Siapkan Diri Nilai Tertinggi UTBK!

Untuk mempersiapkan diri mengikuti SBMPTN 2022 dengan nilai UTBK tertinggi sehingga dapat masuk ke PTN yang diidam-idamkan.

Memilih Tempat Liburan yang Tepat untuk Anak

Para orang tua diharapkan dapat memilih tempat liburan untuk anak-anaknya yang bernilai pendidikan.

Contoh Format KKM

Untuk aplikasi penghitungan KKM dapat disimak di youtube dengan link https://youtu.be/npQGdI2LcXQ

Contoh Format Jurnal/ Agenda Harian Guru

Untuk aplikasi jurnal/ agenda harian guru dapat disimak di youtube dengan link berikut https://youtu.be/cpDCN-G0X48

Selasa, 12 September 2017

Soal latihan teks cerpen, teks peosedur, teks eksplanasi, dan taks ceramah

LATIHAN SOAL

Mata Pelajaran : B. Indonesia
Kelas : XI
Materi : teks cerpen, teks prosedur, teks eksplanasi, dan teks ceramah

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat pada hurup A, B, C, D, E!

1. Cerpen adalah salah satu karya sastra yang berbentuk …
A. bait
B. baris
C. dialog
D. prosa
E. nonfiksi

2. Sarana pengekspresian watak, baik secara fisik maupun psikis dalam teks cerpen terdapat dalam ....
A. orientasi
B. latar
C. abstrak
D. komplikasi
E. deskripsi bagian

3. Struktur yang berisi pengenalan latar cerita berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerpen terdapat dalam ...
A. abstrak
B. orientasi
C. komplikasi
D. deskripsi umum
E. koda

4. Pada teks cerpen, pembaca dapat mengetahui karakter atau watak pelaku cerita dalam ...
A. Komplikasi
B. abstrak
C. orientasi
D. evaluasi
E. koda

5. Resolusi pada teks cerpen adalah tahapan di mana ...
A. pengarang menghidupkan cerita dan meyakinkan pembaca
B. berbagai kerumitan bermunculan
C. konflik mencapai tingkat intensitas tertinggi
D. nilai-nilai atau pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca
E. konflik mencapai sebuah selesaian atau leraian

6. Struktur tujuan dalam teks prosedur terdapat pada paragraph...
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. ke empat
E. ke lima

7. Contoh ciri kebahasaan yang terdapat di teks prosedur adalah...
A.sopan
B.santun
C.singkat padat dan jelas
D.artisipan manusia
E.salah semua

8. Konjungsi yang menerangkan waktu adalah konjungsi ....
A.hiperbola
B.temporal
C.korelatif
D.perbandingan
E.konsensif

9. Dalam teks prosedur pada paragraph ke-2 merupakan bagian…
A.tujuan
B.interpretasi
C.langkah-langkah
D.tesis
E.argumentasi

10. Salah satu ciri bahasa teks prosedur adalah menggunakan kalimat imperatif. Kalimat imperatif adalah…
A.berita
B.pertanyaan
C.meminta melarang
D.bercanda
E.penjelasan

11. Di bawah ini yang termasuk ke dalam struktur teks eksplanasi ialah …
A. Abstraksi
B. tesis
C. Argumentasi
D. Pernyataan umum
E. Koda

12. Di bawah ini yang tidak termasuk ke dalam isi dari sebuah teks eksplanasi adalah …
A. kesimpulan / intisari dari gagasan yang dibahas
B. konflik pada tokoh-tokoh dalam novel
C. peryataan tantang topik yang sedang dibahas
D. . informasi yang didasarkan pada fakta berkaitan dengan topik
E. generalisasi tentang topik yang sedang dibahas

Bacalah teks berikut!
Belakangan ini gempa bumi menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Indonesia. Sepanjang sejarah umat manusia, gempa selalu saja menimbulkan kerugian baik materil ataupun korban jiwa. Tidak berlebihan rasanya jika dikatakan bahwa fenomena gempa bumi adalah peristiwa yang berdampak secara langsung kepada makhluk hidup tak terkecuali manusia. Hal tersebut menjadikan gempa bumi sebagai salah satu bencana alam yang ditakuti oleh setiap orang.
13. Jika dilihat dari struktur teks eksplanasi, teks tersebut adalah bagian dari …
A. Kronologis (urutan peristiwa)
B. Sebab atau akibat
C. Pengenalan obyek
D. Asal-asul peristiwa
E. Kesimpulan

14. Pidato pada intinya adalah…………..
A. penyajian lisan kepada sekelompok massa
B. berbicara di atas podium
C. pembicaraan tentang masalah social
D. ketrampilan dalam berbahasa lisan
E. bertujuan untuk mempengaruhi orang banyak

15. Ceramah merupakan jenis pidato yang isinya bertemakan…
A. umum
B. sejarah
C. keagamaaan
D. kesosialan
E. kesehatan

16. Pada dasarnya ceramah dan khotbah sama, namun memiliki perbedaan yang signifikan. Perbedaaan tersebut terletak pada…
A. tema
B. narasumber
C. waktu
D. tempat
E. waktu dan tempat

17. Ceramah yang dilakukan secara spontan disebut dengan metode…..
A. impromtu
B. manuskrip
C. memorier
D. membaca naskah
E. ekstemporan

18. Persiapan pertama yang harus dlakukan sebelum ceramah/Khotbah adalah……
A. mensortir materi
B. mengumpulkan bahan
C. menentukan topik atau tujuan pidato
D. pemahaman dan penghayatan materi
E. menyusun materi

