Siapkan Diri Nilai Tertinggi UTBK!

Untuk mempersiapkan diri mengikuti SBMPTN 2022 dengan nilai UTBK tertinggi sehingga dapat masuk ke PTN yang diidam-idamkan.

Memilih Tempat Liburan yang Tepat untuk Anak

Para orang tua diharapkan dapat memilih tempat liburan untuk anak-anaknya yang bernilai pendidikan.

Contoh Format KKM

Untuk aplikasi penghitungan KKM dapat disimak di youtube dengan link https://youtu.be/npQGdI2LcXQ

Contoh Format Jurnal/ Agenda Harian Guru

Untuk aplikasi jurnal/ agenda harian guru dapat disimak di youtube dengan link berikut https://youtu.be/cpDCN-G0X48

Rabu, 05 Desember 2018

Resensi Novel

Gadis Inspiratif untuk Kalangan Hawa 
Oleh Yeti Mulyati

Judul Buku : Tentang Kamu
Pengarang : Tere Liye
Penerbit : Republika
Tahun Terbit : 2016
Cetakan : ke-2
Tebal Buku : vi + 524 halaman

Tere Liye kembali dengan novel terbarunya yang berjudul Tentang Kamu. Novel ini mampu menggugah hati yang dipenuhi kerikil-kerikil kebencian menjadi hati yang pemaaf. Bagaimana tidak, Tere Liye menyampaikan pandangannya tidak seperti sedang menggurui namun melalui tokoh Sri Ningsih yang dikemas menjadi sosok wanita yang tidak terlalu cantik namun memiliki hati mutiara. 

Novel yang berjudul Tentang Kamu karya Tere Liye dapat dikategorikan novel inspiratif, terutama bagi para wanita yang krisis dengan kepercayaan diri dengan penampilan. Sosok Sri Ningsih yang digambarkan Tere Liye sebagai gadis yang memiliki kulit hitam, gempal serta pendek namun memiliki kepribadian yang membuat orang disekitarnya nyaman. Tak memiliki rasa dendam terhadap orang-orang yang membencinya termasuk ibu tirinya yang menganggapnya sebagai anak sial dan dikutuk. Rentetan musibah yang menimpanya telah membuat gadis kecil ini kuat dan selalu menjadi jiwa pemaaf. 

Untuk menampilkan sosok Sri Ningsih, Tere Liye melibatkan tokoh Zaman seorang mahasiswa Oxford University yang sedang menyelesaikan kuliahnya master hukum. Tokoh Zaman ditunjuk oleh Thompson & Co (sebuah firma hukum) untuk menyelesaikan harta warisan Sri Ningsih setelah satu hari kematiannya saat itu. Pada saat itu peraturan di Paris jika kekayaan tidak memliki ahli waris, maka kekayaan itu menjadi milik Ratu Inggris. Pada saat itu firma hukum Thomson & Co mendapatkan surat yang tidak tahu pengirimnya untuk menyelesaikan warisan sebesar satu miliar pounsterling atau setara dengan 19 Triliun rupiah. Surat itu datang sehari sebelum kematian Sri Ningsih. 

Melalui tokoh Zaman, Seluruh kehidupan Sri Ningsih dapat dikupas secara detail mulai dia dilahirkan di Pulau Bugin Sumbawa sampai meninggal di kota besar Paris. Melalui penelusuran Zaman ada 5 orang tokoh yang menceritakan kisah kehidupan Sri Ningsih. Dimulai dari kisah Ode seorang tua di kota Sumbawa. Ode pada saat Sri Ningsih dilahirkan berusia 9 tahun. Dia tahu persis bagaimana ibu Sri Ningsih meninggal setelah kelahiran bayinya. Pada saat ayahnya meninggal, ibu tiri Sri Ningsih berbalik menjadi garang karena dia menganggap Sri sebagai anak sial dan dikutuk. Rentetan penyiksaan ibu tirinya yang membuat Sri bertambah kuat. Namun Sri tidak pernah membenci ibunya. Hal ini dia buktikan ketika rumahnya terbakar. Sri berani menerobos kobaran api untuk menyelamatkan ibu dan adik tirinya. Adik tirinya dapat diselamatkan, namun ibu tirinya tidak karena kakinya terhimpit kayu sehingga sulit bagi Sri untuk membopongnya. Pada saat itu Nussi Maratta melihat ketulusan anak tirinya. Namun terlambat api semakin membesar dan dia menyuruh Sri untuk pergi menyelamatkan adiknya Tilamuta. 

Bagian berikutnya kehidupan Sri Ningsih di Pesantren. Bagian ini diceritakn oleh tokoh Nuraeni sahabat Sri Ningsih. Pada bagian ini kehidupan Sri lebih menyakitkan karena penghianatan sahabatnya sehingga memakan berpuluh-puluh nyawa. Bahkan adiknya Tilamuta terbunuh mengenaskan dengan potongan-potongan tubuh, dagingnya berceceran karena sebagian dimakan anjing. Pada saat itu Sri sekolah di Pesantren yang dipimpin oleh kiyai Ma’sum sampai menjadi tenaga pengajar di sana. Dia bersahabat dengan Nuraeni anaknya kiyai ma’sum dan Lastri anak angkatnya kiyai ma’sum. Namun persahabatan mereka hancur akibat kebencian Lastri yang merasa cemburu pada kehidupan Nuraeni. Setelah Nuraeni menikah sebagian kegiatan kepesantrenan dipercayakan pada Arifin suami Nuraeni. Sri merasa lahan suaminya Musoh direbut. Akhirnya Lastri dan Musoh mengundurkan diri menjadi guru. Pada bagian ini Tere Liye berhasil menggambarkan Susana pemberontakan tahun 60-an. Pemberontakan yang mencekam namun dapat dilumpuhkan oleh pemerintah. Pada saat itu Lastri dan Musoh dengan kelompok tersebut dengan menggalang kekuatan untuk menyerang dan membantai pesantren kiyai Ma’sum. Dan pembantaian itu terjadi begitu cepat. Para santri yang tidak sempat menyelamatkan diri mandi darah. Keluarga kiyai Ma’sum disekap di pabrik gula kemudian dibakar. Namun aksi itu dapat dihentikan karena Sri Ningsih yang sebelumnya diculik oleh Lastri dan disekap dapat menyelamatkan diri. Bersama warga Sri Ningsih menuju pabrik gula meskipun hanya Nuraini dan Arifin yang selamat. 

Bagian ketiga yaitu kehidupan Sri Ningsih di kota Jakarta. Untuk melupakan pembantaian itu, Sri Ningsih merantau ke kota Jakarta. Sri Ningsih berjuang untuk menaklukkan kota Jakarta. Dan itu berhasil. Mulai dari jualan nasi goring di tanah abang sampai menjadi pengusaha besar toiletres. Namun yang mengherankan setelah perusahaannya besar dan banyak diperhitungkan oleh para pesaingnya, Sri Ningsih menjual saham perusahaan tersebut dan dipercayakan pada Chaterine. 

