Siapkan Diri Nilai Tertinggi UTBK!

Untuk mempersiapkan diri mengikuti SBMPTN 2022 dengan nilai UTBK tertinggi sehingga dapat masuk ke PTN yang diidam-idamkan.

Memilih Tempat Liburan yang Tepat untuk Anak

Para orang tua diharapkan dapat memilih tempat liburan untuk anak-anaknya yang bernilai pendidikan.

Contoh Format KKM

Untuk aplikasi penghitungan KKM dapat disimak di youtube dengan link https://youtu.be/npQGdI2LcXQ

Contoh Format Jurnal/ Agenda Harian Guru

Untuk aplikasi jurnal/ agenda harian guru dapat disimak di youtube dengan link berikut https://youtu.be/cpDCN-G0X48

Kamis, 27 Januari 2022

MENGENAL LEBIH DEKAT KURIKULUM PROTOTIPE

PEMBAGIAN FASE PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM PROTOTIPE

Guru Tak Perlu Menyusun RPP Lagi!



Pada Tahun Pelajaran ini kurikulum prototype belum diterapkan secara merata pada setiap sekolah. Pihak pemerintah memberikan keleluasaan pada tiap satuan pendidikan untuk memilih kurikulum yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah masing-masing. Namun demikian, para pemangku satuan pendidikan perlu mengetahui dan memahami alur dari kurikulum prorotipe ini sebagai bahan pertimbangan selanjutnya.

Dalam kurikulum prototype dikenal istialah KOSP yaitu singkatan dari Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. Sebelumnya pada kurikulum 2013 istilah ini dikenal dengan KTSP atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Dalam KOSP terdapat Capaian Pembelajaran (CP) kalau dalam kurikulum 2013 setingkat dengan KI/ KD. Capaian Pembelajaran (CP) dijabarkan dalam kurikulum opernasional.  Dalam kurikulum operasional dijabarkan tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran. Kurikulum operasional dan alur tujuan pembelajaran memiliki fungsi yang sama dengan silabus yaitu sebagai perencanaan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran dimuat dalam modul ajar. Modul ajar ini merupakan perangkat pembelajaran yang lengkap yang telah disediakan oleh pemerintah. Modul ajar ini dapat dipadankan dengan RPP namun komponennya lebih lengkap dari pada RPP. Dengan demikian kurikulum prototype ini tidak membebani para guru untuk menyusun RPP.

Kurikulum prototype memiliki tujuh fase Capaian Pembelajaran (CP) yang akan dilewati oleh setiap jenjang satuan pendidikan. Fase pertama yaitu fase pondasi. Fase ini terdapat pada usia pra sekolah dan taman kanak-kanak. Capaian Pembelajaran (CP) pada fase ini yaitu “merdeka bermain, merdeka belajar. Belajar-bermain berbasis buku bacaan anak”. Pada fase ini anak bereksplorasi dengan lingkungan sekitar, sentra, kelompok, area, dan sebagainya.

Fase kedua yaitu fase A. Fase ini untuk jenjang kelas I dan II SD/ MI. Fase ketiga yaitu fase B pada jenjang kelas III dan IV SD/ MI. Fase keempat yaitu fase C pada jenjang kelas V dan VI SD atau MI. Pada fase A, B, C atau pada jenjang SD ini terjadi perubahan mata pelajaran yaitu mata pelajaran IPA dan IPS digabung menjadi pelajaran IPAS yaitu Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Untuk pengorganisasian muatan pelajaran dapat memilih menggunakan temati atau berbasis mata pelajaran. Hal ini diserahkan pada sekolah masing-masing.

Selanjutnya fase kelima yaitu fase D terdapat pada jenjang SMP/ MTs kelas VII,VIII, dan IX. Pada fase ini pelajaran computer dijadikan pelajaran wajib. Adapun guru yang mengajar boleh guru yang latar belakang pendidikan bukan jurusan computer namun memiliki kemampuan yang mumpuni.

Keenam fase E terdapat pada jenjang SMA/ MA kelas X. Pada fase ini belum ada peminatan. Semua siswa mengampu semua mata pelajaran wajib termasuk mata pelajaran IPA yaitu Fisika,Kimia, dan Biologi serta pelajaran IPS yaitu Sosiologi, Ekonomi, Sejarah dan Geografi. Pada fase ini siswa mempersiapkan diri untuk memilih jurusan peminatan nanti di kelas XI. Di sini siswa harus berkonsultasi dengan guru BK.