19. Kita menyadari bahwa terwujudnya suatu masyarakat tidak dapat dipisahkan dari unsur tetangga sebagai saudara terdekat keluarga dan kerabat sendiri.Tetangga sebagai saudara dekat mempunyai tempat khusus dalam Islam sehingga baik buruknya tetangga merupakan ukuran iman seseorang. Hal ini sebagaimana yang disabdakan baginda nabi Muhammad SAW,"Demi Allah, dia tidak beriman! Orang yang tetangganya tidak aman dari keburukannya.
Penggalan khotbah di atas menekankan pentingnya
A. hidup bermasayarakat
B. berhubungan baik dengan tetangga
C. menjalin silaturahmi dengan orang yang beriman
D. keharusan untuk selalu beriman kepaa Allah
E. menghindari perbuatan yang buruk

20. Bacalah teks pidato berikut!
Pada akhirnya, marilah kita tingkakan amal kita marilah kita tingkatkan amal kita dengan berbuat baik kepada kaum wanita. Kita dudukan kaum wanita sesuai dengan kodratnya, memiliki kesempatan belajar yang luas. Kaum wanita harus memiliki kebebasan dalam mengembangkan tugas kewanitaannya, baik itu menyangkut dengan kepentingan dirinya sendiri, sebagai ibu rumah tangga, maupun dalam hubungannya dengan kemasyarakatan.
Penggalan pidato di atas disajikan dalam bentuk……
A. narasi
B. deskripsi
C. eksposisi
D. argumentasi
E. persuasi

II. Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan tepat!
21. Jelaskan apa yang dimaksud cerita pendek !
22. Jelaskan struktur  isi cerita pendek  !
23. Jelaskan struktur teks prosedur!
24. Jelaskan perbedaan teks prosedur dengan teks eksplanasi!
25. Jelaskanlah contoh kontruksi teks ceramah/khotbah!

Soal teks observasi, eksposisi, dan anekdot

                          LATIHAN SOAL

Mata pelajaran : B. Indonesia
Kelas    : X
Materi  : teks observasi, teks eksposisi, dan teks anekdot

I. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat pada hurup A, B, C, D, E!

1. Berikut yang merupakan struktur laporan observasi adalah...
A. abstraksi, orentasi, krisis, reaksi, dan koda
B. pernyataan pendapat, argumentasi, dan penegasan ulang pendapat    
C. pernyataan umum dan aspek yang dilaporkan
D. pernyataan definisi dan pernyataan umum
E. pernyataan definisi dan pernyataan umum

2. Observasi dapat dilakukan secara langsung dengan cara...
A. melihat C. mendengarkan informasi E. mendapatkan berita
B. membaca D. membaca berita

3. Observasi dapat dilakukan secara tidak langsung dengan cara...
A. mengamati B. mendengarkan C. menyaksikan D. melakukan E. merasakan

4. Teks yang berisi cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya, adalah pengertian dari teks…
A. Teks observasi C. Teks berita lucu E. Teks eksposisi
B. Teks anekdot D. Teks narasi

5. Kita dapat memahami teks anekdot dan dapat memanfaatkannya sebagai sarana untuk...
A. menyelesaikan persoalan-persoalan yang kita hadapi di dunia nyata
B. mempertahankan bangsa agar berpegang tegus terhadap Pancasila
C. sumber aktualisasi diri penggunanya pada konteks sosial-budaya akademis
D. menyampaikan kritik terhadap persoalan-persoalan pada bidang-bidang layanan tersebut
E. memperoleh ilmu pengetahuan melalui pendidikan

6. Struktur teks anekdot yang menggambarkan latar tempat ataupun cerita disebut...
A. abstraksi B. orientasi C. krisis D. reaksi E. koda

7. Struktur teks anekdot yang titik fokusnya yaitu pada bagian inti yang isinya dipelesetkan menjadi humor atau lelucon disebut...
A. abstraksi B. orientasi C. krisis D. reaksi E. koda

8. Yang termasuk kedalam sifat-sifat anekdot secara umum adalah....
A. Aneh B. membosankan C. khayalan D. nyata E. nyaman

9. Teks anekdot merupakan teks yang berdasarkan pada kejadian yang....
A. Aneh B. penting C. sebenarnya D. khayalan E. seperti dongeng

10. Perhatikan urutan berikut ini!
1. Judul
2. Singkat
3. Kekanak-kanakan
4. Aneh
5. lucu
6. Menarik
Dari urutan tersebut yang merupakan unsur dari anekdot adalah...
A. 2, 3, dan 4 C. 1, 2, dan 5 E. 5 dan 6
B. 2, 3, dan 5 D. 3 dan 4

11. Contoh anekdot dalam kehidupan kita sehari-hari dan merupakan perwujudan dari seni adalah...
A. Keramik B. lukis pasir C. karikatur D. lukisan abstrak E. puisi cinta

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal 12-14!
Pejabat Itu Menerima Bukan memberi

Bersama beberapa orang tetangga, termasuk seorang pejabat, Nasrudin berkreasi di sebuah taman. Setelah makan bersama, masing-masing mereka menuju ke sebuah kolam besar untuk mencuci tangan. Celaka, mungkin karena kurang hati-hati, kaki seorang pejabat terpeleset dan dia tercebur ke kolam, semua berusaha menolongnya. “Berikan tangan anda,” kata mereka. Akan tetapi, si pejabat tidak mau memberikan tangannya. Nasrudin yang melihat adegan itu dari tempat yang agak jauh, berteriak sambil mendekat, “Menyingkirlah kalian dari sini! Kalian tidak tahu cara menyelamatkannya. Dalam keadaan hampir tenggelam seperti itu, dia jelas tidak mungkin bisa mendengar ucapan kalian. Apalagi dia seorang pejabat, tentu dia tidak biasa dengan kata-kata ‘berikan’, tetapi ‘terimalah’. Lihat, bagaimana aku bisa menyelamatkannya dengan cepat.” Nasrudin maju sambil mengulurkan tangan. Dia pun berkata,” Ayo Anda terima tanganku.” Barulah si pejabat itu mau meraih tangan Nasrudin kuat-kuat. Akhirnya, dia selamat meski dengan tubuh yang basah kuyup.

