi terhadap Pancasila bisa
diminimalisir. Substansi dari adanya dinamika dalam aktualisasi nilai Pancasila dalam
kehidupan praksis adalah selalu |
|||||
|
|
terjadinya perubahan dan pembaharuan dalam mentransformasikan nilai Pancasila ke dalam norma
dan praktik hidup
dengan menjaga konsistensi, relevansi, dan kontekstualisasinya. Sedangkan perubahan dan pembaharuan yang berkesinambungan terjadi apabila ada dinamika internal (self-renewal) dan penyerapan terhadap nilai-nilai asing yang relevan untuk
pengembangan dan penggayaan ideologi Pancasila.Muara dari semua upaya perubahan dan pembaharuan dalam mengaktualisasikan nilai Pancasila
adalah terjaganya akseptabilitas dan kredibilitas Pancasila
oleh warganegara dan
wargamasyarakat Indonesia. Pancasila merupakan rangkaian kesatuan dan kebulatan yang tidak terpisahkan. Hal ini
karena setiap
sila pada
Pancasila mengandung empat
sila lainnya. Kedudukan dari
masing-masing sila
tersebut tidak dapat ditukar tempatnya atau dipindah-pindahkan. Hal ini sesuai
dengan susunan sila yang
bersifat sistematik-hierarkis, yang berarti bahwa kelima sila
dalam Pancasila menunjukkan suatu
rangkaian urutan yang bertingkat. Di mana setiap
sila memiliki tempatnya sendiri di dalam
rangkaian susunan kesatuan,
sehingga tidak dapat
dipindahkan. Setiap sila pada Pancasila mengandung empat sila lainnya, itulah
mengapa Pancasila merupakan rangkaian
kesatuan dan kebulatan yang
tidak terpisahkan. Kedudukan dari masing-masing sila tidak dapat
ditukar tempatnya atau dipindah- pindahkan. Hal ini sesuai
dengan susunan
sila yang bersifat sistematik-hierarkis, artinya kelima sila
dalam Pancasila menunjukkan suatu
rangkaian urutan
yang bertingkat. Setiap sila
memiliki tempatnya sendiri di dalam rangkaian susunan kesatuan, sehingga tidak dapat dipindahkan. Jika ditinjau dari segi pelaksanaan nilai yang
dianut, maka
sesungguhnya pada
nilai praksislah ditentukan tegak atau tidaknya nilai dasar dan nilai instrumental itu Bagi suatu ideologi, yang paling penting
adalah bukti pengamalannya atau aktualisasinya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara kontekstual. Ideologi Pancasila perlu dijabarkan secara rasional dan kritis agar membuka iklim hidup
yang bebas dan rasional pula. Konsekuensinya, bahwa Pancasila harus bersifat terbuka. Artinya, peka terhadap perubahan yang
terjadi dalam kehidupan manusia dan tidak
menutup diri terhadap nilai dan pemikiran dari luar yang memang
diakui menunjukkan arti dan makna yang positif bagi pembinaan budaya
bangsa, sehingga dengan demikian
menganggap proses akulturasi sebagai gejala wajar. Dengan begitu ideologi Pancasila akan menunjukkan sifatnya yang dinamik, yaitu memiliki kesediaan untuk
mengadakan pembaharuan yang berguna bagi perkembangan pribadi
manusia dan masyarakat. Untuk menghadapi tantangan masa depan
perlu didorong pengembangan nilai-nilai Pancasila secara
kreatif dan dinamik. Kreativitas dalam konteks ini dapat
diartikan sebagai kemampuan untuk menyeleksi nilai-nilai baru dan mencari
alternatif bagi pemecahan masalahmasalah politik,
sosial, budaya, ekonomi, dan
pertahanan keamanan. |
|
|
Alat dan Bahan |
|
|
Media •
Gambar/skema terkait klasifikasi nilai-nilai Pancasila •
Slide
presentasi
Alat dan Bahan •
Kertas HVS ukuran F4 •
Pulpen •
Spidol •
Kertas hias •
Printer |
|
|
Perkiraan Biaya |
|
|
Alat dan bahan yang dibutuhkan sebagian besar tersedia di sekolah
serta dimiliki oleh
peserta didik sehingga pada saat kegiatan pembelajaran yang harus diperhatikan adalah fasilitas
jaringan internet sekolah. |
|
10 |
Kegiatan Pembelajaran Utama |
||
|
|
Pengaturan peserta didik ·
Individu ·
Berpasangan ·
Berkelompok (lebih dari 2 orang) |
Metode a. Presentasi b. Demonstrasi c. Project d. Eksperimen e. Diskusi f. Eksplorasi g. Permainan h. Ceramah i.