Fase terakhir yaitu fase F terdapat pada jenjang SMA/ MA kelas XI dan XII. Pada fase ini siswa memilih mata pelajaran dari minimum 2 kelompok pilihan. Adapun kelompok mata pelajaran yang direkomendasikan yaitu:

1.  MIPA yang meliputi mata pelajaran Matematika Peminatan, Fisika, Kimia, Biologi, dan Informatika.

2. IPS yang meliputi mata pelajaran Sosiologi, Antropologi, Ekonomi, dan Geografi.

3. Bahasa dan Budaya meliputi mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, dan Bahasa Asing lainnya.

4. Vokasi/ Karya kreatif meliputi mata pelajaran Budidaya, rekayasa dan sebagainya.

5. Seni dan Olah raga. Untuk kelompok mata pelajaran ini khusus untuk sekolah-sekolah yang ditetapkan pemerintah.

Itulah hal-hal yang perlu diketahui oleh para pemangku pendidik untuk menentukan kebijakan pada setiap satuan pendidikan. Tentunya melalui berbagai pertimbangan dan aspek-aspek pendukung.

 


KEBIJAKAN KURIKULUM PROTOTIPE 2022

Sedikit Mengintip Kurikulum Prototipe 

Awal tahun 2022 dunia pendidikan dihebohkan dengan pergantian kurikulum baru yang dikenal dengan kurikulum prototype. Sebagian besar tenaga pendidik menepuk jidat, “Baru saja paham kurikulum kemarin datang lagi kurikulum baru”. Namun, sebagian lagi ada yang menyambut dengan tangan terbuka. Mereka beranggapan kurikulum baru ini sebagai angin segar untuk memperbaiki pendidikan Indonesia yang mengalami Learning Loss akibat pandemic Covid-19. 

Perbedaan pendapat itu sah-sah saja bergantung pada sudut pandang masing-masing. Namun sebagai tenaga pendidik jangan menutup mata dengan perubahan ini. Mau tidak mau kita harus dapat mengikuti alur yang telah dicanangkan pemerintah. Dengan perubahan kurikulum ini menuntut para tenaga pendidik untuk belajar dan terus belajar. Meskipun sudah menjadi guru harus terus belajar. 

Pelaksanaan kurikulum prototype ini tidak sekonyong-konyong harus dilaksanakan oleh semua sekolah. Kurikulum prototype akan dilaksanakan secara bertahap yang dimulai dari sekolah penggerak. Hal ini bertujuan untuk mengevalusi keefektifan kurikulum ini. 

Pemerintah memberikan kebebasan untuk memilih kurikulum disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah. Sesuai dengan Kepmendikbud Nomor 719/P/2020 setiap satuan pendidikan dapat memilih kurikulum 2013 secara penuh atau menggunakan kurikulum darurat yaitu kurikulum 2013 yang disederhanakan oleh Kemendikbudristek. Untuk pilihan ketiga pemerintah menyerahkan pada masing-masing satuan pendidikan untuk menyederhanakan kurikulum secara mandiri. 

Untuk tahun 2022 sampai 2024 pemerintah menyodorkan kurikulum prototip sebagai opsi tambahan bagi satuan pendidikan untuk melakukan pemulihan pembelajaran. Bagi satuan pendidikan yang akan mengikuti program ini harus mendaftar terlebih dahulu dan setiap kepala sekolah akan mengikuti tes. Bagi kepala sekolah yang lolos, sekolah yang dipimpinnya akan menjadi sekolah penggerak dan mengikuti berbagai pelatihan. Keefektifan kurikulum ini akan dievaluasi pada tahun 2024.

Senin, 24 Januari 2022

TES POTENSI SKOLASTIK UTBK II

PENALARAN VERBAL DAN PENGGUNAAN BAHASA 
2. ANTONIM 

Antonym atau lebih dikenal dengan lawan kata merupakan tes skolastik jenis kedua. Bagian jenis tes ini untuk mengukur kemampuan siswa dalam mencari lawan kata. 
Contoh: 
INTROVER>< …. 
A. terbuka
B. tertutup
C. ceria
D. sedih
E. familier 

Jawaban: A Dalam KBBI intover artinya bersifat suka memendam rasa dan pikiran sendiri dan tidak mengutarakan kepada orang lain; bersifat tertutup. Jadi untuk antonym (lawan kata) adalah terbuka.

TES POTENSI SKOLASTIK I

 

PENALARAN VERBAL DAN PENGGUNAAN BAHASA

A. Penalaran Verbal

Penalaran verbal merupakan salah satu Tes Potensi Skolastik (TPS) untuk mengukur kemampuan siswa dalam pemahaman bahasa dengan menggunakan dua penalaran dalam bentuk-bentuk konsep yang dibingkai dalam kata-kata sederhana. Penalaran verbal ini meliputi tes padanan kata (sinonim), tes lawan kata (antonym), dan tes analogi verbal.

1. Sinonim

                Sinonim atau padanan kata merupakan persamaan makna kata. Tes padanan kata ini bertujuan untuk menilai kemampuan siswa mencari kata yang bermakna  sama atau berdekatan maknanya.

Contoh:

NANAR= ….