Bagian keempat, Sri Ningsih tinggal di London. Di sinilah Sri menemukan cinta sejatinya. Di sini Sri mampu menaklukkan kota London sebagai sopir bus. Dialah wanita satu-satunya pada saat itu yang menjadi sopir bus. Berkat kepribadiannya yang selalu ingin menolong orang lain akhirnya ada pria Turki yang jatuh cinta pada gadis gempal asal pulau Bugin. Mereka menikah namun pernikahannya dilanda musibah. Sri dua kali mengandung namun anak-anaknya tidak ada yang selamat. Kemudian disusul oleh Hakan suaminya, meninggal dunia untuk selama-lamanya. Hakan meninggalkan perusahaan yang bergerak dibidang IT. Perusahaan itu dipercayakan pada Aamir tetangganya yang sudah dianggap keluarga sendiri. Kembali lagi Sri meninggalkan tempat itu secara diam-diam. 

Bagian kelima. Inilah bagian akhir dari kehidupan Sri, namun bagian yang paling menyenangkan karena pada bagian ini Sri dapat berkreasi dan keliling dunia. Setelah meninggalkan segala kenangan dengan suaminya, Sri tiba di sebuah panti jompo yang terletak di kota Paris. Di panti jompo inilah Sri banyak belajar berbagai ilmu dengan membaca, berkreasi dan berkebun. Di sini kehidupannya tanpa beban. Kemudian Sri melamar menjadi guru menari. Dari profesi inilah Sri dapat keliling dunia untuk mengantarkan anak-anak didiknya mengikuti berbagai pementasan dan kompetisi. Hingga akhirnya dia mendadak sakit dan meninggal dunia. Namun sebelum meninggal dunia Sri sempat menitipkan dua surat kepada temannya di panti jompo dengan tujuan ke Indonesia dan London. Kedua surat itulah yang menjadi penyelesaian konflik yang terjadi pada novel ini. 

Rentetan kejadian tersebut bukanlah konflik utama dalam novel karya Tere Liye ini. Namun Tere Liye mampu menghadirkan kejadian-kejadian tersebut sebagai peristiwa-peristiwa penting untuk menuju ke penyelesaian. Dengan mengawali cerita ini dengan kasus pencarian ahli waris sebesar satu miliar pounsterling atau setara denga 19 triliun rupiah, Tere Liye berhasil untuk menjebak pembaca sehingga pembaca diselimuti rasa penasaran dengan terus membaca tiap bagian novel ini. 

Novel ini berakhir happy ending yaitu dengan keberhasilan Zaman menemukan dan menangkap orang yang membuat Sri ketakutan. Ya Lastri sahabat Sri berhasil meloloskan diri dari penjara dan dia terus menguntit kehidupan Sri. Berpindahnya Sri dari Jakarta ke London, dari London ke Paris untuk menghindari kejaran Lastri. Dan itu Sri rahasiahkan. Setelah kematian Sri, Lastri berpura-pura menjadi mertua Tilamuta dengan tujuan untuk memburu harta warisan itu. Tilamuta merupakan pewaris tunggal karena Sri hanya memiliki satu saudara. Namun aksi Lastri dapat dibongkar oleh Zaman sekaligus membebaskan Tilamuta yang selama berpuluh-puluh tahun dikerangkeng. Tilamuta yang dianggap sudah mati ternyata pada saat penyerangan ke pesantren diculik terlebih dahulu sama halnya dengan Sri. Namun Tilamuta tidak dapat membebaskan diri seperti Sri yang berhasil kabur. Namun berkat kecerdasan Sri yang berpura-pura menjual perusahaan toiletres di Jakarta, usaha Lastri gagal. Sebelum menjelang ajalnya Sri mengirimkan dua surat wasiat yaitu ke Thompson & Co dank e Indonesia yaitu sahabatnya Nuaini. 

Menilik dari rangkaian peristiwa, novel ini menggunakan alur campuran yang variatif. Jenis alur ini sulit diterapkan oleh penulis pemula. Namun Tere Liye dengan kepiawaiannya mampu menyelesaikan cerita ini dengan cara mengesankan. Begitu pula bahasa yang digunakan menarik, energik, penuh dengan motivator serta menggunakan gaya bahasa yang luwes. Cara pendeskripsian latar tempat, waktu, dan keadaan sangat mempengaruhi pembaca. Pembaca seolah-olah menyaksikan dan merasakan rentetan kejadian yang dideskripsiskan dengan kalimat-kalimat pendek. Hal yang disayangkan dalam novel ini yaitu judulnya terlalu sederhana sehingga pembaca sulit menduga jenis novel ini. Namun setelah dibaca ternyata novel ini termasuk novel inspiratif yang penuh dengan misteri. Nah, novel ini bagus dibaca oleh semua kalangan karena novel ini kaya dengan pesan moral seperti, pentingnya kesetiaan, perjuangan yang tiada batas, kebaikan pasti akan menuai kebaikan pula. Dengan membaca novel ini, Anda belajar banyak hal.

Senin, 23 Oktober 2017

Latihan Soal PTS kelas X

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat pada hurup A, B, C, D, E!

1. Berikut yang merupakan struktur laporan observasi adalah...
A. abstraksi, orentasi, krisis, reaksi, dan koda
B. pernyataan pendapat, argumentasi, dan penegasan ulang pendapat  
C. pernyataan umum dan aspek yang dilaporkan
D. pernyataan definisi dan pernyataan umum
E. pernyataan definisi dan pernyataan umum

2. Observasi dapat dilakukan secara langsung dengan cara...
A. melihat
B. membaca
C. mendengarkan informasi
D. membaca berita
E. mendapatkan berita


3. Observasi dapat dilakukan secara tidak langsung dengan cara...
A. mengamati
B. mendengarkan
C. menyaksikan
D. melakukan
E. merasakan

4. Cerita yang berisi cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya, adalah pengertian dari teks…
A. Teks observasi
B. Teks anekdot
C. Teks berita lucu
D. Teks narasi
E. Teks eksposisi

5. Kita dapat memahami teks anekdot dan dapat memanfaatkannya sebagai sarana untuk...
A. menyelesaikan persoalan-persoalan yang kita hadapi di dunia nyata
B. mempertahankan bangsa agar berpegang tegus terhadap Pancasila
C. sumber aktualisasi diri penggunanya pada konteks sosial-budaya akademis
D. menyampaikan kritik terhadap persoalan-persoalan pada bidang-bidang layanan tersebut
E. memperoleh ilmu pengetahuan melalui pendidikan

6. Struktur teks anekdot yang menggambarkan latar tempat ataupun cerita disebut...
A. abstraksi
B. orientasi
C. krisis
D. reaksi
E. koda

7. Struktur teks anekdot yang titik fokusnya yaitu pada bagian inti yang isinya dipelesetkan menjadi humor atau lelucon disebut...
A. abstraksi
B. orientasi
C. krisis
D. reaksi
E. koda

8. Yang termasuk kedalam sifat-sifat anekdot secara umum adalah....
A. Aneh
B. membosankan
C. khayalan
D. nyata
E. nyaman

9. Teks anekdot merupakan teks yang berdasarkan pada kejadian yang....
A. Aneh
B. penting
C. sebenarnya
D. khayalan
E. seperti dongeng

10. Perhatikan urutan berikut ini!
1. Judul
2. Singkat
3. Kekanak-kanakan
4. Aneh
5. lucu
6. Menarik

11. Dari urutan tersebut yang merupakan unsur dari anekdot adalah...
A. 2, 3, dan 4
B. 2, 3, dan 5
C. 1, 2, dan 5
D. 3 dan 4
E. 5 dan 6


12. Contoh anekdot dalam kehidupan kita sehari-hari dan merupakan perwujudan dari seni adalah...
A. Keramik
B. lukis pasir
C. karikatur
D. lukisan abstrak
E. puisi cinta

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal 13-15!