Kunjungan lapangan j.
simulasi |
|
|
11 |
Asesmen |
||
|
|
Kriteria untuk mengukur ketercapaian
tujuan pembelajaran a. Asesmen individu b. Asesmen kelompok c.
keduanya |
Jenis Asesmen a. Performa (Presentasi, Drama, pameran hasil karya, dsb) b. Tertulis (tes objektif, esai) |
|
|
12 |
Persiapan Pembelajaran |
||
|
|
a. Mempersiapkan gambar
terkait dengan
klasifikasi nilai-nilai Pancasila b. Mempersiapkan materi lembar kerja peserta
didik c. Guru mempersiapkan materi
ajar d.
Mempersiapkan peralatan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran seperti
LCD Proyektor dan pointer. e. Peserta didik pada pertemuan sebelumnya diminta
untuk melakukan pengamatan dan wawancara dengan tokoh
masyarakat sekitar terkait penerapan nilai-nilai Pancasila pada masyarakat
sekitar. |
||
|
13 |
Urutan Kegiatan Pembelajaran |
||
|
|
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
|
|
Pendahuluan |
10 Menit |
|
|
|
a. Guru membuka kegiatan bersama siswa melakukan : •
Berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing •
Menanyakan keadaan siswa dengan
mengecek kehadiran •
Mengkondisikan tentang aturan ketika belajar |
|
|
|
|
Kegiatan Inti |
70 Menit |
|
|
|
1.
Guru menjelaskan materi pembelajaran tentang nilai-nilai Pancasila 2.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 3.
Menyampaikan kalimat yang diucapkan oleh para tokoh perumus Pancasila sekaligus alasan menjadikan Pancasila sebagai
ideologi dan dasar negara a.
Agar anak memahami tentang
bagaimana penalaran kritis
tentang klasifikasi nilai-nilai Pancasila dan Meminta
siswa memilah
nilai-nilai Pancasila yang di terapkan dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara b.
Menuliskan nilai-nilai Pancasila yang sudah di laksanakan pada masa kini. c.
Memberikan gambaran masa kini dan menunjukkan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan sehari-hari secara
kontekstual. 4.
Dari jawaban siswa guru memberi
penguatan tentang :
Penjelasan siswa tentang
Fungsi-fungsi Pancasila. |
|
|
No Nama Sikap yang dinilai Jumlah Nilai Skor Ketaqwaan Bersyukur kedisiplinan keaktifan 1 Andi dst Dst ...
|
|
Memberikan contoh kokret bangsa Indonesia dalam menjalankan
fungsi-fungsi Pancasila.
Aktualisasi Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari. 5. Bersama-sama membuat kalimat kutipan (quotes) dari tokoh
untuk dijadikan komitmen penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari secara kintekstual secara
kontekstual |
|
||||
|
|
Penutup |
10 Menit |
||||
|
|
Guru dan siswa menyimpulkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari secara kontekstual Mengakhiri pembelajaran dengan
berdoa. |
|
||||
|
14 |
Refleksi Guru |
|||||
|
|
Apakah kegiatan pembelajaran
terlaksana sesuai dengan yang direncanakan?
Bagaimana partisipasi peserta
didik dalam kegiatan pembelajaran? Apa saja kekurangan
dan kelebihan
dalam kegiatan
pembelajaran yang sudah terlaksana? Bagaimanakah tanggapan peserta didik atas kegiatan
pembelajaran yang sudah dilaksanakan? |
|||||
|
15 |
Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Dan Asesmennya |
|||||
|
|
A. Kompetensi yang dinilai |
|||||
|
|
1.
Kompetensi sikap : Ketaqwaan, Bersyukur,
Kedisiplinan, keaktifan 2. Kompetensi pengetahuan untuk:
Mengklasifikais dan memilah dan menunujukkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari secara
kontekstual 3.
Kompetensi keterampilan: Mengemukakan
pendapat, bertanya,
mengumpulkan informasi, bekerjasama, |
|||||
|
|
B. Bagaimana
Asesmen dilaksanakan |
|||||
|
|
1. Penilaian sikap dilaksanakan dengan melalui pengamatan langsung (observasi) saat
kegiatan pembelajaran berlangsung 2.
Penilaian pengetahuan dilaksanakan
melalui tes tertulis 3. Penilaian keterampilan dilaksanakan
melalui penilaian kinerja/ performa saat pembelajaran
berlangsung |
|||||
|
|
C. Kriteria Penilaian |
|||||
|
|
1.
Penilaian sikap Pedoman penskoran: Skor 4 =
sangat baik Skor 3 =
baik Skor 2 =
cukup Skor 1 = kurang Rumus Penilaian: N = jumlah skor X
100 16 2.