A. kosong            B. bingung           C. berani              D. tajam               E. sombong

Jawaban: B

Nanar dalam KBBI bermakna berasa pusing, agak hilang akal, tercengang-cengang atau bingung. Jadi makna yang mendekati adalah bingung.


Jumat, 31 Desember 2021

Cara Daftar UTBK-SBMPTN dan Jadwal Pendaftarannya

 Sambut Tahun Baru 2022 dengan Semangat UTBK 2022

Pada akhir tahun 2021 ini sebagian besar orang sedang mempersiapkan acara untuk menyambut tahun baru 2022. Euforia ini sudah lazim dilakukan setiap tahun. Berbagai acara diplanning mulai dari acara bersama kantoran, organisasi, keluarga, sahabat, dan perkumpulan lainnya. Terompet kemenangan disiapkan jauh-jauh hari untuk didengungkan nanti pukul 24.00 WIB pada akhir tahun untuk menyambut tahun baru.

Eits, untuk para kaula muda khususnya kelas 12 jangan terlena dengan euphoria tersebut karena ada PR yang harus kalian kerjakan pada tahun 2022 ini. PR apa ya? PR untuk menentukan masa depan kalian yaitu UTBK. Pintu gerbang UTBK sudah mulai dibuka. Oleh karena itu kalian harus mempersiapkan diri mulai dari mental, ilmu, dan biaya.

Apa saja yang harus dipersiapkan pada bulan Januari ini? Pertama kalian harus sudah mulai cek and ricek kuota jurusan yang akan kamu pilih. Ini penting untuk membuat strategi mengikuti UTBK. Kalau kamu yakin dengan kuota  jurusan yang akan kamu ampu masuk dengan perkiraan nilai UTBK (hasil try out), maju terus pantang mundur. Namun jika kamu tidak yakin, buat planning cadangan dengan mengambil jurusan alternative yang sesuai dengan hasil try out UTBK kamu!

Kedua kamu harus mengecek apakah kamu sudah terdaftar di akun LTMPTN? Tahap kedua ini sangat penting sebagai gerbang menuju SBMPTN. Untuk pengecekkan akun LTMPTN ini dapat dikonsultasikan dengan pihak sekolah tempat kamu belajar. Berikut tahapan pendaftaran UTBK 2022 secara lengkap:

  1. Registrasi akun LTMPT. Tahapan ini wajib dilakukan oleh semua calon pendaftar UTBK-SBMPTN dengan menggunakan NISN, NPSN, dan tanggal lahir di laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  2. Melakukan login dengan menggunakan akun LTMPT di https://portal.ltmpt.ac.id
  3. Memilih menu verifikasi dan validasi data. Pada bagian ini mengisi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata.
  4. Memilih menu pendaftaran UTBK-SBMPTN. Pada bagian ini kamu harus melengkapi biodata, memilih program studi, mengunggah portofolio, memilih pusat UTBK PTN, dan mendapatkan slip pembayaran.
  5. Membayar di bank. Biaya UTBK tahun 2022 untuk  Saintek dan Soshum sebesar Rp. 200.000,- dan untuk ujian campuran sebesar Rp. 300.000,-. Untuk pembayaran biaya dilakukan di Bank Mitra  seperti  bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN dengan menggunakan slip pembayaran yang harus dilakukan paling lambat 1x24 jam.  (Bagi jalur KIP kuliah tidak akan dipungut biaya pendaftaran.  Jadi poin 5 akan dilewat lansung ke poin 6).
  6. Mencetak kartu peserta UTBK-SBMPTN dengan cara login ke laman  https://portal.ltmpt.ac.id memilih menu pendaftaran UTBK-SBMPTN.
  7. Mengikuti UTBK dengan jadwal sesuai dengan informasi yang tertera dalam kartu peserta UTBK-SBMPTN.

Itulah langkah-langkah pendaftaran UTBK-SBMPTN yang harus kalian pahami. Jika ada kendala kalian harus menghubungi  orang yang kompeten dibidangnya, misalnya operator sekolah atau panitia pendaftaran di sekolahmu.

Selain itu kalian juga harus mengetahui jadwal tahap-tahap sebelum pelaksanaan UTBK-SBMPTN, berikut jadwalnya:

  1. Tanggal 14 Februari- 17 Maret 2022 registrasi akun LTMPT.
  2. Tanggal 1 Desember 2021- 15 April 2022 sosialisasi UTBK-SBMPTN.
  3. Tanggal 23 Maret- 15 April 2022 pendaftaran UTBK-SBMPTN.
  4. Tanggal 17-23 Mei 2022 pelaksanaan UTBK gelombang I.
  5. Tanggal tanggal 28 Mei- 03 Juni 2022 pelaksanaan UTBK gelombang II.
  6. Tanggal 23 Juni 2022 pengumuman hasil SBMPTN.
  7. Tanggal 25 Juni-31 Juli 2022 masa unduh sertifikat UTBK .