                                                     Pejabat Itu Menerima Bukan memberi

Bersama beberapa orang tetangga, termasuk seorang pejabat, Nasrudin berkreasi di sebuah taman. Setelah makan bersama, masing-masing mereka menuju ke sebuah kolam besar untuk mencuci tangan. Celaka, mungkin karena kurang hati-hati, kaki seorang pejabat terpeleset dan dia tercebur ke kolam, semua berusaha menolongnya. “Berikan tangan anda,” kata mereka. Akan tetapi, si pejabat tidak mau memberikan tangannya. Nasrudin yang melihat adegan itu dari tempat yang agak jauh, berteriak sambil mendekat, “Menyingkirlah kalian dari sini! Kalian tidak tahu cara menyelamatkannya. Dalam keadaan hampir tenggelam seperti itu, dia jelas tidak mungkin bisa mendengar ucapan kalian. Apalagi dia seorang pejabat, tentu dia tidak biasa dengan kata-kata ‘berikan’, tetapi ‘terimalah’. Lihat, bagaimana aku bisa menyelamatkannya dengan cepat.” Nasrudin maju sambil mengulurkan tangan. Dia pun berkata,” Ayo Anda terima tanganku.” Barulah si pejabat itu mau meraih tangan Nasrudin kuat-kuat. Akhirnya, dia selamat meski dengan tubuh yang basah kuyup.

13. Cuplikan anekdot di atas bertema…
A. Kegemaran orang-orang kota  mendengaka khotbah Nasruddin
B. Seorang nasruddin yangh akan berkhotbah di depan orang-orang kota
C. Keeganggan Nasruddin berkhotbah ditengah-tengah orang kota
D. Sikap antisipasi orang-orang kato terhadap khotba Nasruddin
E. Kemarahan Nasruddin terhadap sikap para pengundangnya

14. Peristiwa lucu yang tampak pada cuplikan itu adalah….
A. Pejabat yang tidak mau menerima pertolongan orang lain
B. Pejabat yang tidak mau menerima pertolongan  Nasruddin
C. Sikap Nasruddin yang tidak mau menolong pejabat
D. Para pejabat  yang tidak mau memberi tetapi hanya menerima saja.
E. Ketidakberdayaan para pejabat untuk menerima bantuan Nasruddin.

15. Teks di atas layak disebut anekdot karena….
A. Mengandung tema social
B. Disampaikan dalam bentuk cerita singkat
C. Berupa kisah lucu yang menyadarkan
D. Mengandung sindiran-sindiran
E. menceritakan orang terkenal

16. Persamaan tek anekdot dan cerita Lucu adalah….
A. Sama-sama golongan narasi
B. Sama-sama memakai keterangan waku masa lampau
C. Sama-sama mempunyai tujuan komunikat
D. Sama-sama teks karang bebas
E. Sama-sama  memiliki struktur kalimat

17. Bagian pembuka teks eksposisi adalah...
A. tesis
B. argumentasi
C. penegasan ulang
D. awalan
E. prolog

18. Di bawah ini yang tidak termasuk struktur teks eksposisi adalah…
A. pernyataan umum
B. tesis
C. argumentasi
D. penegasan ulang
E. pendapat

Bacalah secara cermat!
Langkah-langkah menulis sebagai berikut. Pertama, tentukan topik.Kedua, kumpulkan data.* Ketiga, buat kerangka karangan. *Keempat, kembangkan kerangka menjadi tulisan. Kelima, tentukan judul karangan.

19. Jenis teks eksposisi tersebut adalah ....
A. proses
B. definisi
C. klasifikasi
D. perbandingan
E. sebab-akibat

Bacalah secara cermat!
Nelayan di pesisir pantai Sumatra Barat menghadapi musim paceklik. Keadaan ini berlangsung selama dua minggu disebabkan bulan terang dan gelombang laut tinggi. Akibatnya, produksi ikan hasil tangkapan menurun.

20. Jenis teks eksposisi tersebut adalah ....
A. proses
B. definisi
C. klasifikasi
D. perbandingan
E. sebab-akibat

21. Judul yang sesuai untuk teks berjenis eksposisi proses adalah ....
A. Ayahku adalah Pahlawanku
B. Bahaya Minuman Beralkohol Tinggi
C. Cintaku Tersangkut di Pohon Mangga
D. Cara Merawat Tanaman Anggrek
E. Ciri-ciri Sekolah yang Baik

II. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan jelas!
Bacalah teks berikut!

                                                     Tukang Santet Jakarta

Main hakim sendiri seakan sudah dianggap normal oleh masyarakat kita. Pelakunya bukan Cuma rakyat biasa, tetapi sering justru aparat yang berwenang. Paling tidak penghakiman dilakukan di depan  aparat. Sampai-sampai majalah tempo, jauh sebelum diberedel, pernah “ menghitamkan” beberapa halamannya sebagai tanda prihatin.
Para pembaca tempo tentu kaget dan heran. Bermacam dugaan pun segera muncul. Gus dur terasuk yang heran dan menduga-duga “ Mengapa tempo di buat hitam seperti itu ? tanya Gus Dur dalam hati.
“Siapakah yang memerintahkan penghitaman itu ? tanya Gu Dur.
“Ya, siapa lagi kalau bukan ahlinya : tukang santet dan bramacorah Jakarta,” jawab redaksi tempo.

11. Jelaskankaidah  dan  struktur teks anekdot tersebut!
12. Jelaskan persamaan dan perbedaan teks eksposisi dan teks eksplanasi!
13. Jelaskan struktur teks eksposisi !
14. Jelaskan struktur teks observasi!
15. Susunlah contoh teks observasi dengan memperhatikan strukturnya!

Selasa, 12 September 2017

Soal latihan teks cerpen, teks peosedur, teks eksplanasi, dan taks ceramah

LATIHAN SOAL

Mata Pelajaran : B. Indonesia
Kelas : XI
Materi : teks cerpen, teks prosedur, teks eksplanasi, dan teks ceramah

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat pada hurup A, B, C, D, E!

