Siapkan Diri Nilai Tertinggi UTBK!
Untuk mempersiapkan diri mengikuti SBMPTN 2022 dengan nilai UTBK tertinggi sehingga dapat masuk ke PTN yang diidam-idamkan.
Memilih Tempat Liburan yang Tepat untuk Anak
Para orang tua diharapkan dapat memilih tempat liburan untuk anak-anaknya yang bernilai pendidikan.
Contoh Format KKM
Untuk aplikasi penghitungan KKM dapat disimak di youtube dengan link https://youtu.be/npQGdI2LcXQ
Contoh Format Jurnal/ Agenda Harian Guru
Untuk aplikasi jurnal/ agenda harian guru dapat disimak di youtube dengan link berikut https://youtu.be/cpDCN-G0X48
Minggu, 13 Februari 2022
Kamis, 27 Januari 2022
MENGENAL LEBIH DEKAT KURIKULUM PROTOTIPE
PEMBAGIAN FASE PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM PROTOTIPE
Guru Tak Perlu
Menyusun RPP Lagi!
Pada Tahun Pelajaran
ini kurikulum prototype belum diterapkan secara merata pada setiap sekolah.
Pihak pemerintah memberikan keleluasaan pada tiap satuan pendidikan untuk
memilih kurikulum yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah
masing-masing. Namun demikian, para pemangku satuan pendidikan perlu mengetahui
dan memahami alur dari kurikulum prorotipe ini sebagai bahan pertimbangan
selanjutnya.
Dalam kurikulum prototype dikenal istialah KOSP yaitu
singkatan dari Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. Sebelumnya pada
kurikulum 2013 istilah ini dikenal dengan KTSP atau Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan. Dalam KOSP terdapat Capaian Pembelajaran (CP) kalau dalam kurikulum
2013 setingkat dengan KI/ KD. Capaian Pembelajaran (CP) dijabarkan dalam
kurikulum opernasional. Dalam kurikulum
operasional dijabarkan tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran.
Kurikulum operasional dan alur tujuan pembelajaran memiliki fungsi yang sama
dengan silabus yaitu sebagai perencanaan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dan
alur tujuan pembelajaran dimuat dalam modul ajar. Modul ajar ini merupakan
perangkat pembelajaran yang lengkap yang telah disediakan oleh pemerintah.
Modul ajar ini dapat dipadankan dengan RPP namun komponennya lebih lengkap dari
pada RPP. Dengan demikian kurikulum prototype ini tidak membebani para guru
untuk menyusun RPP.
Kurikulum prototype memiliki tujuh fase Capaian Pembelajaran
(CP) yang akan dilewati oleh setiap jenjang satuan pendidikan. Fase pertama
yaitu fase pondasi. Fase ini terdapat pada usia pra sekolah dan taman
kanak-kanak. Capaian Pembelajaran (CP) pada fase ini yaitu “merdeka bermain,
merdeka belajar. Belajar-bermain berbasis buku bacaan anak”. Pada fase ini anak
bereksplorasi dengan lingkungan sekitar, sentra, kelompok, area, dan
sebagainya.
Fase kedua yaitu fase A. Fase ini untuk jenjang kelas I dan II
SD/ MI. Fase ketiga yaitu fase B pada jenjang kelas III dan IV SD/ MI. Fase
keempat yaitu fase C pada jenjang kelas V dan VI SD atau MI. Pada fase A, B, C
atau pada jenjang SD ini terjadi perubahan mata pelajaran yaitu mata pelajaran
IPA dan IPS digabung menjadi pelajaran IPAS yaitu Ilmu Pengetahuan Alam dan
Sosial. Untuk pengorganisasian muatan pelajaran dapat memilih menggunakan
temati atau berbasis mata pelajaran. Hal ini diserahkan pada sekolah
masing-masing.
Selanjutnya fase kelima yaitu fase D terdapat pada jenjang
SMP/ MTs kelas VII,VIII, dan IX. Pada fase ini pelajaran computer dijadikan
pelajaran wajib. Adapun guru yang mengajar boleh guru yang latar belakang
pendidikan bukan jurusan computer namun memiliki kemampuan yang mumpuni.
Keenam fase E terdapat pada jenjang SMA/ MA kelas X. Pada
fase ini belum ada peminatan. Semua siswa mengampu semua mata pelajaran wajib
termasuk mata pelajaran IPA yaitu Fisika,Kimia, dan Biologi serta pelajaran IPS
yaitu Sosiologi, Ekonomi, Sejarah dan Geografi. Pada fase ini siswa
mempersiapkan diri untuk memilih jurusan peminatan nanti di kelas XI. Di sini siswa
harus berkonsultasi dengan guru BK.