Setelah kalian mengetahui dan memahami tahapan-tahapan pendaftaran UTBK-SBMPTN dan mengetahui jadwalnya, Siapkan diri untuk memahami semua materi  yang berhubungan dengan UTBK. Awali tahun baru ini dengan belajar, belajar dan belajar. Berakit-rakit dahulu berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Semangat, semoga berhasil!

Rabu, 29 Desember 2021

Contoh Format Jurnal/ Agenda Harian Guru







Sabtu, 25 Desember 2021

Cara Menghitung KKM




 

Jumat, 24 Desember 2021

PROGRAM SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021-2022

Rabu, 22 Desember 2021

Analisis Program Semester dan Distribusi Jam Pelajaran

Analisis Program Semester

Senin, 15 November 2021

 

Siapkan Diri Nilai Tertinggi UTBK!

 Lolos SBMPTN 2022!

Hai.. hai adik-adik, apa kabarnya? Bagaimana persiapan SBMPTN-nya? Wah sudah tak terasa ya, sekitar  5 bulanan lagi kalian akan menghadapi UTBK. Biasanya UTBK digelar sekitar bulan April. Nah kalian harus pasang strategi dari sekarang. Bagaimana strateginya menghadapi UTBK, lolos SBMPTN? Yuk ikuti terus blog saya ini!

Pada dua hari yang lalu saya telah meluncurkan artikel yang berisi keselarasan  antara anak dan orang tua  untuk lolos SBMPTN. Nah, jika telah terjadi keselarasan antara orang tua dan siswa, semua dikembalikan pada usaha adik-adik untuk mencapai tujuan lolos SBMPTN. Di sini adik-adik harus membuat rancangan kegiatan belajar yang efektif untuk mengoptimalkan waktu yang tersisa lima bulan lagi. Ya, walaupun tergolong telat tidak apalah daripada tidak sama sekali. Strstegi apa sih yang harus disiapkan?


MOTIVASI

Sebetulnya untuk pasang strategi dikembalikan pada motivasi adik-adik. Sebaik apapun strategi jika motivasi kurang tidak akan berhasil. Jadi trik yang pertama adalah tanamkan dan tekadkan pada diri masing-masing “Saya harus lolos SBMPTN dengan nilai UTBK yang terbaik”.  Jika perlu kalimat itu tulis pada kertas dengan ukuran huruf besar, kemudian tempel di ruangan yang sering kita lewati atau yang sering kita pakai, misalnya di kaca cermin.

BUAT JADWAL BELAJAR

Selanjutnya strategi kedua, adik-adik harus merancang jadwal belajar. Jadwal belajar harus dibagi dua, yaitu belajar untuk pelajaran sekolah dan belajar khusus untuk menghadapi UTBK. Mengapa harus terpisah? Sesuai dengan pengalaman, soal-soal UTBK akan berbeda dengan ujian-ujian di sekolah. Meskipun basicnya materi dari sekolah namun soal-soal UTBK lebih condong ke analitik yang membutuhkan kecerdasan literasi yang lebih tinggi. Oleh karena itu untuk belajar persiapan UTBK lebih baik dengan mengerjakan soal-soal tahun lalu. Kegiatan ini dapat dilakukan secara off line atau on line. Misalnya off line dengan cara download soal-soal dan cara penyelesaiannya  kemudian dipelajari sendiri. On line, misalnya dengan mengikuti bimbel on line atau melihat video-video cara menyelesaikan soal UTBK.

CARI TUTOR UNTUK MEMBIMBING BELAJAR KITA

Bagaimana pun cerdasnya anak, pasti akan membutuhkan seseorang untuk berkonsultasi. Ini sesuai dengan fitrahnya, bahwa manusia sebagai makhluk social. Oleh karena itu cari pembimbing yang dapat menunjukkan arah cara belajar kita atau memecahkan soal yang benar-benar tidak kita pahami.  Untuk mencari tutor ini lebih baik mengikuti bimbingan belajar di lembaga-lembaga yang terpercaya di daerah adik-adik. Untuk mencari lembaga bimbel ini bisa referensi dari kakak kelas yang sudah lulus atau testimony dari siswa-siswa yang sudah lolos ke PTN. Jangan asal-asalan dalam memilih lembaga bimbel karena ini menentukan masa depan adik-adik.

IKUTI TRY OUT UTBK SECARA RUTIN

Untuk mengecek kemampuan kita, terutama untuk mengukur passing grade, adik-adik harus mengikuti try out UTBK. Try out ini dapat diikuti secara off line atau pun on line. Untuk off line biasanya diadakan secara rutin oleh lembaga bimbingan belajar. Untuk on line juga ada, adik-adik dapat mengecek di internet, banyak lembaga bimbel yang mengadakan secara on line juga.