1. Cerpen adalah salah satu karya sastra yang berbentuk …
A. bait
B. baris
C. dialog
D. prosa
E. nonfiksi

2. Sarana pengekspresian watak, baik secara fisik maupun psikis dalam teks cerpen terdapat dalam ....
A. orientasi
B. latar
C. abstrak
D. komplikasi
E. deskripsi bagian

3. Struktur yang berisi pengenalan latar cerita berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerpen terdapat dalam ...
A. abstrak
B. orientasi
C. komplikasi
D. deskripsi umum
E. koda

4. Pada teks cerpen, pembaca dapat mengetahui karakter atau watak pelaku cerita dalam ...
A. Komplikasi
B. abstrak
C. orientasi
D. evaluasi
E. koda

5. Resolusi pada teks cerpen adalah tahapan di mana ...
A. pengarang menghidupkan cerita dan meyakinkan pembaca
B. berbagai kerumitan bermunculan
C. konflik mencapai tingkat intensitas tertinggi
D. nilai-nilai atau pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca
E. konflik mencapai sebuah selesaian atau leraian

6. Struktur tujuan dalam teks prosedur terdapat pada paragraph...
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. ke empat
E. ke lima

7. Contoh ciri kebahasaan yang terdapat di teks prosedur adalah...
A.sopan
B.santun
C.singkat padat dan jelas
D.artisipan manusia
E.salah semua

8. Konjungsi yang menerangkan waktu adalah konjungsi ....
A.hiperbola
B.temporal
C.korelatif
D.perbandingan
E.konsensif

9. Dalam teks prosedur pada paragraph ke-2 merupakan bagian…
A.tujuan
B.interpretasi
C.langkah-langkah
D.tesis
E.argumentasi

10. Salah satu ciri bahasa teks prosedur adalah menggunakan kalimat imperatif. Kalimat imperatif adalah…
A.berita
B.pertanyaan
C.meminta melarang
D.bercanda
E.penjelasan

11. Di bawah ini yang termasuk ke dalam struktur teks eksplanasi ialah …
A. Abstraksi
B. tesis
C. Argumentasi
D. Pernyataan umum
E. Koda

12. Di bawah ini yang tidak termasuk ke dalam isi dari sebuah teks eksplanasi adalah …
A. kesimpulan / intisari dari gagasan yang dibahas
B. konflik pada tokoh-tokoh dalam novel
C. peryataan tantang topik yang sedang dibahas
D. . informasi yang didasarkan pada fakta berkaitan dengan topik
E. generalisasi tentang topik yang sedang dibahas

Bacalah teks berikut!
Belakangan ini gempa bumi menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Indonesia. Sepanjang sejarah umat manusia, gempa selalu saja menimbulkan kerugian baik materil ataupun korban jiwa. Tidak berlebihan rasanya jika dikatakan bahwa fenomena gempa bumi adalah peristiwa yang berdampak secara langsung kepada makhluk hidup tak terkecuali manusia. Hal tersebut menjadikan gempa bumi sebagai salah satu bencana alam yang ditakuti oleh setiap orang.
13. Jika dilihat dari struktur teks eksplanasi, teks tersebut adalah bagian dari …
A. Kronologis (urutan peristiwa)
B. Sebab atau akibat
C. Pengenalan obyek
D. Asal-asul peristiwa
E. Kesimpulan

14. Pidato pada intinya adalah…………..
A. penyajian lisan kepada sekelompok massa
B. berbicara di atas podium
C. pembicaraan tentang masalah social
D. ketrampilan dalam berbahasa lisan
E. bertujuan untuk mempengaruhi orang banyak

15. Ceramah merupakan jenis pidato yang isinya bertemakan…
A. umum
B. sejarah
C. keagamaaan
D. kesosialan
E. kesehatan

16. Pada dasarnya ceramah dan khotbah sama, namun memiliki perbedaan yang signifikan. Perbedaaan tersebut terletak pada…
A. tema
B. narasumber
C. waktu
D. tempat
E. waktu dan tempat

17. Ceramah yang dilakukan secara spontan disebut dengan metode…..
A. impromtu
B. manuskrip
C. memorier
D. membaca naskah
E. ekstemporan

18. Persiapan pertama yang harus dlakukan sebelum ceramah/Khotbah adalah……
A. mensortir materi
B. mengumpulkan bahan
C. menentukan topik atau tujuan pidato
D. pemahaman dan penghayatan materi
E. menyusun materi

19. Kita menyadari bahwa terwujudnya suatu masyarakat tidak dapat dipisahkan dari unsur tetangga sebagai saudara terdekat keluarga dan kerabat sendiri.Tetangga sebagai saudara dekat mempunyai tempat khusus dalam Islam sehingga baik buruknya tetangga merupakan ukuran iman seseorang. Hal ini sebagaimana yang disabdakan baginda nabi Muhammad SAW,"Demi Allah, dia tidak beriman! Orang yang tetangganya tidak aman dari keburukannya.
Penggalan khotbah di atas menekankan pentingnya
A. hidup bermasayarakat
B. berhubungan baik dengan tetangga
C. menjalin silaturahmi dengan orang yang beriman
D. keharusan untuk selalu beriman kepaa Allah
E. menghindari perbuatan yang buruk

20. Bacalah teks pidato berikut!
Pada akhirnya, marilah kita tingkakan amal kita marilah kita tingkatkan amal kita dengan berbuat baik kepada kaum wanita. Kita dudukan kaum wanita sesuai dengan kodratnya, memiliki kesempatan belajar yang luas. Kaum wanita harus memiliki kebebasan dalam mengembangkan tugas kewanitaannya, baik itu menyangkut dengan kepentingan dirinya sendiri, sebagai ibu rumah tangga, maupun dalam hubungannya dengan kemasyarakatan.
Penggalan pidato di atas disajikan dalam bentuk……
A. narasi
B. deskripsi
C. eksposisi
D. argumentasi
E. persuasi

II. Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan tepat!
21. Jelaskan apa yang dimaksud cerita pendek !
22. Jelaskan struktur  isi cerita pendek  !
23. Jelaskan struktur teks prosedur!
24. Jelaskan perbedaan teks prosedur dengan teks eksplanasi!
25. Jelaskanlah contoh kontruksi teks ceramah/khotbah!

Soal teks observasi, eksposisi, dan anekdot

                          LATIHAN SOAL

Mata pelajaran : B. Indonesia
Kelas    : X
Materi  : teks observasi, teks eksposisi, dan teks anekdot

I. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat pada hurup A, B, C, D, E!

1. Berikut yang merupakan struktur laporan observasi adalah...
A. abstraksi, orentasi, krisis, reaksi, dan koda
B. pernyataan pendapat, argumentasi, dan penegasan ulang pendapat    
C. pernyataan umum dan aspek yang dilaporkan
D. pernyataan definisi dan pernyataan umum
E. pernyataan definisi dan pernyataan umum

2. Observasi dapat dilakukan secara langsung dengan cara...
A. melihat C. mendengarkan informasi E. mendapatkan berita
B. membaca D. membaca berita

3. Observasi dapat dilakukan secara tidak langsung dengan cara...
A. mengamati B. mendengarkan C. menyaksikan D. melakukan E. merasakan

4. Teks yang berisi cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya, adalah pengertian dari teks…
A. Teks observasi C. Teks berita lucu E. Teks eksposisi
B. Teks anekdot D. Teks narasi

5. Kita dapat memahami teks anekdot dan dapat memanfaatkannya sebagai sarana untuk...
A. menyelesaikan persoalan-persoalan yang kita hadapi di dunia nyata
B. mempertahankan bangsa agar berpegang tegus terhadap Pancasila
C. sumber aktualisasi diri penggunanya pada konteks sosial-budaya akademis
D. menyampaikan kritik terhadap persoalan-persoalan pada bidang-bidang layanan tersebut
E. memperoleh ilmu pengetahuan melalui pendidikan