12. Cuplikan anekdot di atas bertema…
A. Kegemaran orang-orang kota  mendengaka khotbah Nasruddin
B. Seorang nasruddin yangh akan berkhotbah di depan orang-orang kota
C. Keeganggan Nasruddin berkhotbah ditengah-tengah orang kota
D. Sikap antisipasi orang-orang kato terhadap khotba Nasruddin
E. Kemarahan Nasruddin terhadap sikap para pengundangnya

13. Peristiwa lucu yang tampak pada cuplikan itu adalah….
A. Pejabat yang tidak mau menerima pertolongan orang lain
B. Pejabat yang tidak mau menerima pertolongan  Nasruddin
C. Sikap Nasruddin yang tidak mau menolong pejabat
D. Para pejabat  yang tidak mau memberi tetapi hanya menerima saja.
E. Ketidakberdayaan para pejabat untuk menerima bantuan Nasruddin.

14. Teks di atas layak disebut anekdot karena….
A. Mengandung tema social
B. Disampaikan dalam bentuk cerita singkat
C. Berupa kisah lucu yang menyadarkan
D. Mengandung sindiran-sindiran
E. menceritakan orang terkenal.

15. Persamaan teks anekdot dan cerita Lucu adalah….
A. Sama-sama golongan narasi
B. Sama-sama memakai keterangan waku masa lampau
C. Sama-sama mempunyai tujuan komunikat
D. Sama-sama teks karang bebas
E. Sama-sama  memiliki struktur kalimat

16. Bagian pembuka teks eksposisi adalah...
A. tesis
B. argumentasi
C. Penegasan ulang
D. Awalan
E. Epiog

17. Di bawah ini yang tidak termasuk struktur teks eksposisi adalah…
A. pernyataan umum
B. tesis
C.argumentasi
D. penegasan ulang
E. Pendapat

18. Bacalah secara cermat!
Langkah-langkah menulis sebagai berikut. Pertama, tentukan topik.Kedua, kumpulkan data.* Ketiga, buat kerangka karangan. *Keempat, kembangkan kerangka menjadi tulisan. Kelima, tentukan judul karangan.
Jenis teks eksposisi tersebut adalah ....
A. proses
B. definisi
C. Klasifikasi
D. Perbandingan
E. Sebab-akibat

19. Bacalah secara cermat!
Nelayan di pesisir pantai Sumatra Barat menghadapi musim paceklik. Keadaan ini berlangsung selama dua minggu disebabkan bulan terang dan gelombang laut tinggi. Akibatnya, produksi ikan hasil tangkapan menurun.
Jenis teks eksposisi tersebut adalah ....
A. proses
B. Definisi
C. Klasifikasi
D. Perbandingan
E. Sebab-akibat

20. Judul yang sesuai untuk teks berjenis eksposisi proses adalah ....
A. Ayahku adalah Pahlawanku
B. Bahaya Minuman Beralkohol Tinggi
C. Cintaku Tersangkut di Pohon Mangga
D. Cara Merawat Tanaman Anggrek
E. Ciri-ciri Sekolah yang Baik

II. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan jelas!
21. Jelaskan kaidah  dan  struktur teks anekdot tersebut!
22. Jelaskan persamaan dan perbedaan teks eksposisi dan teks eksplanasi!
23. Jelaskan struktur teks eksposisi !
24. Jelaskan struktur teks observasi!
25. Susunlah contoh teks observasi dengan memperhatikan strukturnya!

Rabu, 03 Mei 2017

Tips Mengatur Keuangan Menjelang Ramadhan


Mengatur Keuangan Menjelang Bulan Ramadhan
Oleh Yeti Mulyati

Marhaban Ya Ramadhan... Marhaban Ya Ramadhan! Kalimat itu menggema saat bulan Ramadhan akan tiba. Berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut bulan suci ini. Namun sering kali orang salah kaprah dalam mempersiapkan menyambut bulan Ramadhan ini. Tanpa memperhatikan keuangan keluarga, belanja berlebih dengan alasan banyaknya diskon. Padahal hal ini membuat mereka terjerembab dalam lingkaran utang.