Fase terakhir yaitu fase F terdapat pada jenjang SMA/ MA
kelas XI dan XII. Pada fase ini siswa memilih mata pelajaran dari minimum 2
kelompok pilihan. Adapun kelompok mata pelajaran yang direkomendasikan yaitu:
1. MIPA yang meliputi
mata pelajaran Matematika Peminatan, Fisika, Kimia, Biologi, dan Informatika.
2. IPS yang meliputi mata pelajaran Sosiologi, Antropologi,
Ekonomi, dan Geografi.
3. Bahasa dan Budaya meliputi mata pelajaran Bahasa dan
Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, dan Bahasa Asing lainnya.
4. Vokasi/ Karya kreatif meliputi mata pelajaran Budidaya,
rekayasa dan sebagainya.
5. Seni dan Olah raga. Untuk kelompok mata pelajaran ini
khusus untuk sekolah-sekolah yang ditetapkan pemerintah.
Itulah hal-hal yang perlu diketahui oleh para pemangku
pendidik untuk menentukan kebijakan pada setiap satuan pendidikan. Tentunya
melalui berbagai pertimbangan dan aspek-aspek pendukung.
KEBIJAKAN KURIKULUM PROTOTIPE 2022
Senin, 24 Januari 2022
TES POTENSI SKOLASTIK UTBK II
TES POTENSI SKOLASTIK I
PENALARAN VERBAL DAN PENGGUNAAN BAHASA
A. Penalaran Verbal
Penalaran verbal merupakan salah satu Tes Potensi Skolastik
(TPS) untuk mengukur kemampuan siswa dalam pemahaman bahasa dengan menggunakan
dua penalaran dalam bentuk-bentuk konsep yang dibingkai dalam kata-kata
sederhana. Penalaran verbal ini meliputi tes padanan kata (sinonim), tes lawan
kata (antonym), dan tes analogi verbal.
1. Sinonim
Sinonim
atau padanan kata merupakan persamaan makna kata. Tes padanan kata ini
bertujuan untuk menilai kemampuan siswa mencari kata yang bermakna sama atau berdekatan maknanya.
Contoh:
NANAR= ….
A. kosong B.
bingung C. berani D. tajam E. sombong
Jawaban: B
Nanar dalam KBBI bermakna berasa pusing, agak hilang akal,
tercengang-cengang atau bingung. Jadi makna yang mendekati adalah bingung.
Jumat, 31 Desember 2021
Cara Daftar UTBK-SBMPTN dan Jadwal Pendaftarannya
Sambut Tahun Baru 2022 dengan Semangat UTBK 2022
Pada akhir tahun 2021 ini sebagian
besar orang sedang mempersiapkan acara untuk menyambut tahun baru 2022. Euforia
ini sudah lazim dilakukan setiap tahun. Berbagai acara diplanning mulai dari
acara bersama kantoran, organisasi, keluarga, sahabat, dan perkumpulan lainnya.
Terompet kemenangan disiapkan jauh-jauh hari untuk didengungkan nanti pukul
24.00 WIB pada akhir tahun untuk menyambut tahun baru.
Eits, untuk para kaula muda
khususnya kelas 12 jangan terlena dengan euphoria tersebut karena ada PR yang
harus kalian kerjakan pada tahun 2022 ini. PR apa ya? PR untuk menentukan masa
depan kalian yaitu UTBK. Pintu gerbang UTBK sudah mulai dibuka. Oleh karena itu
kalian harus mempersiapkan diri mulai dari mental, ilmu, dan biaya.
Apa saja yang harus dipersiapkan
pada bulan Januari ini? Pertama kalian harus sudah mulai cek and ricek kuota jurusan yang akan kamu pilih. Ini penting untuk
membuat strategi mengikuti UTBK. Kalau kamu yakin dengan kuota jurusan yang akan kamu ampu masuk dengan
perkiraan nilai UTBK (hasil try out), maju terus pantang mundur. Namun jika
kamu tidak yakin, buat planning cadangan dengan mengambil jurusan alternative yang
sesuai dengan hasil try out UTBK kamu!