DISIPLIN

Untuk strategi yang terakhir merupakan strategi yang paling penting, yaitu disiplin waktu. Disiplin ini sangat berhubungan erat dengan poin pertama yaitu motivasi. Jika motivasi seseorang besar dan kuat pasti akan taat pada jadwal belajar yang sudah dirancang. Motivasi dan disiplin ini merupakan kemampuan intern yang dapat muncul pada diri masing-masing pelajar. Namun disiplin juga dapat ditingkatkan dengan pantauan dari orang-orang terdekat, misalnya orang tua. Di sini peran keluarga sangat penting untuk memantau kedisiplinan adik-adik.

Itulah strategi yang dapat adik-adik lakukan dalam mengoptimalkan waktu yang singkat ini. Semuanya dikembalikan pada diri masing-masing.  Sebagus apapun strategi, sekeren apapun tempat bimbel tidak akan ada pengaruhnya jika adik-adik masih berleha-leha. Selamat berjuang!

Kamis, 11 November 2021


Lolos PTN 2022? Intip Yuk!

Oleh Yeti Mulyati, S.Pd.

            Halo para sesepuh dan adik-adik kelas XII! Sekarang kita sudah masuk ke penghujung tahun atau penghujung semester ganjil. Sekedar mengingatkan sekitar awal semester genap tepatnya sekitar  bulan Februari , PTN di Indonesia sudah mulai mengepakkan sayapnya. Setiap sekolah baik negeri maupun swasta harus mendaftarkan akun sekolah sebagai gerbang adik-adik kita untuk masuk ke PTN. Nah, yang menjadi pertanyaan, sudah siapkah adik-adik menghadapi SBMPTN tahun 2022?

            Bagi siswa yang berprestasi di sekolah, masih mendapatkan kesempatan untuk mengikuti  SNMPTN. Namun itu pun belum menjamin lulus karena masih banyak saingan dari sekolah-sekolah favorit lainnya. Oh iya adik-adik atau para sesepuh tahu kan apa itu SBMPTN dan SNMPTN?  Nah sekarang kita akan kupas satu per satu sebelum kita membahas tips dan trik lolos PTN 2022.

            Perlu diketahui oleh para siswa dan para orang tua tentang SNMPTN dan SBMPTN. SNMPTN adalah singkatan dari Seleksi Nilai Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Kalau Anda yang pernah lulus tahun 1998 istilah ini dinamakan PMDK. Begitu pula SBMPTN yaitu singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Tahun 1998 disebut UMPTN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

            SNMPTN dan SBMPTN memiliki perbedaan, yaitu SNMPTN cara masuk ke perguruan tinggi negeri tanpa seleksi akademik. Siswa cukup mengupload data diri dan nilai raport. SNMPTN ini diajukan oleh pihak sekolah, tentunya untuk siswa yang berprestasi. Melalui jalur ini siswa hanya mengikuti seleksi administrasi saja. Berbeda dengan SBMPTN, yang dapat diikuti oleh semua siswa baik yang berprestasi maupun yang tidak. Pada jalur ini siswa mengikuti seleksi administrasi dulu kemudian seleksi akademik.

            SNMPTN dan SBMPTN diselenggarakan di seluruh Indonesia secara serentak dengan menunjuk kepanitian pada suatu lembaga yaitu LTMPTN. Lembaga inilah yang mengatur alur seleksi mulai dari pendaftaran sampai pengumuman. Setelah pengumuman seleksi,  kebijakan dikembalikan pada perguruan tinggi negeri masing-masing. Bagi yang tidak lolos SNMPTN atau pun SBMPTN dapat mengikuti jalur mandiri. Jalur ini di atur oleh perguruan tinggi negeri masing-masing dengan biaya yang cukup mahal.



            Wow begitu ribetnya ya, masuk PTN! Kenapa orang berbondong-bondong masuk PTN? PTN merupakan syurga bagi orang-orang yang memiliki ekonomi menengah ke bawah. Biaya pendidikan di PTN tergolong murah, bahkan banyak terdapat beasiswa. Meskipun murah pendidikan di PTN tetap berkualitas. Bahkan banyak orang-orang besar di Indonesia lulusan dari PTN. Makanya tidak aneh setiap tahun LTMPTN diserbu para pendaftar seluruh Indonesia.