Penilaian pengetahuan |
|||||
|
|
Rumusan Soal Teknik Bentuk Bobot Nilai |
|
||||
|
Jelaskan dan uraikan klasifikasi nilai-nilai
Pancasila |
Test |
|
30 |
|
||
|
|
|
Jelaskan sikap yang harus di tunjukkan sebagai penerapan
nilai instrumental Pancasila dalam setiap sila dalam
kehidupan sehari-hari secara kontekstual |
Test |
|
40 |
|
|||
|
Berikan contoh upaya-upaya yang dapat dilakukan agar penerapan nilai-nilai Pancasila
dalam kehidupan sehari- hari
secara kontekstual dapat
terlaksana dengan baik |
Test |
|
30 |
|
|||||
|
Nilai total |
100 |
|
|||||||
|
Kunci Jawaban · Nilai-nilai Pancasila dapat diklasifikasikan
kan menjadi tiga, yaitu •
Nilai dasar
berkaitan dengan hakikat
kelima sila
Pancasila, yaitu: nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan. Nilai-nilai dasar
tersebut bersifat universal, sehingga di dalamnya terkandung cita-cita, tujuan, serta
nilai-nilai yang
baik dan benar.
Selain itu, nilai ini bersifat tetap dan melekat
pada kelangsungan hidup negara B. Nilai instrumental pada dasarnya merupakan penjabaran dari nilai-nilai dasar yang terkandung dalam Pancasila. Perwujudan nilai instrumental pada umumnya berbentuk ketentuan-ketentuan konstitusional mulai dari undangundang dasar sampai
dengan peraturan daerah. C. Nilai
praksis pada hakikatnya merupakan perwujudan dari nilai-nilai instrumental. Dengan kata
lain, nilai
praksis merupakan realisasi dari
ketentuan-ketentuan yang termuat dalam
peraturan perundang-undangan yang terwujud dalam
sikap dan tindakan sehari-hari. Nilai praksis
Pancasila senantiasa berkembang dan selalu dapat dilakukan perubahan dan perbaikan sesuai perkembangan zaman dan aspirasi masyarakat. Hal tersebut
dikarenakan Pancasila sebagai ideologi yang
terbuka. 2.
Penerapan nilai instrumental Pancasila dalam
tiap silanya dalan
kehidupan sehari-hari secara kontekstual |
|||||||||
|
|
No |
Sila Pancasila |
Sikap yang Di tunjukkan |
|
|||||
|
1 |
Ketuhanan Yang Maha Esa |
·
Hormat-menghormati dan bekerja sama antarumat beragama sehingga terbina kerukunan hidup. ·
Saling menghormati kebebasan beribadah sesuai dengan
agama dan kepercayaannya. ·
Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan kepada
orang lain. |
|
||||||
|
2 |
Kemanusian yang Adil dan Beradab |
1. Mengakui persamaan derajat, hak dan kewajiban antara
sesama manusia. 2.
Saling mencintai sesama manusia. 3.
Tenggang rasa kepada orang lain. 4.
Tidak semena-mena kepada orang lain. 5.
Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. 6.
Berani membela kebenaran dan
keadilan. 7. Hormat-menghormati dan bekerja sama dengan bangsa
lain |
|
||||||
|
3 |
Persatuan Indonesia |
1.
Menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan, dan keselamatan bangsa dan negara di atas
kepentingan pribadi atau golongan. 2.
Rela berkorban untuk kepentingan bangsa
dan negara Cinta
tanah air dan bangsa. 3.
Bangga sebagai Bangsa Indonesia dan ber-Tanah Air Indonesia. |
|
||||||
|
|
|
|
|
d. Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa
yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. |
|
||||
|
4 |
Kerakyatan yang Dipimpin oleh
Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakila |
1.
Mengutamakan kepentingan negara
dan masyarakat. Tidak memaksakan kehendak kepada
orang lain. 2.
Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama. 3.
Menerima dan melaksanakan setiap
keputusan musyawarah. 4.
Mempertanggungjawabkan setiap keputusan musyawarah secara moral
kepada Tuhan Yang Maha Esa |
|
||||||
|
5 |
Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia |
1.
Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban. 2.
Menghormati hak-hak orang lain. 3.
Suka
memberi pertolongan kepada orang
lain. 4.
Menjauhi sikap pemerasan kepada orang lain. 5.
Menjauhi sifat boros dan gaya hidup mewah. 6.
Rela bekerja keras. 7.
Menghargai hasil karya orang lain |
|
||||||
|
3. Peserta didik dapat memberikan
4 contoh sikap yang harus muncul sebagai
penerapan nilai-nilai Pancasila dalan kehidupan
sehari-hari secara kontekstual.
Contoh: bersikap terbuka
terhadap perubahan- perubahan yang terjadi
di dalam masyarakat secara terbuka tetapi
tidak meninggalkan nilai-nilai
dasar Pancasila Pedoman
Penskoran |
|||||||||
|
|
Nomor Kriteria Penskoran Jumlah Skor soal Skor Total |
|
|||||||
|
1 |
1.
Jika ada
upaya menjawab namun salah 2.
Jika terdapat jawaban yang benar dan penjelasannya kurang tepat 3.