Kedua kamu harus mengecek apakah
kamu sudah terdaftar di akun LTMPTN? Tahap kedua ini sangat penting sebagai
gerbang menuju SBMPTN. Untuk pengecekkan akun LTMPTN ini dapat dikonsultasikan
dengan pihak sekolah tempat kamu belajar. Berikut tahapan pendaftaran UTBK 2022
secara lengkap:
- Registrasi
akun LTMPT. Tahapan ini wajib dilakukan oleh semua calon pendaftar
UTBK-SBMPTN dengan menggunakan NISN, NPSN, dan tanggal lahir di laman https://portal.ltmpt.ac.id.
- Melakukan
login dengan menggunakan akun LTMPT di https://portal.ltmpt.ac.id
- Memilih
menu verifikasi dan validasi data. Pada bagian ini mengisi biodata, unggah
pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata.
- Memilih
menu pendaftaran UTBK-SBMPTN. Pada bagian ini kamu harus melengkapi
biodata, memilih program studi, mengunggah portofolio, memilih pusat UTBK
PTN, dan mendapatkan slip pembayaran.
- Membayar
di bank. Biaya UTBK tahun 2022 untuk
Saintek dan Soshum sebesar Rp. 200.000,- dan untuk ujian campuran
sebesar Rp. 300.000,-. Untuk pembayaran biaya dilakukan di Bank Mitra seperti bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN dengan
menggunakan slip pembayaran yang harus dilakukan paling lambat 1x24 jam. (Bagi jalur KIP kuliah tidak akan
dipungut biaya pendaftaran. Jadi poin
5 akan dilewat lansung ke poin 6).
- Mencetak
kartu peserta UTBK-SBMPTN dengan cara login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id
memilih menu pendaftaran UTBK-SBMPTN.
- Mengikuti
UTBK dengan jadwal sesuai dengan informasi yang tertera dalam kartu
peserta UTBK-SBMPTN.
Itulah langkah-langkah
pendaftaran UTBK-SBMPTN yang harus kalian pahami. Jika ada kendala kalian harus
menghubungi orang yang kompeten
dibidangnya, misalnya operator sekolah atau panitia pendaftaran di sekolahmu.
Selain itu kalian juga harus
mengetahui jadwal tahap-tahap sebelum pelaksanaan UTBK-SBMPTN, berikut
jadwalnya:
- Tanggal
14 Februari- 17 Maret 2022 registrasi akun LTMPT.
- Tanggal
1 Desember 2021- 15 April 2022 sosialisasi UTBK-SBMPTN.
- Tanggal
23 Maret- 15 April 2022 pendaftaran UTBK-SBMPTN.
- Tanggal
17-23 Mei 2022 pelaksanaan UTBK gelombang I.
- Tanggal
tanggal 28 Mei- 03 Juni 2022 pelaksanaan UTBK gelombang II.
- Tanggal
23 Juni 2022 pengumuman hasil SBMPTN.
- Tanggal
25 Juni-31 Juli 2022 masa unduh sertifikat UTBK .
Setelah kalian mengetahui dan
memahami tahapan-tahapan pendaftaran UTBK-SBMPTN dan mengetahui jadwalnya,
Siapkan diri untuk memahami semua materi
yang berhubungan dengan UTBK. Awali tahun baru ini dengan belajar, belajar
dan belajar. Berakit-rakit dahulu berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit
dahulu bersenang-senang kemudian. Semangat, semoga berhasil!
Rabu, 29 Desember 2021
Sabtu, 25 Desember 2021
Jumat, 24 Desember 2021
Rabu, 22 Desember 2021
Senin, 15 November 2021
Siapkan Diri Nilai Tertinggi UTBK!
Lolos SBMPTN 2022!
Hai.. hai adik-adik, apa kabarnya? Bagaimana persiapan SBMPTN-nya? Wah sudah tak terasa ya, sekitar 5 bulanan lagi kalian akan menghadapi UTBK. Biasanya UTBK digelar sekitar bulan April. Nah kalian harus pasang strategi dari sekarang. Bagaimana strateginya menghadapi UTBK, lolos SBMPTN? Yuk ikuti terus blog saya ini!
Pada dua hari yang lalu saya telah meluncurkan artikel yang berisi keselarasan antara anak dan orang tua untuk lolos SBMPTN. Nah, jika telah terjadi keselarasan antara orang tua dan siswa, semua dikembalikan pada usaha adik-adik untuk mencapai tujuan lolos SBMPTN. Di sini adik-adik harus membuat rancangan kegiatan belajar yang efektif untuk mengoptimalkan waktu yang tersisa lima bulan lagi. Ya, walaupun tergolong telat tidak apalah daripada tidak sama sekali. Strstegi apa sih yang harus disiapkan?