6. Struktur teks anekdot yang menggambarkan latar tempat ataupun cerita disebut...
A. abstraksi B. orientasi C. krisis D. reaksi E. koda

7. Struktur teks anekdot yang titik fokusnya yaitu pada bagian inti yang isinya dipelesetkan menjadi humor atau lelucon disebut...
A. abstraksi B. orientasi C. krisis D. reaksi E. koda

8. Yang termasuk kedalam sifat-sifat anekdot secara umum adalah....
A. Aneh B. membosankan C. khayalan D. nyata E. nyaman

9. Teks anekdot merupakan teks yang berdasarkan pada kejadian yang....
A. Aneh B. penting C. sebenarnya D. khayalan E. seperti dongeng

10. Perhatikan urutan berikut ini!
1. Judul
2. Singkat
3. Kekanak-kanakan
4. Aneh
5. lucu
6. Menarik
Dari urutan tersebut yang merupakan unsur dari anekdot adalah...
A. 2, 3, dan 4 C. 1, 2, dan 5 E. 5 dan 6
B. 2, 3, dan 5 D. 3 dan 4

11. Contoh anekdot dalam kehidupan kita sehari-hari dan merupakan perwujudan dari seni adalah...
A. Keramik B. lukis pasir C. karikatur D. lukisan abstrak E. puisi cinta

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal 12-14!
Pejabat Itu Menerima Bukan memberi

Bersama beberapa orang tetangga, termasuk seorang pejabat, Nasrudin berkreasi di sebuah taman. Setelah makan bersama, masing-masing mereka menuju ke sebuah kolam besar untuk mencuci tangan. Celaka, mungkin karena kurang hati-hati, kaki seorang pejabat terpeleset dan dia tercebur ke kolam, semua berusaha menolongnya. “Berikan tangan anda,” kata mereka. Akan tetapi, si pejabat tidak mau memberikan tangannya. Nasrudin yang melihat adegan itu dari tempat yang agak jauh, berteriak sambil mendekat, “Menyingkirlah kalian dari sini! Kalian tidak tahu cara menyelamatkannya. Dalam keadaan hampir tenggelam seperti itu, dia jelas tidak mungkin bisa mendengar ucapan kalian. Apalagi dia seorang pejabat, tentu dia tidak biasa dengan kata-kata ‘berikan’, tetapi ‘terimalah’. Lihat, bagaimana aku bisa menyelamatkannya dengan cepat.” Nasrudin maju sambil mengulurkan tangan. Dia pun berkata,” Ayo Anda terima tanganku.” Barulah si pejabat itu mau meraih tangan Nasrudin kuat-kuat. Akhirnya, dia selamat meski dengan tubuh yang basah kuyup.

12. Cuplikan anekdot di atas bertema…
A. Kegemaran orang-orang kota  mendengaka khotbah Nasruddin
B. Seorang nasruddin yangh akan berkhotbah di depan orang-orang kota
C. Keeganggan Nasruddin berkhotbah ditengah-tengah orang kota
D. Sikap antisipasi orang-orang kato terhadap khotba Nasruddin
E. Kemarahan Nasruddin terhadap sikap para pengundangnya

13. Peristiwa lucu yang tampak pada cuplikan itu adalah….
A. Pejabat yang tidak mau menerima pertolongan orang lain
B. Pejabat yang tidak mau menerima pertolongan  Nasruddin
C. Sikap Nasruddin yang tidak mau menolong pejabat
D. Para pejabat  yang tidak mau memberi tetapi hanya menerima saja.
E. Ketidakberdayaan para pejabat untuk menerima bantuan Nasruddin.

14. Teks di atas layak disebut anekdot karena….
A. Mengandung tema social
B. Disampaikan dalam bentuk cerita singkat
C. Berupa kisah lucu yang menyadarkan
D. Mengandung sindiran-sindiran
E. menceritakan orang terkenal.

15. Persamaan teks anekdot dan cerita Lucu adalah….
A. Sama-sama golongan narasi
B. Sama-sama memakai keterangan waku masa lampau
C. Sama-sama mempunyai tujuan komunikat
D. Sama-sama teks karang bebas
E. Sama-sama  memiliki struktur kalimat

16. Bagian pembuka teks eksposisi adalah...
A. tesis
B. argumentasi
C. Penegasan ulang
D. Awalan
E. Epiog

17. Di bawah ini yang tidak termasuk struktur teks eksposisi adalah…
A. pernyataan umum
B. tesis
C.argumentasi
D. penegasan ulang
E. Pendapat

18. Bacalah secara cermat!
Langkah-langkah menulis sebagai berikut. Pertama, tentukan topik.Kedua, kumpulkan data.* Ketiga, buat kerangka karangan. *Keempat, kembangkan kerangka menjadi tulisan. Kelima, tentukan judul karangan.
Jenis teks eksposisi tersebut adalah ....
A. proses
B. definisi
C. Klasifikasi
D. Perbandingan
E. Sebab-akibat

19. Bacalah secara cermat!
Nelayan di pesisir pantai Sumatra Barat menghadapi musim paceklik. Keadaan ini berlangsung selama dua minggu disebabkan bulan terang dan gelombang laut tinggi. Akibatnya, produksi ikan hasil tangkapan menurun.
Jenis teks eksposisi tersebut adalah ....
A. proses
B. Definisi
C. Klasifikasi
D. Perbandingan
E. Sebab-akibat

20. Judul yang sesuai untuk teks berjenis eksposisi proses adalah ....
A. Ayahku adalah Pahlawanku
B. Bahaya Minuman Beralkohol Tinggi
C. Cintaku Tersangkut di Pohon Mangga
D. Cara Merawat Tanaman Anggrek
E. Ciri-ciri Sekolah yang Baik

II. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan jelas!
21. Jelaskan kaidah  dan  struktur teks anekdot tersebut!
22. Jelaskan persamaan dan perbedaan teks eksposisi dan teks eksplanasi!
23. Jelaskan struktur teks eksposisi !
24. Jelaskan struktur teks observasi!
25. Susunlah contoh teks observasi dengan memperhatikan strukturnya!

Rabu, 03 Mei 2017

Tips Mengatur Keuangan Menjelang Ramadhan


Mengatur Keuangan Menjelang Bulan Ramadhan
Oleh Yeti Mulyati

Marhaban Ya Ramadhan... Marhaban Ya Ramadhan! Kalimat itu menggema saat bulan Ramadhan akan tiba. Berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut bulan suci ini. Namun sering kali orang salah kaprah dalam mempersiapkan menyambut bulan Ramadhan ini. Tanpa memperhatikan keuangan keluarga, belanja berlebih dengan alasan banyaknya diskon. Padahal hal ini membuat mereka terjerembab dalam lingkaran utang.