Jika terdapat jawaban benar dan penjelasannya
benar |
5 10 15 |
30 |
|
|||||
|
2 |
1. Jika peserta didik mampu memberikan contoh yang benar pada 5 sila 2. Jika peserta
didik mampu memberikan contoh yang benar pada 4 sila 3. Jika peserta
didik mampu memberikan contoh yang benar pada 3 sila 4. Jika peserta
didik mampu memberikan contoh yang benar pada 2 sila 5. Jika peserta didik
mampu memberikan contoh yang benar pada 1 sila |
40 30 20 15 10 |
40 |
|
|||||
|
3 |
a. Jika peserta didik
mampu memberikan 3 contoh
penerapan dengan benar
beserta penjelasannya b. Jika peserta didik
mampu memberikan 2 contoh
penerapan dengan benar
beserta penjelasannya c. Jika peserta didik
mampu memberikan 1 1 contoh dengan
benar beserta penjelasannya |
30 20 10 |
30 |
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|||||
No Nama Skor Soal 1 Skor
Soal 2 Skor Soal 3 Nilai 1. Andi dst No Pertanyaan ya Tidak 1. Setelah mempelajari klasifikasi nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara saya memahami Pancasila sebagai pilar ideologis negara 2 Setelah memahami nilai instrumental Pancasila saya memahami nilai-nilai di setiap sila Pancasila 3. Setelah mempelajari nilai-nila Pancasila saya akan menerapkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari secara kontekstual No Nama Keterampilan yang dinilai Jumlah Nilai Mengemukakan pendapat bertanya Bekerja sama Mengumpulkan informasi Skor 1 Jamal dst Dst ...
|
|
Rumus Penilaian: N= Jumlah Skor Total Tabel Penilaian Pengetahuan 3. Penilaian
keterampilan Pedoman penskoran: Skor 4 =
sangat baik Skor 3 =
baik Skor 2 =
cukup Skor 1 = kurang Rumus Penilaian: Nilai : jumlah skor X 100 skor maksimal) 4 |
|
16 |
Pertanyaan Refleksi Untuk Peserta Didik |
|
|
Berikut diberikan Tabel
untuk mengukur diri kalian terhadap materi yang sudah kalian
pelajari. Jawablah sejujurnya terkait dengan penguasaan
materi pada modul ini Jawaban disesuaikan dengan
keadaan yang dirasakan saat ini |
|
17 |
Daftar Pustaka |
|
|
2017, Tholib, Nuryadi, Buku Teks
PPKn kelas X SMA, Jakarta:
Kemdikbud |
|
|
https://kumparan.com/berita-hari-ini/contoh-penerapan-nilai-instrumental-pancasila- dalam-setiap-sila, di kutip pada tanggal
24 April 2021 pukul 22.52 wib https://id.wikipedia.org/wiki/Kontekstualisme, di akses pada Tanggal
25 April 2021 pukul
12.40 Wib https://media.neliti.com/media/publications/266370-aktualisasi-nilai-pancasila-dalam- kehidupan, (I Wayan Tagel Eddy Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana) di akses pada
Tanggal 25 April 2021 pukul
12.27 Wib |
|
18 |
Lembar Kerja Peserta Didik |
|
|
Lampiran 1 |
|
19 |
Bahan Bacaan siswa |
|
|
Lampiran 2 |
|
20 |
Bahan Bacaan Guru |
|
|
Lampiran 3 |
|
21 |
Materi / kegiatan Pengayaan bagi
peserta didik dengan
capaian tinggi. |
|
|
Tidak tersedia |
|
22 |
Materi / kegiatan remidial Untuk
Peserta Didik Yang Kesulitan
Belajar |
|
|
Tidak tersedia |
Lampiran 1
NILAI
Lembar Kerja Peserta Didik
Nama :…………………………………………………………..
Materi :
........................................................................................
Hari/ Tanggal :
........................................................................................
Petunjuk:
Tulislah masing-masing tiga contoh
perilaku warga negara sebagai perwujudan nilai praksis yang berdasarkan klasifikasi nilai
instrumen Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari secara kontektual
|
Sila Pancasila |
Contoh perilaku |
|
Sila Pertama |
……………………………………………………………………….. |
|
………………………………………………………………………. |
|
|
………………………………………………………………………. |
|
|
Sila Kedua |
………………………………………………………………………. |
|
……………………………………………………………………… |
|
|
………………………………………………………………………. |
|
|
Sila Ketiga |
………………………………………………………………………. |
|
………………………………………………………………………… |
|
|
……………………………………………………………………….. |
|
|
Sila Keempat |
……………………………………………………………………….. |
|
………………………………………………………………………. |
|
|
……………………………………………………………………….. |
|
|
Sila Kelima |
………………………………………………………………………. |
|
………………………………………………………………………. |
|
|
………………………………………………………………………. |
Lampiran 2
Pancasila dan
Tantangan Milenial
Pancasila merupakan Ideologi yang mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan. Pancasila sangat menghormati hak dan kewajiban setiap warga negara. Pancasila menjamin
hak asasi manusia
melalui nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Nilai-nilai Pancasila
itulah yang menjadi
pedoman dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara sesuai dengan fungsinya.
ketika satu negara tidak lagi menempatkan ideologi negaranya sebagai pedoman dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara, maka akan timbul celah bagi ideologi
lain untuk masuk. Oleh karena itu, penanaman
nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat perlu digalakkan kembali.
tantangan yang dihadapi
Pancasila di masa mendatang semakin besar.