MOTIVASI
Sebetulnya untuk pasang strategi dikembalikan pada motivasi adik-adik. Sebaik apapun strategi jika motivasi kurang tidak akan berhasil. Jadi trik yang pertama adalah tanamkan dan tekadkan pada diri masing-masing “Saya harus lolos SBMPTN dengan nilai UTBK yang terbaik”. Jika perlu kalimat itu tulis pada kertas dengan ukuran huruf besar, kemudian tempel di ruangan yang sering kita lewati atau yang sering kita pakai, misalnya di kaca cermin.
BUAT JADWAL BELAJAR
Selanjutnya strategi kedua, adik-adik harus merancang jadwal belajar. Jadwal belajar harus dibagi dua, yaitu belajar untuk pelajaran sekolah dan belajar khusus untuk menghadapi UTBK. Mengapa harus terpisah? Sesuai dengan pengalaman, soal-soal UTBK akan berbeda dengan ujian-ujian di sekolah. Meskipun basicnya materi dari sekolah namun soal-soal UTBK lebih condong ke analitik yang membutuhkan kecerdasan literasi yang lebih tinggi. Oleh karena itu untuk belajar persiapan UTBK lebih baik dengan mengerjakan soal-soal tahun lalu. Kegiatan ini dapat dilakukan secara off line atau on line. Misalnya off line dengan cara download soal-soal dan cara penyelesaiannya kemudian dipelajari sendiri. On line, misalnya dengan mengikuti bimbel on line atau melihat video-video cara menyelesaikan soal UTBK.
CARI TUTOR UNTUK MEMBIMBING BELAJAR KITA
Bagaimana pun cerdasnya anak, pasti akan membutuhkan seseorang untuk berkonsultasi. Ini sesuai dengan fitrahnya, bahwa manusia sebagai makhluk social. Oleh karena itu cari pembimbing yang dapat menunjukkan arah cara belajar kita atau memecahkan soal yang benar-benar tidak kita pahami. Untuk mencari tutor ini lebih baik mengikuti bimbingan belajar di lembaga-lembaga yang terpercaya di daerah adik-adik. Untuk mencari lembaga bimbel ini bisa referensi dari kakak kelas yang sudah lulus atau testimony dari siswa-siswa yang sudah lolos ke PTN. Jangan asal-asalan dalam memilih lembaga bimbel karena ini menentukan masa depan adik-adik.
IKUTI TRY OUT UTBK SECARA RUTIN
Untuk mengecek kemampuan kita, terutama untuk mengukur passing grade, adik-adik harus mengikuti try out UTBK. Try out ini dapat diikuti secara off line atau pun on line. Untuk off line biasanya diadakan secara rutin oleh lembaga bimbingan belajar. Untuk on line juga ada, adik-adik dapat mengecek di internet, banyak lembaga bimbel yang mengadakan secara on line juga.
DISIPLIN
Untuk strategi yang terakhir merupakan strategi yang paling penting, yaitu disiplin waktu. Disiplin ini sangat berhubungan erat dengan poin pertama yaitu motivasi. Jika motivasi seseorang besar dan kuat pasti akan taat pada jadwal belajar yang sudah dirancang. Motivasi dan disiplin ini merupakan kemampuan intern yang dapat muncul pada diri masing-masing pelajar. Namun disiplin juga dapat ditingkatkan dengan pantauan dari orang-orang terdekat, misalnya orang tua. Di sini peran keluarga sangat penting untuk memantau kedisiplinan adik-adik.
Itulah strategi yang dapat adik-adik lakukan dalam mengoptimalkan waktu yang singkat ini. Semuanya dikembalikan pada diri masing-masing. Sebagus apapun strategi, sekeren apapun tempat bimbel tidak akan ada pengaruhnya jika adik-adik masih berleha-leha. Selamat berjuang!
Kamis, 11 November 2021
Lolos
PTN 2022? Intip Yuk!
Oleh
Yeti Mulyati, S.Pd.
Halo para sesepuh dan adik-adik kelas XII! Sekarang kita
sudah masuk ke penghujung tahun atau penghujung semester ganjil. Sekedar
mengingatkan sekitar awal semester genap tepatnya sekitar bulan Februari , PTN di Indonesia sudah mulai
mengepakkan sayapnya. Setiap sekolah baik negeri maupun swasta harus
mendaftarkan akun sekolah sebagai gerbang adik-adik kita untuk masuk ke PTN.