Memang banyak hal yang harus dipersiapkan dalam menyambut bulan Ramadhan terutama mental dan kondisi fisik. Namun masalah keuangan pun harus dipertimbangkan agar tidak mengganggu kekhusuan kita dalam menjalankan ibadah shaum. Salah satunya yaitu dengan mengelola keuangan semaksimal mungkin. Kita harus mempertimbangkan kondisi keuangan keluarga dan memperhitungkan penghasilan yang akan diperoleh. Oleh karena itu kita perlu membedakan antara kebutuhan dan keinginan sehingga belanja kita akan terkontrol. Berikut  tips untuk mengatur keuanga  ketika menjelang Ramadhan agar menjadi panduan dalam menghadapi bula Ramadhan:
Pertama, merencanakan keuangan untuk bulan Ramadhan. Sebelum memasuki bulan Ramadhan perlu membuat rancangan keuangan selama bulan Ramadhan, mulai dari kebutuhan sehari-hari selama bulan Ramadhan sampai dengan persipan menyambut idul fitri. Hal ini penting agar kita dapat mengontrol kegiatan shopping kita, sehingga pengeluaran dapat disesuaikan dengan penghasilan kita. Dengan demikian kita tidak akan over budget dengan keuangan yang kita miliki.
Kedua, mencatat setiap pengeluaran  agar kita dapat mengontrol pengeluaran apakah sesuai dengan yang direncanakan atau tidak. Selain itu dengan mencatat  pengeluaran kita dapat mengevaluasi keperluan primer dan sekunder.
Ketiga, memilih atau mencatat kategori pengeluaran hari raya. Jika kebutuhan selama Ramadhan sudah dialokasikan keuangannya baru mencatat kebutuhan yang diperlukan untuk menyambut jari raya idul fitri. Biasanya alokasi ini diperoleh dari THR. Namun ingat THR merupakan  uang bonus dari perusahaan atau instansi tempat bekerja guna kebutuhan lebaran. Kebutuhan lebaran termasuk untuk ongkos mudik dan bekal setelah mudik. Inilah yang sering dilupakan orang. Terkadang untuk kebutuhan lebaran orang terlalu fokus pada baju lebaran, kue lebaran, oleh-oleh untuk sanak saudara dan kebutuhan lainnya. Mereka jarang mempertimbangkan ongkos mudik pulang-pergi dan kebutuhan setelah lebaran. Inilah yang membuat orang bangkrut setelah lebaran.
Keempat, mengenali Hukum Permintaan dan Penawaran. Hal ini penting untuk para ibu untuk membuat rancangan keuangan khusus pada bulan Ramadhan. Kita perlu ingat bahwa permintaan kebutuhan pokok saat lebaran sangat tinggi. Berdasarkan hukum permintaan dan penawaran, apabila permintaan tinggi maka harga akan tinggi pula. Inilah yang menyebabkan harga kebutuhan pokok pada saat Ramadhan terutama menjelang lebaran tidak terkendali meskipun pemerintah selalu berusaha untuk menstabilkan harga. Berdasarkan fenomena tersebut alangkah baiknya Anda membuat budget keuangan lebih besar dari bulan-bulan biasa.  jika memungkinkan Anda dapat belanja kebutuhan pokok yang tahan lama jauh-jauh hari sebelum Ramadhan karena biasanya harga melonjak tinggi menjelang hari pertama Ramadhan.
Kelima, jalankan Rencana! Setelah rencana matang, Anda dapat menjalankan rencana secara real. Namun ingat jika rencana tidak dijalankan percuma membuat rancangan belanja Ramadhan. Ingat jangan tergiur dengan promo atau diskon yang akan membuat rancangan belanja Anda berantakkan. Kecuali barang yang  dipromokan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.
Demikianlah tips yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi bulan Ramadhan tahun ini. Dengan persiapan ini diharapkan Anda dapat beribadah dengan khusyu. Selain itu dengan persiapan ini dapat mendisiplinkan diri dalam mengatur keuangan keluarga. Jadi tips ini dapat Anda jalankan dalam bulan-bulan biasa dengan rancangan disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan pengaturan keuangan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan sesuia dengan penghasilan yang diperoleh setiap bulannya. Bahkan diharapkan Anda dapat memperbesar tabungan keluarga Anda. 

Sabtu, 01 April 2017

Perbedaan Pantun dan Karmina

Curahan Hati dan Harapan Anak untuk Bunda

Bawa minyak dari gudang
Aku senang mamah datang

Dari tadi makan durian
Jangan biarkan aku sendirian

Jalan-jalan ke sayang heulang
Aku butuh kasih sayang

Membeli kursi dengan meja
Di simpan di tengah gelanggang
Mamah boleh sibuk bekerja
Tapi anakmu butuh kasih sayang

Air mengalir dalam keran
Ditambah minyak dalam curahan
Harta benda bukan ukuran
Perhatianmulah yang ku harapkan

Perbedaan antara Pantun dan Karmina

Pantun merupakan jenis puisi lama yang terikat oleh aturan. Sesuai dengan perkembangan budaya dan sosial pada masyarakat kini pantun mengalami pergeseran dari aturan bakunya. Dalam ilmu bahasa hal tersebut sah-sah saja karena bahasa bersifat arbitrer (manasuka). Hal tersebut  menjadi sumbangan yang berharga bagi perkembangan ilmu pengetahuan terutama untuk perkembang ilmu bahasa khususnya bahasa Indonesia. Kini pantun bukan dalam bentuk bahasa Melayu saja, bahkan dikembangkan dalam bahasa Indonesia ragam non formal. setiap orang dapat mengungkapkan perasaannya melalui pantun layaknya seperti puisi modern. Malahan pantun sering digunakan para selebritis untuk acara iklan atau pun bodoran. Dari segi bentuknya pantun mengalami metamorfosis menjadi pantun kilat atau disebut juga karmina. Berikut aturan penulisan pantun dan karmina.

Ciri-ciri Pantun
  • Satu bait terdiri atas empat larik (baris) yang terdiri dari sampiran (larik ke-1 dan 2) dan isi (larik ke-3 dan 4).
  • Setiap larik terdiri atas 8 sampai 12 suku kata (8n-12n)
  • Setiap larik memiliki pola rima (bunyi akhir) dengan pola a-b-a-b 

Ciri-ciri Karmina
  • Satu bait terdiri atas dua larik (baris) yang terdiri dari sampiran (larik ke-1)  dan isi (larik ke-2).
  • Setiap larik terdiri atas 8 sampai 12 suku kata (8n-12n)
  • Setiap larik memiliki pola rima (bunyi akhir) dengan pola a-b





Merawat Kecantikan Itu Tak Perlu Mahal Lho!



Tampil Cantik Alami Warisan Nenek Moyang
Oleh Yeti Mulyati

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengantarkan manusia menuju cara hidup yang lebih instan. Mulai dari makanan, minuman, obat-obatan bahkan sampai dalam hal perawatan kecantikan semua dapat dilakukan secara cepat dan akurat. Hal tersebut tidak bisa kita tampikkan karena dengan serba instan itu membantu kita untuk melakukan pekerjaan yang efektif dan efisien. Apalagi ditengah kesibukkan yang selalu menghampiri kita. Namun ada hal lain yang harus kita pertimbangkan yaitu dampaknya bagi kesehatan kita. Bolehlah kita mengikuti cara instan namun tidak boleh keseringan. Cukuplah kita lakukan ketika kita sedang terburu-buru. 