            Tentunya dengan banyaknya pesaing seluruh Indonesia, maka para siswa dan orang tua harus pasang strategi agar dapat lolos SBMPTN 2022. Strategi itu harus dipasang jauh-jauh hari dari sekarang dengan merancang kegitan-kegiatan yang harus dilakukan. Tips yang paling utama adalah harus ada kerja sama antara siswa dan orang tua. Di sini anak dan orang tua harus berbicara dari hati ke hati. Jangan sampai keinginan anak dan orang tua bertolak belakang. Untuk mendapat keselarasan, keduanya harus membuang ego masing-masing. Jika orang tua dengan anak sudah selaras, selanjutnya pilih PTN dengan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat siswa. Disini diperlukan kerja sama dengan pihak sekolah. Orang tua dapat konsultasi dengan pihak sekolah karena biasanya guru lebih mengenal minat dan bakat peserta didiknya. Atau dapat pula mengikuti Bimbingan Belajar (Bimbel) di luar sekolah seperti GO, Primagama, SSC atau yang lainnya. Di tempat bimbel ini biasanya setelah pendalaman materi selalu diadakan Try Out. Try Out ini sangat bermanfaat untuk mengukur passing grade nilai yang diperoleh anak. Apakah masuk atau tidak dengan PTN dan jurusan yang dituju? Itu dapat tergambar dari passing grade nilai tahun lalu. Biasanya tiap lembaga bimbel memiliki patokan nilai itu.

            Tips selanjutnya dating dari anak itu sendiri, yaitu disiplin. Di sini anak harus disiplin untuk belajar, baik di sekolah, di lembaga bimbel, atau pun di rumah. Ulang materi-materi lalu dengan mengerjakan soal-soal bekas SBMPTN tahun lalu atau tahun-tahun sebelumnya. Tips ini juga paling penting, karena belajar dengan kesadaran sendiri lebih mengasyikkan dari pada dipaksa. Orang tua cukup memantau dan berusaha menyediakan fasilitas yang terbaik demi keberhasilan anaknya.

            Pada intinya untuk lolos PTN diperlukan kerjasama antara anak, orang tua, dan pihak sekolah. Anak dan orang tua sebagai pemeran utama untuk keberhasilan lolos ke PTN. Pihak sekolah dan lembaga pendidikan lainnya hanya sebagai pendukung keberhasilan tersebut. Oleh karena itu anak dan orang tua harus selaras satu tujuan.