Di tengah perubahan
zaman, persoalan yang perlu diwaspadai adalah ketika masyarakat, khususnya generasi muda, tidak lagi memandang Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara. "Pertama yang harus diwaspadai ketika Pancasila sebagai ideologi negara dan falsafah
bangsa, tidak lagi menjadi perbincangan atau wacana
di tengah publik, hal tersebut Menjadi
tantangan yang terberat. Pancasila harus menjadi the living ideology
atau ideologi yang hidup di tengah-tengah masyarakat. Untuk mewujudkan hal ini, diperlukan cara-cara baru yang relevan dengan kondisi saat ini. Ada duahal
yang menajdi tantangan terbesar yang harus menjadi target. Satu, tetap menjadikan isu ini menjadi isu yang penting.
Kedua pendekatannya harus selalu up to date," . masih ditemukan sejumlah murid sekolah
yang tidak hafal lima sila secara utuh, bisa dinilai,
tingkat pengenalan Pancasila kepada generasi
muda semakin menurun.
Merespons fakta tersebut,
harus ada usulan Undang-Undang yang mengatur tentang
pengarusutamaan, membumikan, atau pembinaan nilai-nilai Pancasila. sebagai the living ideology, Pancasila juga harus menjadi the working ideology.
Syarat Pancasila menjadi the working ideology
adalah diakui kebenarannya oleh seluruh
komponen bangsa,
dimengerti, dipahami,
dan dihayati, serta dipraktikkan dalam kehidupan
Kondisi negara
Indonesia sudah sangat
jauh berubah dari semenjak awal kemerdekaan. Perkembangan dan perubahan adalah hal yang tidak bisa dihindari
sebagai prasyarat untuk mencapai
kemajuan dan tujuan kemerdekaan. Perkembangan teknologi yang begitu pesat telah mendatangkan manfaat sekaligus dan dampak buruk bagi masyarakat. Kemudahan, kecepatan, dan efektivitas merupakan gambaran
umum dampak kemajuan teknologi.
Kemajuan teknologi yang tidak dikendalikan dan dikontrol
akan menghasilkan masalah baru yang dapat menghambat atau merusak
suatu negara. Generasi milenial adalah
generasi yang sangat familier dengan teknologi karena generasi ini lahir ke dunia di mana segala aspek fisik (manusia
dan tempat) mempunyai ekuivalen
digital.
Pada waktu yang sama ancaman bangsa terus terus berkembang di setiap bidang.
Bidang ideologi (ancaman ekstremisme, paham radikal),
bidang politik (permasalahan pemilu, pejabat
negara yang terjerat korupsi),
bidang ekonomi
(kesenjangan yang masih tinggi),
bidang sosial budaya (pengangguran, kekerasan dalam rumah tangga), bidang
pertahanan dan keamanan (terorisme, konflik SARA, ilegal fishing). Revolusi industri 4.0 juga membawa
disruption and bridging
generations. Terdapat gap antargenerasi dalam sebuah
pola komunikasi sehingga
terjadilah disrupsi
atau perubahan mendasar terhadap
suatu realitas
Pancasila sebagai dasar falsafah
negara Indonesia merupakan sebuah sistem
nilai kebaikan universal yang bisa diterapkan dalam konteks apapun baik pada masa hari ini, besok, dan masa yang akan datang. Itu artinya Pancasila
dengan basis filosofinya yang mendalam sebenarnya mampu untuk menjawab
setiap problematika yang ada.
Terdapat dua syarat
agar Pancasila dapat beroperasi secara optimal
dalam masyarakat. Pertama, Pancasila harus terpahami dan terinternalisasi pada setiap individu. Kedua, mampu menggunakan Pancasila
sebagai alat penyelesaian masalah.
Pancasila sebagai nilai universal masih sangat relevan dengan
generasi hari ini. Pancasila hanya perlu terinternalisasi dengan baik ke setiap generasi yang ada khususnya generasi milenial yang akan
menjadi salah satu tokoh pergerakan
kemajuan negara yang kita cintai
ini.
Nilai-nilai ketuhanan, Indonesia adalah negara religius yang menjadikan nilai-nilai religiusitas sebagai sumber etika dan spiritualitas dalam bersikap tindak termasuk sikap
tindak dalam dunia virtual.