Memang banyak hal yang harus dipersiapkan dalam menyambut bulan Ramadhan terutama mental dan kondisi fisik. Namun masalah keuangan pun harus dipertimbangkan agar tidak mengganggu kekhusuan kita dalam menjalankan ibadah shaum. Salah satunya yaitu dengan mengelola keuangan semaksimal mungkin. Kita harus mempertimbangkan kondisi keuangan keluarga dan memperhitungkan penghasilan yang akan diperoleh. Oleh karena itu kita perlu membedakan antara kebutuhan dan keinginan sehingga belanja kita akan terkontrol. Berikut  tips untuk mengatur keuanga  ketika menjelang Ramadhan agar menjadi panduan dalam menghadapi bula Ramadhan:
Pertama, merencanakan keuangan untuk bulan Ramadhan. Sebelum memasuki bulan Ramadhan perlu membuat rancangan keuangan selama bulan Ramadhan, mulai dari kebutuhan sehari-hari selama bulan Ramadhan sampai dengan persipan menyambut idul fitri. Hal ini penting agar kita dapat mengontrol kegiatan shopping kita, sehingga pengeluaran dapat disesuaikan dengan penghasilan kita. Dengan demikian kita tidak akan over budget dengan keuangan yang kita miliki.
Kedua, mencatat setiap pengeluaran  agar kita dapat mengontrol pengeluaran apakah sesuai dengan yang direncanakan atau tidak. Selain itu dengan mencatat  pengeluaran kita dapat mengevaluasi keperluan primer dan sekunder.
Ketiga, memilih atau mencatat kategori pengeluaran hari raya. Jika kebutuhan selama Ramadhan sudah dialokasikan keuangannya baru mencatat kebutuhan yang diperlukan untuk menyambut jari raya idul fitri. Biasanya alokasi ini diperoleh dari THR. Namun ingat THR merupakan  uang bonus dari perusahaan atau instansi tempat bekerja guna kebutuhan lebaran. Kebutuhan lebaran termasuk untuk ongkos mudik dan bekal setelah mudik. Inilah yang sering dilupakan orang. Terkadang untuk kebutuhan lebaran orang terlalu fokus pada baju lebaran, kue lebaran, oleh-oleh untuk sanak saudara dan kebutuhan lainnya. Mereka jarang mempertimbangkan ongkos mudik pulang-pergi dan kebutuhan setelah lebaran. Inilah yang membuat orang bangkrut setelah lebaran.
Keempat, mengenali Hukum Permintaan dan Penawaran. Hal ini penting untuk para ibu untuk membuat rancangan keuangan khusus pada bulan Ramadhan. Kita perlu ingat bahwa permintaan kebutuhan pokok saat lebaran sangat tinggi. Berdasarkan hukum permintaan dan penawaran, apabila permintaan tinggi maka harga akan tinggi pula. Inilah yang menyebabkan harga kebutuhan pokok pada saat Ramadhan terutama menjelang lebaran tidak terkendali meskipun pemerintah selalu berusaha untuk menstabilkan harga. Berdasarkan fenomena tersebut alangkah baiknya Anda membuat budget keuangan lebih besar dari bulan-bulan biasa.  jika memungkinkan Anda dapat belanja kebutuhan pokok yang tahan lama jauh-jauh hari sebelum Ramadhan karena biasanya harga melonjak tinggi menjelang hari pertama Ramadhan.
Kelima, jalankan Rencana! Setelah rencana matang, Anda dapat menjalankan rencana secara real. Namun ingat jika rencana tidak dijalankan percuma membuat rancangan belanja Ramadhan. Ingat jangan tergiur dengan promo atau diskon yang akan membuat rancangan belanja Anda berantakkan. Kecuali barang yang  dipromokan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.
Demikianlah tips yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi bulan Ramadhan tahun ini. Dengan persiapan ini diharapkan Anda dapat beribadah dengan khusyu. Selain itu dengan persiapan ini dapat mendisiplinkan diri dalam mengatur keuangan keluarga. Jadi tips ini dapat Anda jalankan dalam bulan-bulan biasa dengan rancangan disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan pengaturan keuangan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan sesuia dengan penghasilan yang diperoleh setiap bulannya. Bahkan diharapkan Anda dapat memperbesar tabungan keluarga Anda. 

Sabtu, 01 April 2017

Perbedaan Pantun dan Karmina

Curahan Hati dan Harapan Anak untuk Bunda

Bawa minyak dari gudang
Aku senang mamah datang

Dari tadi makan durian
Jangan biarkan aku sendirian

Jalan-jalan ke sayang heulang
Aku butuh kasih sayang

Membeli kursi dengan meja
Di simpan di tengah gelanggang
Mamah boleh sibuk bekerja
Tapi anakmu butuh kasih sayang

Air mengalir dalam keran
Ditambah minyak dalam curahan
Harta benda bukan ukuran
Perhatianmulah yang ku harapkan

Perbedaan antara Pantun dan Karmina

Pantun merupakan jenis puisi lama yang terikat oleh aturan. Sesuai dengan perkembangan budaya dan sosial pada masyarakat kini pantun mengalami pergeseran dari aturan bakunya. Dalam ilmu bahasa hal tersebut sah-sah saja karena bahasa bersifat arbitrer (manasuka). Hal tersebut  menjadi sumbangan yang berharga bagi perkembangan ilmu pengetahuan terutama untuk perkembang ilmu bahasa khususnya bahasa Indonesia. Kini pantun bukan dalam bentuk bahasa Melayu saja, bahkan dikembangkan dalam bahasa Indonesia ragam non formal. setiap orang dapat mengungkapkan perasaannya melalui pantun layaknya seperti puisi modern. Malahan pantun sering digunakan para selebritis untuk acara iklan atau pun bodoran. Dari segi bentuknya pantun mengalami metamorfosis menjadi pantun kilat atau disebut juga karmina. Berikut aturan penulisan pantun dan karmina.

Ciri-ciri Pantun
  • Satu bait terdiri atas empat larik (baris) yang terdiri dari sampiran (larik ke-1 dan 2) dan isi (larik ke-3 dan 4).
  • Setiap larik terdiri atas 8 sampai 12 suku kata (8n-12n)
  • Setiap larik memiliki pola rima (bunyi akhir) dengan pola a-b-a-b 

Ciri-ciri Karmina
  • Satu bait terdiri atas dua larik (baris) yang terdiri dari sampiran (larik ke-1)  dan isi (larik ke-2).
  • Setiap larik terdiri atas 8 sampai 12 suku kata (8n-12n)
  • Setiap larik memiliki pola rima (bunyi akhir) dengan pola a-b





Merawat Kecantikan Itu Tak Perlu Mahal Lho!



Tampil Cantik Alami Warisan Nenek Moyang
Oleh Yeti Mulyati

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengantarkan manusia menuju cara hidup yang lebih instan. Mulai dari makanan, minuman, obat-obatan bahkan sampai dalam hal perawatan kecantikan semua dapat dilakukan secara cepat dan akurat. Hal tersebut tidak bisa kita tampikkan karena dengan serba instan itu membantu kita untuk melakukan pekerjaan yang efektif dan efisien. Apalagi ditengah kesibukkan yang selalu menghampiri kita. Namun ada hal lain yang harus kita pertimbangkan yaitu dampaknya bagi kesehatan kita. Bolehlah kita mengikuti cara instan namun tidak boleh keseringan. Cukuplah kita lakukan ketika kita sedang terburu-buru. 