Hal yang penting untuk hidup sehat yaitu menjaga kecantikan. Banyak produk kosmetik yang dapat menyulap kita menjadi seorang bidadari. Hal tersebut boleh? Boleh saja namun hanya untuk sesekali saja, misalnya untuk momen penting seperti pernikahan, acara wisuda, acara ulang tahun atau yang lainnya. Itu pun jika sudah selesai secepatnya dibersihkan karena bekas make up yang menempel pada kulit wajah kita  akan mengendap dan menutup pori-pori kulit. Nah untuk keseharian lebih baik kita menjaga kecantikan secara alami karena cara ini sangat aman untuk kesehatan kita. Kalian tidak percaya tampil cantik tanpa kosmetik? Lihat saja putri-putri keraton zaman dulu mereka terlihat cantik dan ayu padahal pada saat itu belum ada pabrik-pabrik kosmetik. Mereka melakukan perwatan secara alami dan resep rahasiahnya diwariskan secara turun temurun. Apa saja resep rahasiahnya? Yuk kita intip bersama-sama.

Cara Melembutkan Wajah
Untuk melembutkan wajah para putri keraton biasanya menggunakan manfaat ekstrak buah-buahan. Misalnya menggunakan pepaya yang dijadikan masker pada kulit wajah. Pepaya mengandung vitamin C yang berfungsi untuk melembutkan dan memutihkan kulit wajah. Atau bisa juga menggunakan bengkuang. Dengan menggunakan kedua buah ini pasti kulit Anda akan lebih cerah, lembut, putih alami. Caranya mudah, Anda tinggal tumbuk atau parut pepaya atau bengkuang kemudian ratakan pada wajah. Tunggu selama 15 menit sampai sari-sari pepaya atau bengkuang meresap ke dalam kulit. Setelah 15 menit basuh muka dengan air es. Lakukan setiap hari wajah Anda akan terlihat cerah, halus dan lembut. Dengan menggunakan cara ini Anda akan terhindar dari efek kosmetik.  

Cara Menyuburkan Rambut
Pancaran kecantikan dapat didukung oleh keindahan rambut. Rambut merupakan mahkota wanita. Dengan rambut yang indah dapat memancarkan kecantikan. Pada zaman modern ini banyak minyak rambut yang dapat menghitamkan, anti dendruff, atau untuk melembutkan rambut. Tahukah Anda dari berbagai macam minyak rambut ternyata memberi efek cepat beruban sehingga akan terlihat tua dari usia sebenarnya. Namun lihat pada zaman dahulu jarang orang tua usia 50 tahunan beruban. Tapi kini anak SMP pun rambutnya sudah mulai  beruban. Itu karena efek dari minyak rambut. Padahal kita dapat menggunakan kekayaan alam di sekitar kita, misalnya menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan ketombe. Penggu aannnya mudah kita tinggal  menggosokkan lidah buaya pada kulit kepala. Atau menggunakan ginseng atau daun pandan untuk menghitamkan rambut. Ginseng atau daun pandan ditumbuk kemudian peras airnya, oles-oles pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat-pijat. Atau dapat juga menggunakan air teh yang sudah diembunkan. Ini bermanfaat untuk menghitamkan dan melembutkan rambut. 

Melembutkan dan Menghilangkan Bau Badan
Anda bermasalah dengan bau badan? Lakukanlah cara putri keraton yaitu dengan cara mandi dengan menggunakan bunga mawar atau sedap malam. Kedua jenis bunga ini memilimi keharuman yang alami. Jadi sebelum mandi masukkan kedua bunga ini ke dalam bak mandi. Lalu mandikan pada badan Anda. Namun lebih baik berendam terlebih dahulu agar keharumannya lebih sempurna. Setelah mandi Anda akan merasakan kesegaran yang tiada tara.

Memerahkan Bibir

Pada saat ini produk lipstik berseliweran meramaikan dunia kosmetik. Namun pernahkah Anda merasakan pada saat bibir tanpa lipstik terasa kering. Nah itulah akibat dari ketergantungan pada lipstik. Putri keraton zaman dulu tak pernah mengenal lipstik namun bibir mereka terlihat merah dan seksi. Padahal caranya mudah, Anda secara rutin mengolesi bibir dengan madu setiap malam sebelum tidur. Dengan demikian bibir Anda kelembabannya akan terjaga.

Nah itulah cara-cara alami agar tetap tampil cantik dan terbebas dari kerusakan akibat salah memilih kosmetik. Cara tradisional pun terhitung instan hanya beda beberapa menit saja dengan menggunakan kosmetik. Coba bandingkan dengan Anda yang datang ke salon. Mereka harus mengantri terlebih dahulu kemudian melakukan perawatan yang waktunya membutuhkan satu sampai dua jam. Apakah itu tidak termasuk lama? Jadi tampil cantik secara alami akan menghindarkan kita dari efek bahaya kosmetik. Selain itu tidak memerlukan biaya mahal karena semua bahan tersedia di sekitar kita. Yang terpenting di sini adalah rutinitas dan kedisiplinan untuk merawat kecantikkan.

Senin, 27 Maret 2017

Manfaat dan variasi olahan udang

Konsumsi Udang Beribu Manfaat Sejuta Keuntungan 
untuk Perkembangan Otak Anak
Oleh Yeti Mulyati

Bunda tahukah zat-zat yang terkandung dalam udang? Mendengar kata udang sebagian anak akan bergidig karena bau amisnya yang menyengat sedangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat baik untuk mendukung perkembangan otak anak. Misalnya sebagai sumber vitamin  sebagai daily value yaitu vitamin D (38%), vitamin B12 (19%), Niacin (13%), vitamin E (5%), vitamin B6 (5%), vitamin A (4%), vitamin C (3%), dan lain-lain. Selain itu udang juga sebagai sumber mineral yang penting bagi tubuh yaitu selenium dalam 100 gr udang segar cukup untuk memenuhi 54% kebutuhan harian, disusul fosfor (20%), zat besi dan tembaga (masing-masing 13%), magnesium (9%), zinc (7%), sodium (6%), potassium dan kalsium (masing-masing 5%).