Nah, yang menjadi pertanyaan, sudah siapkah adik-adik menghadapi SBMPTN tahun 2022?
Bagi siswa yang berprestasi di sekolah, masih mendapatkan
kesempatan untuk mengikuti SNMPTN. Namun
itu pun belum menjamin lulus karena masih banyak saingan dari sekolah-sekolah
favorit lainnya. Oh iya adik-adik atau para sesepuh tahu kan apa itu SBMPTN dan
SNMPTN? Nah sekarang kita akan kupas
satu per satu sebelum kita membahas tips dan trik lolos PTN 2022.
Perlu diketahui oleh para siswa dan para orang tua
tentang SNMPTN dan SBMPTN. SNMPTN adalah singkatan dari Seleksi Nilai Masuk
Perguruan Tinggi Negeri. Kalau Anda yang pernah lulus tahun 1998 istilah ini
dinamakan PMDK. Begitu pula SBMPTN yaitu singkatan dari Seleksi Bersama Masuk
Perguruan Tinggi Negeri. Tahun 1998 disebut UMPTN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi
Negeri).
SNMPTN dan SBMPTN memiliki perbedaan, yaitu SNMPTN cara
masuk ke perguruan tinggi negeri tanpa seleksi akademik. Siswa cukup mengupload
data diri dan nilai raport. SNMPTN ini diajukan oleh pihak sekolah, tentunya
untuk siswa yang berprestasi. Melalui jalur ini siswa hanya mengikuti seleksi
administrasi saja. Berbeda dengan SBMPTN, yang dapat diikuti oleh semua siswa
baik yang berprestasi maupun yang tidak. Pada jalur ini siswa mengikuti seleksi
administrasi dulu kemudian seleksi akademik.
SNMPTN dan SBMPTN diselenggarakan di seluruh Indonesia
secara serentak dengan menunjuk kepanitian pada suatu lembaga yaitu LTMPTN.
Lembaga inilah yang mengatur alur seleksi mulai dari pendaftaran sampai
pengumuman. Setelah pengumuman seleksi,
kebijakan dikembalikan pada perguruan tinggi negeri masing-masing. Bagi
yang tidak lolos SNMPTN atau pun SBMPTN dapat mengikuti jalur mandiri. Jalur
ini di atur oleh perguruan tinggi negeri masing-masing dengan biaya yang cukup
mahal.
Wow begitu ribetnya ya, masuk PTN! Kenapa orang
berbondong-bondong masuk PTN? PTN merupakan syurga bagi orang-orang yang
memiliki ekonomi menengah ke bawah. Biaya pendidikan di PTN tergolong murah,
bahkan banyak terdapat beasiswa. Meskipun murah pendidikan di PTN tetap
berkualitas. Bahkan banyak orang-orang besar di Indonesia lulusan dari PTN.
Makanya tidak aneh setiap tahun LTMPTN diserbu para pendaftar seluruh
Indonesia.
Tentunya dengan banyaknya pesaing seluruh Indonesia, maka
para siswa dan orang tua harus pasang strategi agar dapat lolos SBMPTN 2022.
Strategi itu harus dipasang jauh-jauh hari dari sekarang dengan merancang
kegitan-kegiatan yang harus dilakukan. Tips yang paling utama adalah harus ada
kerja sama antara siswa dan orang tua. Di sini anak dan orang tua harus
berbicara dari hati ke hati. Jangan sampai keinginan anak dan orang tua
bertolak belakang. Untuk mendapat keselarasan, keduanya harus membuang ego
masing-masing. Jika orang tua dengan anak sudah selaras, selanjutnya pilih PTN
dengan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat siswa. Disini diperlukan
kerja sama dengan pihak sekolah. Orang tua dapat konsultasi dengan pihak
sekolah karena biasanya guru lebih mengenal minat dan bakat peserta didiknya.
Atau dapat pula mengikuti Bimbingan Belajar (Bimbel) di luar sekolah seperti
GO, Primagama, SSC atau yang lainnya. Di tempat bimbel ini biasanya setelah
pendalaman materi selalu diadakan Try Out.