Hal yang penting untuk hidup sehat yaitu menjaga kecantikan. Banyak produk kosmetik yang dapat menyulap kita menjadi seorang bidadari. Hal tersebut boleh? Boleh saja namun hanya untuk sesekali saja, misalnya untuk momen penting seperti pernikahan, acara wisuda, acara ulang tahun atau yang lainnya. Itu pun jika sudah selesai secepatnya dibersihkan karena bekas make up yang menempel pada kulit wajah kita  akan mengendap dan menutup pori-pori kulit. Nah untuk keseharian lebih baik kita menjaga kecantikan secara alami karena cara ini sangat aman untuk kesehatan kita. Kalian tidak percaya tampil cantik tanpa kosmetik? Lihat saja putri-putri keraton zaman dulu mereka terlihat cantik dan ayu padahal pada saat itu belum ada pabrik-pabrik kosmetik. Mereka melakukan perwatan secara alami dan resep rahasiahnya diwariskan secara turun temurun. Apa saja resep rahasiahnya? Yuk kita intip bersama-sama.

Cara Melembutkan Wajah
Untuk melembutkan wajah para putri keraton biasanya menggunakan manfaat ekstrak buah-buahan. Misalnya menggunakan pepaya yang dijadikan masker pada kulit wajah. Pepaya mengandung vitamin C yang berfungsi untuk melembutkan dan memutihkan kulit wajah. Atau bisa juga menggunakan bengkuang. Dengan menggunakan kedua buah ini pasti kulit Anda akan lebih cerah, lembut, putih alami. Caranya mudah, Anda tinggal tumbuk atau parut pepaya atau bengkuang kemudian ratakan pada wajah. Tunggu selama 15 menit sampai sari-sari pepaya atau bengkuang meresap ke dalam kulit. Setelah 15 menit basuh muka dengan air es. Lakukan setiap hari wajah Anda akan terlihat cerah, halus dan lembut. Dengan menggunakan cara ini Anda akan terhindar dari efek kosmetik.  

Cara Menyuburkan Rambut
Pancaran kecantikan dapat didukung oleh keindahan rambut. Rambut merupakan mahkota wanita. Dengan rambut yang indah dapat memancarkan kecantikan. Pada zaman modern ini banyak minyak rambut yang dapat menghitamkan, anti dendruff, atau untuk melembutkan rambut. Tahukah Anda dari berbagai macam minyak rambut ternyata memberi efek cepat beruban sehingga akan terlihat tua dari usia sebenarnya. Namun lihat pada zaman dahulu jarang orang tua usia 50 tahunan beruban. Tapi kini anak SMP pun rambutnya sudah mulai  beruban. Itu karena efek dari minyak rambut. Padahal kita dapat menggunakan kekayaan alam di sekitar kita, misalnya menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan ketombe. Penggu aannnya mudah kita tinggal  menggosokkan lidah buaya pada kulit kepala. Atau menggunakan ginseng atau daun pandan untuk menghitamkan rambut. Ginseng atau daun pandan ditumbuk kemudian peras airnya, oles-oles pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat-pijat. Atau dapat juga menggunakan air teh yang sudah diembunkan. Ini bermanfaat untuk menghitamkan dan melembutkan rambut. 

Melembutkan dan Menghilangkan Bau Badan
Anda bermasalah dengan bau badan? Lakukanlah cara putri keraton yaitu dengan cara mandi dengan menggunakan bunga mawar atau sedap malam. Kedua jenis bunga ini memilimi keharuman yang alami. Jadi sebelum mandi masukkan kedua bunga ini ke dalam bak mandi. Lalu mandikan pada badan Anda. Namun lebih baik berendam terlebih dahulu agar keharumannya lebih sempurna. Setelah mandi Anda akan merasakan kesegaran yang tiada tara.

Memerahkan Bibir

Pada saat ini produk lipstik berseliweran meramaikan dunia kosmetik. Namun pernahkah Anda merasakan pada saat bibir tanpa lipstik terasa kering. Nah itulah akibat dari ketergantungan pada lipstik. Putri keraton zaman dulu tak pernah mengenal lipstik namun bibir mereka terlihat merah dan seksi. Padahal caranya mudah, Anda secara rutin mengolesi bibir dengan madu setiap malam sebelum tidur. Dengan demikian bibir Anda kelembabannya akan terjaga.

Nah itulah cara-cara alami agar tetap tampil cantik dan terbebas dari kerusakan akibat salah memilih kosmetik. Cara tradisional pun terhitung instan hanya beda beberapa menit saja dengan menggunakan kosmetik. Coba bandingkan dengan Anda yang datang ke salon. Mereka harus mengantri terlebih dahulu kemudian melakukan perawatan yang waktunya membutuhkan satu sampai dua jam. Apakah itu tidak termasuk lama? Jadi tampil cantik secara alami akan menghindarkan kita dari efek bahaya kosmetik. Selain itu tidak memerlukan biaya mahal karena semua bahan tersedia di sekitar kita. Yang terpenting di sini adalah rutinitas dan kedisiplinan untuk merawat kecantikkan.

Senin, 27 Maret 2017

Manfaat dan variasi olahan udang

Konsumsi Udang Beribu Manfaat Sejuta Keuntungan 
untuk Perkembangan Otak Anak
Oleh Yeti Mulyati

Bunda tahukah zat-zat yang terkandung dalam udang? Mendengar kata udang sebagian anak akan bergidig karena bau amisnya yang menyengat sedangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat baik untuk mendukung perkembangan otak anak. Misalnya sebagai sumber vitamin  sebagai daily value yaitu vitamin D (38%), vitamin B12 (19%), Niacin (13%), vitamin E (5%), vitamin B6 (5%), vitamin A (4%), vitamin C (3%), dan lain-lain. Selain itu udang juga sebagai sumber mineral yang penting bagi tubuh yaitu selenium dalam 100 gr udang segar cukup untuk memenuhi 54% kebutuhan harian, disusul fosfor (20%), zat besi dan tembaga (masing-masing 13%), magnesium (9%), zinc (7%), sodium (6%), potassium dan kalsium (masing-masing 5%).


