Senin, 23 Oktober 2017

Latihan Soal PTS kelas X

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat pada hurup A, B, C, D, E!

1. Berikut yang merupakan struktur laporan observasi adalah...
A. abstraksi, orentasi, krisis, reaksi, dan koda
B. pernyataan pendapat, argumentasi, dan penegasan ulang pendapat  
C. pernyataan umum dan aspek yang dilaporkan
D. pernyataan definisi dan pernyataan umum
E. pernyataan definisi dan pernyataan umum

2. Observasi dapat dilakukan secara langsung dengan cara...
A. melihat
B. membaca
C. mendengarkan informasi
D. membaca berita
E. mendapatkan berita


3. Observasi dapat dilakukan secara tidak langsung dengan cara...
A. mengamati
B. mendengarkan
C. menyaksikan
D. melakukan
E. merasakan

4. Cerita yang berisi cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya, adalah pengertian dari teks…
A. Teks observasi
B. Teks anekdot
C. Teks berita lucu
D. Teks narasi
E. Teks eksposisi

5. Kita dapat memahami teks anekdot dan dapat memanfaatkannya sebagai sarana untuk...
A. menyelesaikan persoalan-persoalan yang kita hadapi di dunia nyata
B. mempertahankan bangsa agar berpegang tegus terhadap Pancasila
C. sumber aktualisasi diri penggunanya pada konteks sosial-budaya akademis
D. menyampaikan kritik terhadap persoalan-persoalan pada bidang-bidang layanan tersebut
E. memperoleh ilmu pengetahuan melalui pendidikan

6. Struktur teks anekdot yang menggambarkan latar tempat ataupun cerita disebut...
A. abstraksi
B. orientasi
C. krisis
D. reaksi
E. koda

7. Struktur teks anekdot yang titik fokusnya yaitu pada bagian inti yang isinya dipelesetkan menjadi humor atau lelucon disebut...
A. abstraksi
B. orientasi
C. krisis
D. reaksi
E. koda

8. Yang termasuk kedalam sifat-sifat anekdot secara umum adalah....
A. Aneh
B. membosankan
C. khayalan
D. nyata
E. nyaman

9. Teks anekdot merupakan teks yang berdasarkan pada kejadian yang....
A. Aneh
B. penting
C. sebenarnya
D. khayalan
E. seperti dongeng

10. Perhatikan urutan berikut ini!
1. Judul
2. Singkat
3. Kekanak-kanakan
4. Aneh
5. lucu
6. Menarik

11. Dari urutan tersebut yang merupakan unsur dari anekdot adalah...
A. 2, 3, dan 4
B. 2, 3, dan 5
C. 1, 2, dan 5
D. 3 dan 4
E. 5 dan 6


12. Contoh anekdot dalam kehidupan kita sehari-hari dan merupakan perwujudan dari seni adalah...
A. Keramik
B. lukis pasir
C. karikatur
D. lukisan abstrak
E. puisi cinta

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal 13-15!

                                                     Pejabat Itu Menerima Bukan memberi

Bersama beberapa orang tetangga, termasuk seorang pejabat, Nasrudin berkreasi di sebuah taman. Setelah makan bersama, masing-masing mereka menuju ke sebuah kolam besar untuk mencuci tangan. Celaka, mungkin karena kurang hati-hati, kaki seorang pejabat terpeleset dan dia tercebur ke kolam, semua berusaha menolongnya. “Berikan tangan anda,” kata mereka. Akan tetapi, si pejabat tidak mau memberikan tangannya. Nasrudin yang melihat adegan itu dari tempat yang agak jauh, berteriak sambil mendekat, “Menyingkirlah kalian dari sini! Kalian tidak tahu cara menyelamatkannya. Dalam keadaan hampir tenggelam seperti itu, dia jelas tidak mungkin bisa mendengar ucapan kalian. Apalagi dia seorang pejabat, tentu dia tidak biasa dengan kata-kata ‘berikan’, tetapi ‘terimalah’. Lihat, bagaimana aku bisa menyelamatkannya dengan cepat.” Nasrudin maju sambil mengulurkan tangan. Dia pun berkata,” Ayo Anda terima tanganku.” Barulah si pejabat itu mau meraih tangan Nasrudin kuat-kuat. Akhirnya, dia selamat meski dengan tubuh yang basah kuyup.