Menghargai perbedaan agama dan kepercayaan dalam bermedia
sosial akan menghantarkan kesedepaan dalam kehidupan beragama. Tidak melontarkan konten penghinaan atau menyudutkan agama dan kepercayaan
tertentu membuat kehidupan beragama
menjadi tentram dan damai.
Nila-nilai kemanusiaan, memahami dan menghargai hak dan kewajiban
setiap orang dalam berselancar di dunia maya adalah salah satu ciri netizen yang humanis. Tidak menyebarkan konten hoax dan provokasi
karena hal tersebut merupakan tindakan yang tidak
beradab.
Nilai-nilai persatuan, forum-forum dunia
maya juga dapat dijadikan media untuk memperkuat semangat nasionalisme. Memprioritaskan persatuan dan kesatuan bangsa di atas kepentingan golongan atau pribadi
saat diskusi di forum-forum dunia maya. Selalu
menjunjung tinggi bhinneka tunggal
ika dalam setiap perbedaan di dalam forum online.
Nilai-nilai musyawarah dalam hikmat kebijaksanaan, berlaku santun terhadap setiap pandangan politik
setiap orang dalam dunia maya. Ikut serta menjalankan setiap keputusan yang dihasilkan melalui diskusi
online. Menyelesaikan setiap perdebatan di grup online
dengan mengedepankan musyawarah.
Nilai-nilai keadilan sosial,
setiap orang mempunyai
hak dan kewajiban yang sama untuk mengakses
informasi dan berkumpul
dalam kelompok-kelompok dunia maya dengan tetap menghargai hak asasi
manusia setiap orang.
Oleh karena itu, di tengah krisis
nasionalisme yang sedang
melanda negeri ini, Pancasila
adalah cahaya penuntun
untuk mengenal kembali
jati diri bangsa dan perekat
untuk mempersatukan perbedaan. Semoga Tuhan yang Maha Esa merahmati dan mencerahkan hati dan pikiran
kita semua.
Sumber;
https://news.detik.com/kolom/d-4573104/pancasila-dan-tantangan-milenial diakses
tanggal 24 April 2021 pukul 14.42
WIB
Lampiran 3
Penerapan Nilai Instrumental Pancasila Dalam Setiap Sila
Nilai instrumental Pancasila
merupakan suatu rangkaian penjabaran secara lebih kreatif dan dinamis
atas nilai dasar Pancasila. Kreatif dan dinamis yang dimaksud adalah mampu menyesuaikan perkembangan zaman serta aspirasi
masyarakat yang ada di
dalamnya.
Ketika
nilai instrumental dikaitkan dengan perilaku
manusia, maka hasilnya
berupa nilai dan norma yang berlaku. Namun, jika nilai instrumental dikaitkan
dengan kenegaraan, hasilnya akan berupa undang-undang, garis besar haluan
negara, ataupun strategi lain yang bersumber dari nilai dasar Pancasila.
Berikut contoh
penerapan nilai instrumental Pancasila dalam tiap silanya
a. Ketuhanan
yang Maha Esa
Perwujudan atas nilai
instrumental ini dapat dilihat
dalam Undang-Undang, khususnya di dalam Pasal 29. Pasal ini memberikan penegasan jika Indonesia
merupakan negara yang memberikan kebebasan kepada tiap warga negaranya, untuk memeluk dan menjalankan agama sesuai yang diinginkan.
b. Kemanusiaan yang
Adil dan Beradab
Suatu tindakan yang bisa dikatakan
sebagian nilai instrumental
pada sila ke 2 Pancasila terdapat pada Pasal 28. Pasal ini memberikan suatu kebebasan
dan keadilan kepada masyarakat dengan berlandaskan
HAM (Hak Asasi Manusia).
c. Persatuan Indonesia
Selanjutnya perwujudan nilai instrumental lainnya pada sila ke 3 Pancasila
ini dapat dilihat
dalam Pasal 32, 35, dan 36. Dimana pasal ini secara penuh menjelaskan identitas nasional
dan simbol kenegaraan, meliputi: bahasa, bendera,
ideologi, lagu kebangsaan, dan lain
sebagainya.
d.
Kerakyatan
yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan dan Perwakilan
Perwujudan pada sila ke 4 Pancasila
yang berkaitan dengan
nilai instrumental terdapat dalam
Pasal 1 ayat 2. Pasal ini menjelaskan jika kekuasaan tertinggi di Indonesia
ada di tangan rakyat.
Atas dasar inilah,
rakyat mempunyai derajat yang sangat tinggi di dalam penyelenggaraan sistem demokrasi di Indonesia.
Seluruh kebijakan yang diberikan kepada dewan negara harus disetujui oleh rakyat
melalui perwakilannya pada tiap masing-masing daerah. Contohnya melalui lembaga
legislatif yaitu DPR
RI
dan DPRD tingkat provinsi dan kota.
e. Keadilan
Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Perwujudan nilai instrumental Pancasila selanjutnya terdapat
pada Sila ke 5 yaitu memberikan sikap yang adil terhadap seluruh masyarakat Indonesia.