Senin, 31 Desember 2018



PART 1
GARUT-BEKASI

Hari ini mentari tersenyum memancarkan spectrum cahaya ke penjuru dunia. Pada hari itu juga aku, Susi beserta paman bergegas pergi ke Bekasi. Setelah berdiskusi dengan keluarga yang lumayan alot, akhirnya mereka mengizinkan aku dan Susi untuk melanjutkan pendidikan di Bekasi. Kami berangkat masih pagi karena jarak dari rumah ke terminal cukup jauh. Setibanya di terminal kami mencari bus tujuan Bekasi. Tak lama kemudian di terminal kami bertemu dengan tukang kuli pikul yang mengantarkan kami ke bus tujuan Bekasi. Tukang kuli pikul itu membantu membawa barang-barang kami. Kami menunggu beberapa saat untuk menunggu kursi bus terisi penuh. Setelah kursi bus terisi penuh, bus pun mulai melaju.
Berjam-jam kami diperjalanan. Kami berbincang-bincang sepanjang jalan untuk menghilangkan rasa jenuh. Akhirnya kami tertidur karena kelelahan. Singkat cerita kami pun tiba di Bekasi. Kami terbelalak melihat gedung-gedung dan bangunan yang menjulang tinggi. Maklum kami dari kampong tidak biasa melihat pemandangan seperti itu.
Setibanya di rumah bibi, seisi rumah menyambut kami dengan hangat. Maklum sudah lama tidak bertemu. Terakhir bertemu ketika lebaran di kampong kami. Bibi sibuk menyediakan minum dan makanan ringan untuk kami.
“Jam berapa dari kampung?” Tanya bibi setelah selesai menyiapkan makanan.
“Jam delapanan.” Jawab paman.
“Aduh lama gening nya. Macet apa gimana?” Tanya bibi. Kami berbincang-bincang dengan campur bahasa Sunda. Tak terasa suara adzan ashar berkumandang. Kami pun bergegas untuk mandi dan shalat.
“Gita, Susi kalian mau mandi?”
“Muhun” Sontak Susi menjawab dengan refleks. Bibi Bayu pun tertawa sambil berkata, “ Sekarang di sini biasakeun ngomong bahasa Indonesia, nya!” Susi pun tersipu malu sambil menganggukkan kepala. Ia berlalu pergi ke kamar mandi.
“Gita kenapa Mama sama Bapak nggak ikut nganter ke sini?”
“Ah kan udah ada paman yang nganterin.”
“Iya tadinya Bibi kangen. Tapi nggak apa-apa. Hmm…cing betah nya didieu. Sakola cing bener. Ulah ngecewakan mamah jeung Bapa.” Bibi menasehatiku dengan nada lembut.
“Insya Allah.” Jawabku dengan nada getir dan pilu karena teringat pada orang tua. Kini kami harus meninggalkan mereka, tinggal dengan Bibi demi untuk mewujudkan cita-cita kami. Tak lama kemudian Susii pun beres mandi.
”Git rek mandi?” Tanya Susi.
“Arek auh hareudang.” Jawabku sambil lari kecil menuju ke kamar mandi. Sementara itu Susi melaksanakan shalat Ashar.
***
Adzan Maghrib berkumandang bersahutan dari tiap masjid. Semburat matahari senja yang hendak pulang berwarna kuning keemasan. Aku dan Susi bergegas mengambil wudhu dan shalat maghrib. Tak lama kemudian Teh Dea anaknya bibi Bayu baru datang kerja. Kami pun bersalaman sambil berpelukan melepas rasa kangen.
“Kapan ke sini?” Tanya teh Dea.
“Tadi sore.” Jawabku singkat. Teh Dea hanya menganggukkan kepala. Sementara itu bibi sibuk menyiapkan makanan untuk makan malam. Setelah semua berkumpul, kami pun makan malam bersama. Jujur saja, seenak dan semewah apapun makanan yang dihidangkan bibi tapi tidak dapat mengalahkan enaknya masakan mama di kampung. Setelah selesai makan malam, kami berkumpul di ruang tengah sambil ngobrol-ngobrol.
“Besok kita belanja ya! Beli peralatan sekolah.” Ujar bibi. Aku hanya tersenyum canggung dengan ajakan bibi.
Ketika pagi-pagi buta, aku dan Susi bergegas membereskan kamar dan membersihkan rumah. “Gita alah didieu mah isuk keneh geus hareudang.” Ujar Susi.
“Nya Heueuh atuh didieu mah di kota lain di kampung.” Jawabku. Sambil mengerjakan pekerjaan rumah kami bersenda gurau. Setelah itu kami bergiliran mandi. Sambil menunggu Susi mandi, aku duduk di depan kipas angin. Jujur saja aku mulai tidak betah. Apalagi dengan suhu udara yang tidak bersahabat. Gerahnya minta ampun. Apalagi genteng rumah yang menggunakan asbes karena di sini kostan. Setelah Susi beres mandi aku pun langsung mengambil handuk dan pergi ke kamar mandi.
“Gita, Susi beres mandinya?” Teriak bibi dari kostan sebelah.
“Beres Bi!” Jawabku dan Susi kompak.
“Ayo berangkat nanti keburu siang!”
“Iya Bi. Ini pakai kerudung dulu.” Jawab Susi. Stelah kami rapi, kami berngkat ke pasar untuk beli peralatan sekolah.
“Bi jarak pasar dari sini jauh nggak?”
“Lumayan nggak terlalu jauh.” Jawab bibi. “Oh iya, kita lewat sekolah baru kalian aja ya. Biar kalian tau.”
“Iya boleh Bi, penasaran banget nih.” Jawab Susi antusias. Tak lama kemudian kami sampai di depan sekolah kami.
“Tuh itu sekolah kalian.” Bibi menunjukkan sekolah baru kami. Susi pun tersenyum melihat bangunan sekolah yang bertuliskan SMK Karya Bakti. Aku perhatikan sekolah itu secara seksama. Dalam hatiku bertekad di kota ini aku akan mengejar cita-citaku. Di sekolah ini aku akan menimba ilmu. Aku akan buktikan pada dunia bahwa aku bisa berprestasi dan belajar hidup mandiri agar kedua orang tuaku bangga padaku.
Setibanya di pasar tanpa membuang-buang waktu kami pun langsung membeli alat-alat sekolah. Mulai dari seragam, sepatu, tas, dan alat tulis. Setelah selesai kami pun langsung pulang.
Bersambung....

Jumat, 28 Desember 2018

Resensi Novel


Cinta dan Benci Beda Tipis
Oleh: Yeti Mulyati


Judul Buku          : Love Me Love Me not
Pengarang           : Indah Nur Wakhid
Penerbit              : Media Pressindo
Kota Penerbit     : Yogyakarta
Tahun Terbit       : 2013
Cetakan              : ke-2
Tebal Buku         : 312 halaman