Nah sekarang bunda perlu mengetahui manfaat udang bagi kecerdasan otak anak. Di sini bunda harus melatih anak agar suka dengan udang dengan cara memperkenalkan anak sejak balita dengan aneka masakan udang, misalnya bubur udang, sup udang, kerupuk udang, dan jenis olahan udang lainnya yang dapat dicerna oleh balita. Eit! Namun bunda harus hati-hati jika anak mengalami alergi dengan jenis makanan ini jangan dipaksakan. Bunda dapat mengkonsultasikan dengan dokter yang ahli di bidangnya. Untuk memperkaya pengetahuan bunda tentang udang, yuk kita simak beberapa manfaat udang bagi kesehatan anak.
  1. Udang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan balita dan anak karena didalamnya mengandung Omega 3 yang sangat diperlukan untuk perkembangan otak anak.
  2. Udang mengandung protein yang sangat tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk metabolisme tubuh serta sebagai sumber energi untuk menunjang aktivitas anak. Seperti kita ketahui  anak pada usia balita sangat aktif sehingga membutuhkan energi yang ekstra. Dengan banyak mengkonsumsi udang persipan energinya lumayan sehingga anak tidak terlihat lesu.
  3. Usia anak adalah masa pertumbuhan baik pertumbuhan tulang maupun gigi. untuk mendukung pertumbuhan ini sangat tepat mengkonsumsi udang karena dalam udang mengandung vitamin D, Kalsium, dan Kalium.
  4. Udang juga dapat menghindarkan anak Anda dari anemia karena dalam udang terkandung mineral berupa zat besi dan seng yang sangat tinggi.
  5. Selain itu udang juga dapat menjaga kesehatan jantung dan mencegah terjadinya penggumpalan darah karena di dalam udang terkandung asam lemak esensial. 
Maka jelaslah bahwa udang sangat bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang anak baik untuk perkembangan otak maupun untuk perkembangan tubuhnya. Oleh karena itu kewajiban bundalah untuk membiasakan anak agar suka dengan makanan sea food ini. Tentunya untuk membiasakan anak suka dengan makanan sea food ini, bunda harus lebih kreatif dalam mengolahnya sehingga tidak membuat anak jenuh. Misalnya diolah menjadi saos tomat udang. Jenis olahan ini pasti disukai anak-anak juga cocok untuk balita. Saos tomat udang ini dapat dipadupadankan dengan makanan lain, misalnya bubur, nasi tim, gorengan tempe, tahu dan makanan lain yang disukai anak. sekarang kita intip yuk resepnya!
Saos Tomat Udang

Bahan-bahan yang diperlukan
  • 500 gram tomat merah
  • 7 buah udang dibuang kulit dan kepalanya
  • 4 siung bawang putih
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya

Cara pengolahan:
  • Rebus tomat sampai kulitnya pecah kemudian buang kulitnya.
  • Rebus udang sampai berubah warna kuning.
  • Masukkan tomat dan udang yang telah direbus tadi ke dalam blender beserta bawang putih.
  • Tambahkan air rebusan ke dalam blender, kemudian blender sampai halus.
  • Selanjutnya  masak di atas api sedang sampai saos terlihat meletup-letup.
  • Masukkan garam dan gula pasir secukupnya.
  • Angkat dan dinginkan. Saos tomat udang siap disajikan!
  • Saos dapat disimpan di kulkas dengan kekuatan selama 1 minggu.Selamat mencoba!