Terutama dalam menjalankan kebijakan
pembangunan, pemerintah mampu
memberikan pemerataan terhadap semua golongan.
https://kumparan.com/berita-hari-ini/contoh-penerapan-nilai-instrumental-pancasila-dalam-setiap- sila,
di kutip pada tanggal 24 April 2021 pukul 22.52 wib
b.
Perencanaan Projek Penguatan Profil
Pelajar Pancasila & Profil Pelajar Rahmatan lil ‘Alamiin
Projek penguatan profil
pelajar Pancasila & Profil Pelajar Rahmatan lil ‘Alamiin di MA An-Nida
dilaksanakan dengan mengintegrasikan pendidikan karakter yang berpijak pada
pendidikan budi pekerti yang berdampak pada akhlak sosial yang mengandung
keluhuran nilai-nilai kearifan lokal yang sesuai dengan kebutuhan dan konteks
budaya madrasah.
Projek Penguatan Profil
Pelajar Pancasila yang dilaksanakan disesuaikan dengan karakteristik satuan
pendidikan, dan kebutuhan peserta didik dengan melibatkan seluruh peserta didik
pada Satuan pendidikan, dirancang pada awal tahun ajaran baru.
a.
Tim Fasilitator Projek Penguatan Profil
Pelajar Pancasila & Profil Pelajar Rahmatan lil ‘Alamiin
|
N0 |
Nama |
Tugas
Utama |
Jabatan
Dalam Team |
|
1 |
Rina
Marlina, S.H |
Guru
Sosiologi |
Penangung
Jawab Merangkap Anggota |
|
2 |
Siti
Nurazijah, S. Pd |
Guru
Seni Budaya |
Koordinator |
|
3 |
Aceng
Imam, S. Pd |
Guru
Pancasila |
Sekretaris |
|
4 |
Anita
Permatasari, S. Pd |
Wali
kelas X-IPA |
Pendamping |
|
5 |
Yeti
Mulyati, S. Pd |
Wali
kelas X-IPS |
Pendamping |
|
6 |
Endang
Ridwan, S. Ag |
|
Pendamping |
|
7 |
Abdulah
Arif, S. Pd |
|
Pendamping |
b.
Dimensi, tema Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila & Profil Pelajar Rahmatan lil ‘Alamiin
|
|
Projek 1 |
Projek 2 |
Projek 3 |
|
|
Tema |
Kewirausahaan |
Kearifan Lokal |
Bhinneka Tunggal Ika |
|
|
Dimensi |
Berkeadaban, Keteladanan,
Toleransi, Mandiri, Kreatif, Bergotong royong |
Berkeadaban, Mandiri,
Kreatif, Bergotong royong |
Kewarganegaraan dan
kebangsaan, Berkeadaban, Berkebinekaan Global |
|
|
Waktu |
X |
176 JP |
176 JP |
176 JP |
BAB
V
PENDAMPINGAN, EVALUASI,
DAN PENGEMBANGAN
PROFESIONAL
1.
Pendampingan
Pendampingan, evaluasi, dan pengembangan profesional
di MA. An-Nida dilakukan secara internal dan terencana untuk memastikan
pembelajaran berjalan sesuai rencana demi mencapai tujuan yang ditetapkan. Proses
ini dikelola oleh kepala madrasah dan/atau guru yang dianggap sudah mampu untuk
melakukan peran ini. Evaluasi, pendampingan dan pengembangan profesional
dilakukan secara bertahap dan mandiri agar terjadi peningkatan kualitas secara
berkelanjutan di satuan pendidikan, sesuai dengan kemampuan satuan pendidikan.
Adapun bentuk pendampingan dilaksanakan melalui beberapa kegiatan, diantaranya
:
1. IHT ( In House Training )
Kegiatan IHT dilakukan setiap awal tahun pelajaran. Keguatan ini merupakan
moment untuk mengupgrade pengetahuan dan keilmuan guru-guru berupa
kemajuan teknologi, penyusunan perangkat ajar, maupun perubahan kurikulum.
2. Supervisi Kelas
Supervisi kelas adalah suatu proses pengawasan yang dilakukan oleh
seseorang kepala madrasah kepada guru, yang bertujuan untuk menguatkan dan meningkatkan
kualitas kegiatan belajar mengajar di kelas. Supervisi kelas diharapkan dapat
berkontribusi untuk meningkatkan kualitas proses belajar peserta didik.
3. Evaluasi
1. Evaluasi Pembelajaran
Evaluasi pembelajaran dimaksudkan untuk mendapatkan data dan informasi
yang diperlukan dalam menentukan sejauh mana dan bagaimana pembelajaran yang
telah berjalan agar dapat membuat asesmen (judgement) dan perbaikan yang
dibutuhkan untuk memaksimalkan hasil pembelajaran peserta didik.