Try Out ini sangat bermanfaat untuk
mengukur passing grade nilai yang
diperoleh anak. Apakah masuk atau tidak dengan PTN dan jurusan yang dituju? Itu
dapat tergambar dari passing grade
nilai tahun lalu. Biasanya tiap lembaga bimbel memiliki patokan nilai itu.
Tips selanjutnya dating dari anak itu sendiri, yaitu
disiplin. Di sini anak harus disiplin untuk belajar, baik di sekolah, di
lembaga bimbel, atau pun di rumah. Ulang materi-materi lalu dengan mengerjakan
soal-soal bekas SBMPTN tahun lalu atau tahun-tahun sebelumnya. Tips ini juga
paling penting, karena belajar dengan kesadaran sendiri lebih mengasyikkan dari
pada dipaksa. Orang tua cukup memantau dan berusaha menyediakan fasilitas yang
terbaik demi keberhasilan anaknya.
Pada intinya untuk lolos PTN diperlukan kerjasama antara
anak, orang tua, dan pihak sekolah. Anak dan orang tua sebagai pemeran utama
untuk keberhasilan lolos ke PTN. Pihak sekolah dan lembaga pendidikan lainnya
hanya sebagai pendukung keberhasilan tersebut. Oleh karena itu anak dan orang
tua harus selaras satu tujuan.
Senin, 31 Desember 2018
Jumat, 28 Desember 2018
Resensi Novel
Senin, 24 Desember 2018
Secara psikologis anak membutuhkan refreshing untuk menge-fresh kembali kognitif dan psikomotornya selama KBM berlangsung di sekolah. Salah satu caranya yaitu dengan mengunjungi tempat-tempat liburan, mengerjakan hobi atau pergi ke luar kota untuk mencari suasana baru. Namun, jika anak-anak ingin mengunjungi tempat wisata sebaiknya orang tua jangan memberikan liburan secara gratis. Maksudnya anak harus menukarnya dengan prestasi yang dia peroleh. Atau jika anak kurang berprestasi di sekolah boleh ditukar dengan tugas-tugas rumah yang sesuai dengan usianya. Boleh jadi liburan ke tempat-tempat khusus yang diberikan para orang tua sebagai hadiah prestasi atau bonus karena anak menyelesaikan tugas rumah. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa tanggung jawab pada anak.
Nah, agar liburan anak berkualitas, para orang tua harus pandai mengelola liburan dan tentunya disesuaikan dengan budget keuangan. Selain itu para orang tua juga harus mempertimbangkan usia anak. Untuk usia anak SMP ke atas, Anda dapat menanyakan langsung pada anak. Kemudian mempertimbangkan keinginan anak dengan budget dan kualitas tempat yang diinginkan anak. Jika sesuai silahkan acc, namun jika tidak sesuai beri pengertian agar anak paham. Untuk anak usia SD sampai balita dibutuhkan pengetahuan orang tua untuk memilih tempat liburan yang berkualitas karena pada usia ini anak jarang protes. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam menentukan tempat berlibur anak:
Pilih tempat wisata yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal. Maksudnya adalah jangan sampai perjalanan ke tempat wisata memakan waktu setengah hari karena anak membutuhkan bermain bukan untuk duduk manis di mobil atau bus. Waktu bermain anak akan tersita diperjalanan. Selain itu kondisi tubuh akan menurun sehingga ketika di tempat wisata anak kurang bergairah bahkan bisa rewel.
Pilih tempat wisata out door. Tempat wisata ini dapat mengeksplor segala kemampuan anak baik kognitif maupun psikomotor. Misalnya kebun binatang, pantai, atau kolam renang. Hindari tempat wisata in door karena tempat seperti ini membuat anak menjadi pasif.
Bagi Anda yang memiliki anak usia TK, SD, SMP, dan SMA sebaiknya memilih tempat wisata yang cocok untuk semua usia. Hal ini perlu didiskusikan karena kebersamaan dalam keluarga lebih penting. Jangan sampai mereka tercecer mencari tempat liburan masing-masing karena liburan sekolah ini harus dimanfaatkan untuk mendekatkan komunikasi dengan anak. Dengan kata lain semua anggota keluarga dapat bercengkrama merasakan kasih sayang orang tua.