Senin, 13 Maret 2017



Peranan Orang Tua untuk Mencapai Keberhasilan Ujian Nasional
Oleh Yeti Mulyati

 
Siaga menghadapi Ujian Nasional 2016-2017
Pelaksanaan Ujian Nasional sudah di pelupuk mata, tentunya bunda sudah mempersiapkan segala sesuatu untuk persiapan anak dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Namun apa jadinya jika melihat anak santai-santai saja dengan game dan film favorit mereka. Tak terlihat mereka belajar selama di rumah. Mereka hanya mengandalkan belajar di sekolah dan di tempat bimbel saja. Itupun jika selama di sekolah atau di tempat bimbel  mereka belajar dengan benar. Lalu apa yang harus bunda lakukan?
Melihat fenomena tersebut tidak bijak jika bunda menyebutnya anak malas, memarahinya, atau  mengomelinya. Hal tersebut tidak akan menyelesaikan masalah, malah anak akan merasa terkekang sehingga mereka akan berusaha untuk memberontak. Untuk mengatasi hal tersebut bunda tak perlu panik, marah sana sini, mencari biang kesalahan. Malas bukanlah identitas. Setiap orang pasti pernah merasakan malas, baik anak kecil, remaja, orang dewasa, atau pun orang tua. Untuk mengusir rasa malas tersebut diperlukan motivasi. Di sini bunda harus menemukan motivasi yang tepat untuk membuang rasa malas pada anak dan melahirkan produktivitas. Pertama yang harus bunda lakukan adalah memahami kesiapan anak. Bunda harus menyadari beberapa aktivitas yang dapat dilakukan anak sesuai dengan usianya. Jangan sampai bunda menyuruh anak melakukan kegiatan yang tidak mampu dia lakukan. Begitu pula dalam belajar. Bunda harus dapat memahami kesulitan anak dalam belajar. Bisa jadi anak malas belajar karena materi yang telah dipelajari sangat sulit. Oleh karena itu, selama anak belajar di rumah lebih baik bunda mendampinginya. 
 Langkah kedua bunda harus mengajarkan atau memandu anak agar dapat memprioritaskan kegiatan yang lebih penting. Dalam hal ini anak masih memiliki hak untuk bermain namun dapat menyusun prioritas sehingga belajar dan bermain masih tetap bisa berjalan. Misalnya pulang sekolah kadang anak langsung bermain game, atau anak SMP chatting atau anak yang terlalu rajin pulang sekolah langsung mengerjakan PR. Itu juga salah karena perut mereka memiliki hak untuk diisi. Bunda dapat memandu mereka untuk makan, kemudian istirahat sambil bermain. Jika waktu sudah cukup untuk melepas lelah baru bunda mengingatkan mereka untuk belajar.Hal ini lebih efektif dibandingkan sepulang sekolah mengikuti bimbel sehingga mereka merasa cape dan waktu main mereka tersita. Untuk anak SMA okelah untuk tidak main, namun bagi anak SD akan menjadi masalah karena mereka akan kehilangan masa kanak-kanak.
Ketiga yaitu menyingkirkan distructure atau pengganggu. Banyak anak yang malas ketika mereka disuruh belajar yang diakibatkan oleh kegemarannya. Ketika waktu belajar bunda dapat menyingkirkan benda pengganggu tersebut dan berjanji akan mengembalikannya setelah selesai belajar. Disini bunda harus bersifat tegas dan konsisten, dengan kekonsistenan terhadap peraturan ini anak sudah terbiasa dan tidak akan menolak terhadap peraturan bunda.
 Keempat menumbuhkan rasa percaya diri anak. Anak akan terlahir menjadi anak yang penuh rasa percaya diri jika pujian sering terlontar pada mulut bunda. Jangan sekali-kali mengeluarkan kata-kata yang dapat meremehkan kemampuan anak apalagi dengan membandingkan dengan anak tetangga, hal itu akan melenyapkan antusiasme  belajar anak. Sekecil apapun pekerjaan anak bunda harus mengapresiasinya dengan pujian. Oleh karena itu berilah kesempatan pada anak untuk mengerjakan PR sendiri, baru setelah anak menyerah kita membantu untuk menjelaskannya sampai anak paham. Dalam hal ini bunda harus serba pintar. Bila kemampuan bunda terbatas, bunda dapat menyewa guru privat.
Itulah beberapa motivasi yang dapat bunda lakukan pada anak, terutama untuk menghadapi Ujian Nasional. Dengan melatih anak untuk belajar secara rutin, anak tidak akan kesulitan dalam mengikuti materi pelajaran. Selain itu dengan tips ini bunda dapat membunuh rasa malas pada anak dan melahirkan produktivitas. Tentunya tips ini tidak akan berhasil jika tidak didukung dengan kesabaran bunda dalam membimbing anak dalam belajar. Menyuruh saja tidak cukup, anak membutuhkan perhatian, bimbinganm perlindungan, serta teladan dari orang tua. Jadilah bunda super untuk anak-anaknya. Jadilah bunda yang dapat menumbuhkan motivasi bukanlah orang tua pendikte.

Minggu, 13 November 2016

Pantun Nasehat

Ada belalang hinggap di gantar
Kura-kura memakan kue bangket
Jangan biarkan anak terlantar
Gara-gara bunda bermain gadget

Ada panda bermain serbuk
Anak-anaknya bermain gergaji
Bunda selalu eksis di pesbuk
anak suami kekurangan gizi

Jalan-jalan membeli besi
Tidak lupa mengajak Kinanti
Ajak anak berkomunikasi
untuk perkembangan anak nanti





Artikel Psikologi Keluarga





Jangan Biarkan Kami Terlantar karena Gadget
Oleh Yeti Mulyati

Gadget merupakan salah satu bukti pesatnya perkembangan teknologi. Pengguna gadget pun meningkat dari berbagai kalangan. Hampir 90% masyarakat Indonesia lekat dengan gadget sebagai pertanda sudah melek teknologi. Mereka, terutama orang dewasa cenderung cerdas digital.  Mereka dapat memanfaatkan gadget sebagai sarana untuk mendulang pundi-pundi koin atau hanya sekedar bersosialisasi di media maya. Namun apa jadinya jika gara-gara gadget anak merasa terasingkan di tengah keluarga terutama dari kasih sayang ibu?
Disadari atau tidak terkadang bentakan meluncur dari mulut kita ketika tangan sedang sibuk dengan gadget. Sementara itu anak tidak sabar untuk medapat perhatian. Malahan kaki bisa melayang saat anak menarik-narik baju di bawah meja sekedar untuk menunjukkan sesuatu pada orang tuanya. Seorang ibu sedang menggantikan popok  anaknya, namun jika gadget berbunyi ditinggalkan anaknya yang kedinginan. Sepenting itukah gadget sampai buah hati sendiri diacuhkan? Ibu-ibu lebih memilih berkomunikasi melalui medsos dibandingkan bersosialisasi dengan anggota keluraga. Separah itukah pengaruh dari gadget? Memang itulah kenyataannya. Sebagian masyarakat telah kecanduan gadget. Oleh karena itu para bunda dapat menganalisis apakah kita tergolong pecandu gadget atau bukan. Berikut dampak negatif gadget terutama untuk anggota keluarga, antara lain:
  •          Kasih sayang dan perhatian terhadap anak terabaikan. Jika seseorang sudah kecanduan gadget akan ada pihak-pihak lain yang terabaikan. Gadget akan mengendalikan hidup kita. Oleh karena itu untuk para bunda sebaiknya merubah pola tersebut. Gunakan gadget secara bijak. Jangan sampai kasih sayang dan perhatian terhadap anak dikendalikan oleh gadget. Berilah anak hak untuk disayangi dan diperhatikan, misalnya pada saat menonton televisi atau berkumpul dengan keluarga tinggalkan terlebih dahulu gadget tersebut. Selain itu Anda harus berdisiplin menggjnakan gadget, misalnya dengan membuat aturan dengan keluarga untuk tidak sembarangan menggunakan gadget. Misalnya pada saat makan bersama tidak boleh menggunakan gadget kalau perlu matikan terlebih dahulu. Hal tersebut untuk menjaga kehangatan keluarga.
  •          Kurang bersosialisasi. Karena kesibukan dengan gadget membuat kita lupa untuk berinteraksi dengan orang-orang disekeliling kita baik anggota keluarga maupun tetangga. Bahayanya jika sosialisasi dengan anak terhambat akan menimbulkan gangguan pada perkembangan anak. Kita tidak akan mengetahui masalah yang dihadapi anak saat di sekolah, masalah suami di kantornya. Padahal peran istri dan seorang ibu salah satunya mencarikan solusi atau menenangkan anak atau suami dalam menghadapi masalah.  Jika hal ini dibiarkan berlanjut anak akan mencari solusi di luar rumah akibatnya pergaulan bebas, begitu pula suami akan mencari kepuasan di luar misalnya dengan selingkuh. Wallohualam bishawab.