Tujuan dari evaluasi pembelajaran adalah antara lain untuk:
1. meningkatkan hasil belajar, keterlibatan, dan
kepuasan belajar peserta didik
2. menunjukkan kekuatan dari program belajar sebagai
implementasi kurikulum operasional
3. mengevaluasi perubahan terkini dari implementasi
yang dilakukan
4. mengidentifikasi program belajar yang perlu
diperbaiki
5. mengukur ketercapaian visi dan misi lewat program yang
diajarkan di sekolah
6. sarana pemberian umpan balik pada kompetensi mengajar
guru, yang selaras dengan tujuan dan kebutuhan belajar peserta didik.
7. Evaluasi Kurikulum
Kurikulum operasional MA. An-Nida dievaluasi secara periodik, untuk mendapatkan
perbaikan sesegera mungkin. Setelah melakukan asesmen formatif, secara
individual maupun tim, guru dan atau instruktur industri mereview proses belajar
dan tercapainya tujuan dan melakukan perbaikan maupun penyesuaian terhadap
proses belajar untuk setiap unit pembelajaran. Setiap akhir semester, guru dan tim
melihat kontinue pencapaian, serta setiap akhir tahun pembelajaran, guru dan
tim melakukan evaluasi terhadap pencapaian satu tahun, dan bagaimana hal
tersebut berkontribusi dengan tujuan, serta visi dan misi madrasah.
8.
Pengembangan Profesional
Program peningkatan profesional guru direncankan
oleh kepala madrasah berdasarkan Rencana Pengembangan satuan pendidikan. Dalam
sistem manajemen mutu MA. An-Nida mengatur pengembangan secara terencana sesuai
dengan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan maupun Rencana Pengembangan madrasah.
Pengembangan diarahkan pada peningkatan kompetensi guru sebagai bagian dari
Program Penilaian Kinerja Guru (Program PKG). Peningkatan profesional guru dilakukan
dengan berbagai program berikut:
1. Pelatihan Kompetensi Pedagogik dan Profesional
2. Study Banding
3. Sertifikasi Profesi Guru
4. keterlibatan dalam MGMP
5. Studi lanjut
BAB V
PENUTUP
Kurilkulum Operasional Madrasah/KOM An-nida
Tahun Pelajaran 2023/2024 merupakan kurikulum merdeka. Kurikulum ini merupakan
garis-garis besar sebagai pegangan dasar bagi semua stakeholder pendidikan di Madrasah
Aliyah. An-nida dalam melaksanakan tugas
yang telah dibebankan kepadanya. Namun di dalam pelaksanaannya setiap pendidik,
tidak hanya berdasar kepada yang terikat saja, akan tetapi perlu ada penjabaran
yang lebih luas dan lebih luwes, sehingga dapat menjangkau semua aspek kegiatan
Madrasah.
1.
Harapan
Sejalan dengan selesainya kurikulum Madrasah Aliyah. An-Nida dari sini
diharapkan dapat adanya pencapaian
sasaran yang ditargetkan dalam menuju peningkatan mutu pendidikan dan mutu
lulusan di Madrasah Aliyah. An-nida. Perlu diperhatikan pula hendaknya tidak
terpaku pada waktu yang telah ditentukan, tetapi sesuai dengan apa yang telah
direncanakan dan dapat diselesaikan secara tuntas.
2.
Permasalahan
Selain memiliki harapan sebagaimana yang di katakatan
diatas, kamipun memiliki beberapa permasalahan yang sekiranya perlu kita sikapi
secara seksama, yaitu bahwa kurikulum ini harus menjadi acuan dan dapat
dilaksanakan bagi seluruh warga marasah sehingga tidak terjadi ketimpangan dan
dapat di implementasikan dengan benar.
3.
Solusi
Dalam menyikapi permasalahan diatas, maka kami pun
mencoba membuat rumusan solusi agar masalah tersebut dapat terselesaikan. Salah
satu solusinya yaitu dengan memberikan pemahaman yang sedalam-dalamnya tentang
pentinya Kurikulum madrasah mengingat kurikulum ini merupakan rambu-rambu atau
konstiusi dalam sebuah madrasah. Oleh karena itu, pengkajian dan pemanfaatanya
harus kita optimalkan.
4.
Rencana Tindak Lanjut
Sebuah harapan dan rencana untuk tahun selanjutnya sudah kami kembangkan,
salah satunya yaitu melalui peningkatan mutu kurikulum. Adapaun rencana yang
lebih jelasnya ialah melalui pelatihan internal serta studi banding pada
madrasah yang lebih baik.
Akhirnya semoga
Madrasah Aliyah. An-nida sebagai lembaga pendidikan formal dapat terus eksis di
dalam bidangnya serta berperan aktif dalam mendidik siswa ke arah yang
diharapkan. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan taufiq dan hidayah-Nya
serta menunjukan kita kepada jalan yang diridhoi-Nya. Amiin.