Itulah beberapa tips untuk memilih tempat liburan bagi anak-anak. Para orang tua dapat mempertimbangkannya demi kebaikan perkembangan mental anak-anak. Jangan sampai liburan akhir tahun menjadi malapetaka bagi keluarga Anda
Rabu, 12 Desember 2018
CERPEN
Jumat, 07 Desember 2018
Opini
Rabu, 05 Desember 2018
Resensi Novel
Judul Buku : Tentang KamuPengarang : Tere Liye
Penerbit : Republika
Tahun Terbit : 2016
Cetakan : ke-2
Tebal Buku : vi + 524 halaman
Senin, 23 Oktober 2017
Latihan Soal PTS kelas X
1. Berikut yang merupakan struktur laporan observasi adalah...
A. abstraksi, orentasi, krisis, reaksi, dan koda
B. pernyataan pendapat, argumentasi, dan penegasan ulang pendapat
C. pernyataan umum dan aspek yang dilaporkan
D. pernyataan definisi dan pernyataan umum
E. pernyataan definisi dan pernyataan umum
2. Observasi dapat dilakukan secara langsung dengan cara...
A. melihat
B. membaca
C. mendengarkan informasi
D. membaca berita
E. mendapatkan berita
3. Observasi dapat dilakukan secara tidak langsung dengan cara...
A. mengamati
B. mendengarkan
C. menyaksikan
D. melakukan
E. merasakan
4. Cerita yang berisi cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya, adalah pengertian dari teks…
A. Teks observasi
B. Teks anekdot
C. Teks berita lucu
D. Teks narasi
E. Teks eksposisi
5. Kita dapat memahami teks anekdot dan dapat memanfaatkannya sebagai sarana untuk...
A. menyelesaikan persoalan-persoalan yang kita hadapi di dunia nyata
B. mempertahankan bangsa agar berpegang tegus terhadap Pancasila
C. sumber aktualisasi diri penggunanya pada konteks sosial-budaya akademis
D. menyampaikan kritik terhadap persoalan-persoalan pada bidang-bidang layanan tersebut
E. memperoleh ilmu pengetahuan melalui pendidikan
6. Struktur teks anekdot yang menggambarkan latar tempat ataupun cerita disebut...
A. abstraksi
B. orientasi
C. krisis
D. reaksi
E. koda
7. Struktur teks anekdot yang titik fokusnya yaitu pada bagian inti yang isinya dipelesetkan menjadi humor atau lelucon disebut...
A. abstraksi
B. orientasi
C. krisis
D. reaksi
E. koda
8. Yang termasuk kedalam sifat-sifat anekdot secara umum adalah....
A. Aneh
B. membosankan
C. khayalan
D. nyata
E. nyaman
9. Teks anekdot merupakan teks yang berdasarkan pada kejadian yang....
A. Aneh
B. penting
C. sebenarnya
D. khayalan
E. seperti dongeng
10. Perhatikan urutan berikut ini!
1. Judul
2. Singkat
3. Kekanak-kanakan
4. Aneh
5. lucu
6. Menarik
11. Dari urutan tersebut yang merupakan unsur dari anekdot adalah...
A. 2, 3, dan 4
B. 2, 3, dan 5
C. 1, 2, dan 5
D. 3 dan 4
E. 5 dan 6
12. Contoh anekdot dalam kehidupan kita sehari-hari dan merupakan perwujudan dari seni adalah...
A. Keramik
B. lukis pasir
C. karikatur
D. lukisan abstrak
E. puisi cinta
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal 13-15!
Pejabat Itu Menerima Bukan memberi
Bersama beberapa orang tetangga, termasuk seorang pejabat, Nasrudin berkreasi di sebuah taman. Setelah makan bersama, masing-masing mereka menuju ke sebuah kolam besar untuk mencuci tangan. Celaka, mungkin karena kurang hati-hati, kaki seorang pejabat terpeleset dan dia tercebur ke kolam, semua berusaha menolongnya. “Berikan tangan anda,” kata mereka. Akan tetapi, si pejabat tidak mau memberikan tangannya. Nasrudin yang melihat adegan itu dari tempat yang agak jauh, berteriak sambil mendekat, “Menyingkirlah kalian dari sini! Kalian tidak tahu cara menyelamatkannya. Dalam keadaan hampir tenggelam seperti itu, dia jelas tidak mungkin bisa mendengar ucapan kalian. Apalagi dia seorang pejabat, tentu dia tidak biasa dengan kata-kata ‘berikan’, tetapi ‘terimalah’. Lihat, bagaimana aku bisa menyelamatkannya dengan cepat.” Nasrudin maju sambil mengulurkan tangan. Dia pun berkata,” Ayo Anda terima tanganku.” Barulah si pejabat itu mau meraih tangan Nasrudin kuat-kuat. Akhirnya, dia selamat meski dengan tubuh yang basah kuyup.