Nah untuk para bunda jangan sampai diperbudak gadget. Andalah yang harus dapat mengontrol penggunaan gadget. Gadget dapat jadi bencana jika digunakan semena-mena namun gadget juga dapat menjadi berkah jika digunakan sebijak mungkin. 

Rabu, 09 November 2016

Puisi Bahan Musikalisasi Puisi


SAJADAH PANJANG
Karya Taufik Ismail

Ada sajadah panjang terbentang  
dari kaki buaian 
sampai ke tepi kuburan hamba  
kuburan hamba bila mati  

Ada sajadah panjang terbentang
hamba tunduk dan sujud
di atas sajadah yang panjang ini
diselingi sekedar interupsi

Mencari rezeki mencari ilmu
mengukur jalanan seharian
begitu terdengar suara adzan
kembali tersungkur hamba

ada sajadah panjang terbentang
hamba tunduk dan rukuk
hamba sujud tak lepas kening hamba
mengingat dikau sepenuhnya.

Selamat Tinggal
Karya Chairil Anwar

Aku berkaca

Ini muka penuh luka
Siapa punya ?

Kudengar seru menderu
dalam hatiku
Apa hanya angin lalu ?

Lagu lain pula
Menggelepar tengah malam buta

Ah.......!!

Segala menebal, segala mengental
Segala tak kukenal .............!!
Selamat tinggal ................!!

Dalam Doaku

Karya Sapardi Damono

 

Dalam doaku subuh ini kau menjelma langit yang semalaman tak memejamkan mata,
yang meluas bening siap menerima cahaya pertama,
yang melengkung hening karena akan menerima suara-suara

Ketika matahari mengambang tenang di atas kepala,
dalam doaku kau menjelma pucuk-pucuk cemara yang hijau senantiasa,
yang tak henti-hentinya mengajukan pertanyaan muskil kepada angin
yang mendesau entah dari mana

Dalam doaku sore ini,
kau menjelma seekor burung gereja yang mengibas-ibaskan bulunya dalam gerimis,
yang hinggap di ranting dan menggugurkan bulu-bulu bunga jambu,
yang tiba-tiba gelisah dan terbang lalu hinggap di dahan mangga itu

Maghrib ini dalam doaku kau menjelma angin
yang turun sangat perlahan dari nun di sana,
bersijingkat di jalan dan menyentuh-nyentuhkan pipi
dan bibirnya di rambut, dahi dan bulu-bulu mataku

Dalam doa malamku kau menjelma denyut jantungku,
yang dengan sabar bersitahan terhadap rasa sakit yang entah batasnya,
yang setia mengusut rahasia demi rahasia,
yang tak putus-putusnya bernyanyi bagi kehidupanku

Aku mencintaimu,
Itu sebabnya aku takkan pernah selesai mendoakan keselamatanmu

Jumat, 04 November 2016

opini

POLA ASUH ANAK
Mereka Mengamati Bukan Mendengar
Oleh Yeti Mulyati 

Anak adalah tumpuan harapan orang tua. Berbagai usaha dilakukan untuk mengoptimalisasi potensi anak. Dapat dikatakan pula anak merupakan investasi masa depan. Berbagai metode diterapkan untuk memaksimalkan kompetensi anak. Keberhasilan pola asuh anak akan menjadi efek pada masa depan. 

Keberhasilan pola asuh anak merupakan dambaan setiap keluarga. Mendidik anak tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kesalahan mengasuh anak akan berakibat fatal bagi masa depan mereka yaitu seumur hidupnya. Oleh karena itu para orang tua jangan sembarangan dalam mendidik anak, apalagi mempercayakan sepenuhnya pada orang lain. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi pendidikan anak salah satunya yaitu pola asuh orang tua. Ada kata mutiara yang dapat kita jadikan pijakan, yaitu ”Jangan mengkhawatirkan bahwa anak-anak tidak mendengarkan Anda, khawatirkanlah bahwa mereka selalu mengamati Anda” (Robert Fulghum). Dari kata mutiara tersebut jelaslah bahwa pola asuh anak sebenarnya ada di tangan Anda. Biasanya kita khawatir kalau anak-anak kita tidak mendengarkan segala nasihat dan keinginan kita. hal tersebut salah besar. Anak adalah peniru ulung. Dia akan melakukan hal-hal yang dia lihat. Jadi para orang tua seharusnya khawatir jika anak-anak selalu mengamati kita. jika anak-anak selalu mengamati kita berarti kita harus perfect di hadapan anak. Segala kebiasaan kita akan mereka tiru. Dalam hal ini para orang tua harus dapat mengintropeksi diri, mengenali kepribadian masing-masing. Dalam pendidikan anak ini aliran behaviourisme berlaku. Kebiasaan berulang-ulang yang dilakukan oleh para orang tua akan dapat ditiru dengan mudah oleh anak-anak. Jika ingin anaknya sholeh, sholehkan duru para orang tuanya. Jika ingin anaknya berakhlak mulia, muliakan dulu akhlak orang tua. 

Jadi jelaslah keberhasilan pola asuh anak ada di tangan para orang tua. Metode yang diterapkan berperan sebagai media saja. Sebagus apapun metode jika tidak didukung oleh campur tangan para orang tua keberhasilan mengasuh anak sulit untuk dicapai