13. Cuplikan anekdot di atas bertema…
A. Kegemaran orang-orang kota  mendengaka khotbah Nasruddin
B. Seorang nasruddin yangh akan berkhotbah di depan orang-orang kota
C. Keeganggan Nasruddin berkhotbah ditengah-tengah orang kota
D. Sikap antisipasi orang-orang kato terhadap khotba Nasruddin
E. Kemarahan Nasruddin terhadap sikap para pengundangnya

14. Peristiwa lucu yang tampak pada cuplikan itu adalah….
A. Pejabat yang tidak mau menerima pertolongan orang lain
B. Pejabat yang tidak mau menerima pertolongan  Nasruddin
C. Sikap Nasruddin yang tidak mau menolong pejabat
D. Para pejabat  yang tidak mau memberi tetapi hanya menerima saja.
E. Ketidakberdayaan para pejabat untuk menerima bantuan Nasruddin.

15. Teks di atas layak disebut anekdot karena….
A. Mengandung tema social
B. Disampaikan dalam bentuk cerita singkat
C. Berupa kisah lucu yang menyadarkan
D. Mengandung sindiran-sindiran
E. menceritakan orang terkenal

16. Persamaan tek anekdot dan cerita Lucu adalah….
A. Sama-sama golongan narasi
B. Sama-sama memakai keterangan waku masa lampau
C. Sama-sama mempunyai tujuan komunikat
D. Sama-sama teks karang bebas
E. Sama-sama  memiliki struktur kalimat

17. Bagian pembuka teks eksposisi adalah...
A. tesis
B. argumentasi
C. penegasan ulang
D. awalan
E. prolog

18. Di bawah ini yang tidak termasuk struktur teks eksposisi adalah…
A. pernyataan umum
B. tesis
C. argumentasi
D. penegasan ulang
E. pendapat

Bacalah secara cermat!
Langkah-langkah menulis sebagai berikut. Pertama, tentukan topik.Kedua, kumpulkan data.* Ketiga, buat kerangka karangan. *Keempat, kembangkan kerangka menjadi tulisan. Kelima, tentukan judul karangan.

19. Jenis teks eksposisi tersebut adalah ....
A. proses
B. definisi
C. klasifikasi
D. perbandingan
E. sebab-akibat

Bacalah secara cermat!
Nelayan di pesisir pantai Sumatra Barat menghadapi musim paceklik. Keadaan ini berlangsung selama dua minggu disebabkan bulan terang dan gelombang laut tinggi. Akibatnya, produksi ikan hasil tangkapan menurun.

20. Jenis teks eksposisi tersebut adalah ....
A. proses
B. definisi
C. klasifikasi
D. perbandingan
E. sebab-akibat

21. Judul yang sesuai untuk teks berjenis eksposisi proses adalah ....
A. Ayahku adalah Pahlawanku
B. Bahaya Minuman Beralkohol Tinggi
C. Cintaku Tersangkut di Pohon Mangga
D. Cara Merawat Tanaman Anggrek
E. Ciri-ciri Sekolah yang Baik

II. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan jelas!
Bacalah teks berikut!

                                                     Tukang Santet Jakarta

Main hakim sendiri seakan sudah dianggap normal oleh masyarakat kita. Pelakunya bukan Cuma rakyat biasa, tetapi sering justru aparat yang berwenang. Paling tidak penghakiman dilakukan di depan  aparat. Sampai-sampai majalah tempo, jauh sebelum diberedel, pernah “ menghitamkan” beberapa halamannya sebagai tanda prihatin.
Para pembaca tempo tentu kaget dan heran. Bermacam dugaan pun segera muncul. Gus dur terasuk yang heran dan menduga-duga “ Mengapa tempo di buat hitam seperti itu ? tanya Gus Dur dalam hati.
“Siapakah yang memerintahkan penghitaman itu ? tanya Gu Dur.
“Ya, siapa lagi kalau bukan ahlinya : tukang santet dan bramacorah Jakarta,” jawab redaksi tempo.

11. Jelaskankaidah  dan  struktur teks anekdot tersebut!
12. Jelaskan persamaan dan perbedaan teks eksposisi dan teks eksplanasi!
13. Jelaskan struktur teks eksposisi !
14. Jelaskan struktur teks observasi!
15. Susunlah contoh teks observasi dengan memperhatikan strukturnya!

0 komentar:

Posting Komentar