13. Cuplikan anekdot di atas bertema…
A. Kegemaran orang-orang kota mendengaka khotbah Nasruddin
B. Seorang nasruddin yangh akan berkhotbah di depan orang-orang kota
C. Keeganggan Nasruddin berkhotbah ditengah-tengah orang kota
D. Sikap antisipasi orang-orang kato terhadap khotba Nasruddin
E. Kemarahan Nasruddin terhadap sikap para pengundangnya
14. Peristiwa lucu yang tampak pada cuplikan itu adalah….
A. Pejabat yang tidak mau menerima pertolongan orang lain
B. Pejabat yang tidak mau menerima pertolongan Nasruddin
C. Sikap Nasruddin yang tidak mau menolong pejabat
D. Para pejabat yang tidak mau memberi tetapi hanya menerima saja.
E. Ketidakberdayaan para pejabat untuk menerima bantuan Nasruddin.
15. Teks di atas layak disebut anekdot karena….
A. Mengandung tema social
B. Disampaikan dalam bentuk cerita singkat
C. Berupa kisah lucu yang menyadarkan
D. Mengandung sindiran-sindiran
E. menceritakan orang terkenal
16. Persamaan tek anekdot dan cerita Lucu adalah….
A. Sama-sama golongan narasi
B. Sama-sama memakai keterangan waku masa lampau
C. Sama-sama mempunyai tujuan komunikat
D. Sama-sama teks karang bebas
E. Sama-sama memiliki struktur kalimat
17. Bagian pembuka teks eksposisi adalah...
A. tesis
B. argumentasi
C. penegasan ulang
D. awalan
E. prolog
18. Di bawah ini yang tidak termasuk struktur teks eksposisi adalah…
A. pernyataan umum
B. tesis
C. argumentasi
D. penegasan ulang
E. pendapat
Bacalah secara cermat!
Langkah-langkah menulis sebagai berikut. Pertama, tentukan topik.Kedua, kumpulkan data.* Ketiga, buat kerangka karangan. *Keempat, kembangkan kerangka menjadi tulisan. Kelima, tentukan judul karangan.
19. Jenis teks eksposisi tersebut adalah ....
A. proses
B. definisi
C. klasifikasi
D. perbandingan
E. sebab-akibat
Bacalah secara cermat!
Nelayan di pesisir pantai Sumatra Barat menghadapi musim paceklik. Keadaan ini berlangsung selama dua minggu disebabkan bulan terang dan gelombang laut tinggi. Akibatnya, produksi ikan hasil tangkapan menurun.
20. Jenis teks eksposisi tersebut adalah ....
A. proses
B. definisi
C. klasifikasi
D. perbandingan
E. sebab-akibat
21. Judul yang sesuai untuk teks berjenis eksposisi proses adalah ....
A. Ayahku adalah Pahlawanku
B. Bahaya Minuman Beralkohol Tinggi
C. Cintaku Tersangkut di Pohon Mangga
D. Cara Merawat Tanaman Anggrek
E. Ciri-ciri Sekolah yang Baik
II. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan jelas!
Bacalah teks berikut!
Tukang Santet Jakarta
Main hakim sendiri seakan sudah dianggap normal oleh masyarakat kita. Pelakunya bukan Cuma rakyat biasa, tetapi sering justru aparat yang berwenang. Paling tidak penghakiman dilakukan di depan aparat. Sampai-sampai majalah tempo, jauh sebelum diberedel, pernah “ menghitamkan” beberapa halamannya sebagai tanda prihatin.
Para pembaca tempo tentu kaget dan heran. Bermacam dugaan pun segera muncul. Gus dur terasuk yang heran dan menduga-duga “ Mengapa tempo di buat hitam seperti itu ? tanya Gus Dur dalam hati.
“Siapakah yang memerintahkan penghitaman itu ? tanya Gu Dur.
“Ya, siapa lagi kalau bukan ahlinya : tukang santet dan bramacorah Jakarta,” jawab redaksi tempo.
11. Jelaskankaidah dan struktur teks anekdot tersebut!
12. Jelaskan persamaan dan perbedaan teks eksposisi dan teks eksplanasi!
13. Jelaskan struktur teks eksposisi !
14. Jelaskan struktur teks observasi!
15. Susunlah contoh teks observasi dengan memperhatikan strukturnya!