Nah sekarang bunda perlu mengetahui manfaat udang bagi kecerdasan otak anak. Di sini bunda harus melatih anak agar suka dengan udang dengan cara memperkenalkan anak sejak balita dengan aneka masakan udang, misalnya bubur udang, sup udang, kerupuk udang, dan jenis olahan udang lainnya yang dapat dicerna oleh balita. Eit! Namun bunda harus hati-hati jika anak mengalami alergi dengan jenis makanan ini jangan dipaksakan. Bunda dapat mengkonsultasikan dengan dokter yang ahli di bidangnya. Untuk memperkaya pengetahuan bunda tentang udang, yuk kita simak beberapa manfaat udang bagi kesehatan anak.
  1. Udang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan balita dan anak karena didalamnya mengandung Omega 3 yang sangat diperlukan untuk perkembangan otak anak.
  2. Udang mengandung protein yang sangat tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk metabolisme tubuh serta sebagai sumber energi untuk menunjang aktivitas anak. Seperti kita ketahui  anak pada usia balita sangat aktif sehingga membutuhkan energi yang ekstra. Dengan banyak mengkonsumsi udang persipan energinya lumayan sehingga anak tidak terlihat lesu.
  3. Usia anak adalah masa pertumbuhan baik pertumbuhan tulang maupun gigi. untuk mendukung pertumbuhan ini sangat tepat mengkonsumsi udang karena dalam udang mengandung vitamin D, Kalsium, dan Kalium.
  4. Udang juga dapat menghindarkan anak Anda dari anemia karena dalam udang terkandung mineral berupa zat besi dan seng yang sangat tinggi.
  5. Selain itu udang juga dapat menjaga kesehatan jantung dan mencegah terjadinya penggumpalan darah karena di dalam udang terkandung asam lemak esensial. 
Maka jelaslah bahwa udang sangat bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang anak baik untuk perkembangan otak maupun untuk perkembangan tubuhnya. Oleh karena itu kewajiban bundalah untuk membiasakan anak agar suka dengan makanan sea food ini. Tentunya untuk membiasakan anak suka dengan makanan sea food ini, bunda harus lebih kreatif dalam mengolahnya sehingga tidak membuat anak jenuh. Misalnya diolah menjadi saos tomat udang. Jenis olahan ini pasti disukai anak-anak juga cocok untuk balita. Saos tomat udang ini dapat dipadupadankan dengan makanan lain, misalnya bubur, nasi tim, gorengan tempe, tahu dan makanan lain yang disukai anak. sekarang kita intip yuk resepnya!
Saos Tomat Udang

Bahan-bahan yang diperlukan
  • 500 gram tomat merah
  • 7 buah udang dibuang kulit dan kepalanya
  • 4 siung bawang putih
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya

Cara pengolahan:
  • Rebus tomat sampai kulitnya pecah kemudian buang kulitnya.
  • Rebus udang sampai berubah warna kuning.
  • Masukkan tomat dan udang yang telah direbus tadi ke dalam blender beserta bawang putih.
  • Tambahkan air rebusan ke dalam blender, kemudian blender sampai halus.
  • Selanjutnya  masak di atas api sedang sampai saos terlihat meletup-letup.
  • Masukkan garam dan gula pasir secukupnya.
  • Angkat dan dinginkan. Saos tomat udang siap disajikan!
  • Saos dapat disimpan di kulkas dengan kekuatan selama 1 minggu.Selamat mencoba!





Senin, 13 Maret 2017



Peranan Orang Tua untuk Mencapai Keberhasilan Ujian Nasional
Oleh Yeti Mulyati

 
Siaga menghadapi Ujian Nasional 2016-2017
Pelaksanaan Ujian Nasional sudah di pelupuk mata, tentunya bunda sudah mempersiapkan segala sesuatu untuk persiapan anak dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Namun apa jadinya jika melihat anak santai-santai saja dengan game dan film favorit mereka. Tak terlihat mereka belajar selama di rumah. Mereka hanya mengandalkan belajar di sekolah dan di tempat bimbel saja. Itupun jika selama di sekolah atau di tempat bimbel  mereka belajar dengan benar. Lalu apa yang harus bunda lakukan?
Melihat fenomena tersebut tidak bijak jika bunda menyebutnya anak malas, memarahinya, atau  mengomelinya. Hal tersebut tidak akan menyelesaikan masalah, malah anak akan merasa terkekang sehingga mereka akan berusaha untuk memberontak. Untuk mengatasi hal tersebut bunda tak perlu panik, marah sana sini, mencari biang kesalahan. Malas bukanlah identitas. Setiap orang pasti pernah merasakan malas, baik anak kecil, remaja, orang dewasa, atau pun orang tua. Untuk mengusir rasa malas tersebut diperlukan motivasi. Di sini bunda harus menemukan motivasi yang tepat untuk membuang rasa malas pada anak dan melahirkan produktivitas. Pertama yang harus bunda lakukan adalah memahami kesiapan anak. Bunda harus menyadari beberapa aktivitas yang dapat dilakukan anak sesuai dengan usianya. Jangan sampai bunda menyuruh anak melakukan kegiatan yang tidak mampu dia lakukan. Begitu pula dalam belajar. Bunda harus dapat memahami kesulitan anak dalam belajar. Bisa jadi anak malas belajar karena materi yang telah dipelajari sangat sulit. Oleh karena itu, selama anak belajar di rumah lebih baik bunda mendampinginya. 
 Langkah kedua bunda harus mengajarkan atau memandu anak agar dapat memprioritaskan kegiatan yang lebih penting. Dalam hal ini anak masih memiliki hak untuk bermain namun dapat menyusun prioritas sehingga belajar dan bermain masih tetap bisa berjalan. Misalnya pulang sekolah kadang anak langsung bermain game, atau anak SMP chatting atau anak yang terlalu rajin pulang sekolah langsung mengerjakan PR. Itu juga salah karena perut mereka memiliki hak untuk diisi. Bunda dapat memandu mereka untuk makan, kemudian istirahat sambil bermain. Jika waktu sudah cukup untuk melepas lelah baru bunda mengingatkan mereka untuk belajar.Hal ini lebih efektif dibandingkan sepulang sekolah mengikuti bimbel sehingga mereka merasa cape dan waktu main mereka tersita. Untuk anak SMA okelah untuk tidak main, namun bagi anak SD akan menjadi masalah karena mereka akan kehilangan masa kanak-kanak.
Ketiga yaitu menyingkirkan distructure atau pengganggu. Banyak anak yang malas ketika mereka disuruh belajar yang diakibatkan oleh kegemarannya. Ketika waktu belajar bunda dapat menyingkirkan benda pengganggu tersebut dan berjanji akan mengembalikannya setelah selesai belajar. Disini bunda harus bersifat tegas dan konsisten, dengan kekonsistenan terhadap peraturan ini anak sudah terbiasa dan tidak akan menolak terhadap peraturan bunda.
 Keempat menumbuhkan rasa percaya diri anak. Anak akan terlahir menjadi anak yang penuh rasa percaya diri jika pujian sering terlontar pada mulut bunda. Jangan sekali-kali mengeluarkan kata-kata yang dapat meremehkan kemampuan anak apalagi dengan membandingkan dengan anak tetangga, hal itu akan melenyapkan antusiasme  belajar anak. Sekecil apapun pekerjaan anak bunda harus mengapresiasinya dengan pujian. Oleh karena itu berilah kesempatan pada anak untuk mengerjakan PR sendiri, baru setelah anak menyerah kita membantu untuk menjelaskannya sampai anak paham. Dalam hal ini bunda harus serba pintar. Bila kemampuan bunda terbatas, bunda dapat menyewa guru privat.
Itulah beberapa motivasi yang dapat bunda lakukan pada anak, terutama untuk menghadapi Ujian Nasional. Dengan melatih anak untuk belajar secara rutin, anak tidak akan kesulitan dalam mengikuti materi pelajaran. Selain itu dengan tips ini bunda dapat membunuh rasa malas pada anak dan melahirkan produktivitas. Tentunya tips ini tidak akan berhasil jika tidak didukung dengan kesabaran bunda dalam membimbing anak dalam belajar. Menyuruh saja tidak cukup, anak membutuhkan perhatian, bimbinganm perlindungan, serta teladan dari orang tua. Jadilah bunda super untuk anak-anaknya. Jadilah bunda yang dapat menumbuhkan motivasi bukanlah orang tua pendikte.