                Love Me Love Me Not, judul novel ini sekilas tampak biasa seperti cerita-cerita romantic pada umumnya. Apalagi dengan tampilan sampul yang sederhana. Namun Indah Nurwakhid dengan kepiawaiannya merangkai kata mampu mewujudkan cerita ini seolah-olah nyata dengan bentuk konfliks majemuk. Bagaimana tidak, penulis kelahiran Balikpapan ini menulis cerita dengan tema percintaan yang diawali dengan kebencian. Di sini penulis berhasil membuktikan bahwa cinta dan benci beda tipis. Dengan tokoh Vonda dan Reggie dipertemukan saling membenci tapi seiring dengan perjalanan waktu benih-benih cinta mulai tumbuh. Penulis mampu meramu cerita ini dengan kejadian miterius dengan adanya pembunuhan. Keadaan romantic, konyol, tegang, mengkhawatirkan bahkan kebencian bercampur aduk dalam cerita ini.
                Cerita ini dimulai dari perseteruan dua anak manusia yang saling bersaing. Vonda sebut saja salah satu tokoh anak perempuan yang dengan postur tubuh bulat memiliki sifat galak dan jahil. Dia sering menjahili, bahkan mengintimidasi temannya yang bernama Reggie. Rumah Reggie berseberangan dengan rumag Vonda hanya terhalang 3 meter oleh jalan aspal. Reggie seorang anak pengusaha yang sering ditinggalkan oleh kedua orang tuanya ke luar negeri untuk berbisnis. Dia sering dititipkan pada ibunya Vonda meskipun sering dijahili. Malah Reggie merasakan kehangatan kasih sayang kedua orang tua Vonda. Itulah alasan Vonda mengapa harus membenci Reggie. Dia cemburu merasa kasih sayang orang tuanya terbagi dengan Reggie.
                Pada akhirnya Vonda dan Reggie berpisah karena Reggie melanjutkan pendidikannya ke USA. Setelah beberapa tahun kemudian mereka dipertemukan lagi dengan kondisi sudah dewasa. Keduanya saling jatuh cinta, namun keegoisan mereka lebih kokoh sehingga keduanya enggan mengakuinya. Bahkan setiap bertemu pasti mereka bertengkar dan Vondalah yang memulai pertengkaran itu. Reggie yang merasa selalu terintimidasi oleh Vonda bertekad untuk balas dendam. Begitu pula Vonda tidak mau kalah dengan Reggie. Akhirnya mereka dipertemukan lagi di tempat kerja Vonda. Tak tanggung-tanggung ternyata Reggie menjadi CEO diperusahaan tempat kerja Vonda. Dari segi posisi tentunya Reggie menang satu kosong untuk Vonda.
                Ditengah perseteruan Vonda dan Reggie terjadi kejadian misterius, yaitu hilangnya Susan. Susan rekan kerja Vonda dan sudah 3 hari tidak masuk kerja tanpa kabar apapun. Padahal biasanya Susan selalu memberi kabar dimanapun dia berada. Vonda memiliki dua rekan kerja sekaligus sahabatnya yaitu Susan dan Edith.  Setelah tiga hari barulah terdengar kabar bahwa Susan meninggal di sebuah hotel  dengan keadaan tangan diikat. Menurut visum dari kepolisian tidak ada bekas tindakan kekerasan sedikit pun juga. Susan meninggal disebabkan karena kehabisan oksigen. Jadi tidak ditemukan sidik jari sebagai bahan bukti.     Tentunya setelah kematian Susan membuat Vonda dan Edith merasa ketakutan. Mungkinkah mereka sasaran selanjutnya seperti pembunuhan berantai yang ada di film-film. Vonda dan Edith merasa curiga pada Fabian rekan kerjanya. Pemuda ini berpenampilan menarik namun dingin jarang berkomunikasi. Tanpa disangka-sangka Vonda dan Edith menemukan foto-foto Susan di computer Fabian begitu akrab. Padahal selama di kantor mereka tidak pernah bertegur sapa.
                Karena  kecurigaan Vonda, akhirnya Vonda ingin menyelidiki kasus terbunuhnya Susan. Setiap pulang kerja, dia tidak langsung pulang tapi melakukan penyelidikan mulai dari hotel tempat terbunuhnya Susan sampai ke tempat kostannya. Di sinilah cerita mulai memuncak. Ketegangan demi ketegangan dan teka-teki  mewarnai cerita novel ini. Di sini mulailah Vonda mendapatkan terror demi terror yang semakin mendekatkan Vonda pada sang pembunuh.
                Di tengah kebingungan, secara diam-diam Vonda mendapatkan perlindungan dari dua laki-laki gagah dan tampan di kantornya yaitu Reggie dan Fabian. Tapi perlindungan dari mereka malah disalahartikan oleh Vonda. Vonda malah curiga bahwa Reggie atau Fabianlah yang membunuh Susan. Karena kecurigaan itulah membuat Vonda menjauh dari mereka. Kecurigaan itu semakin kuat setelah ditemukannya mayat Sissy di gudang file. Kepalanya berdarah seperti diserang oleh benda tumpul. Ketegangan semakin mencekam di kantor itu.
                Novel Love Me Love Me Not ini dapat dikategorikan dalam jenis novel misteri. Misteri pembunuhan dan misteri cinta Vonda dan Reggie. Novel ini cocok dibaca oleh remaja dan dewasa. Dengan tema cinta dan pembunuhan yang diramu sedemikian rupa membuat pembaca penasaran untuk menyelesaikan membaca novel ini. Namun dalam novel ini banyak menggunakan istilah teknologi sehingga untuk orang awam di dunia perteknologian sulit untuk memahami cerita ini. Namun secara keseluruhan alur cerita sangat menarik.

Senin, 24 Desember 2018

Cerdas Memilih Tempat Liburan Berkualitas untuk Anak

Sudah menjadi agenda tahunan, liburan sekolah semester ganjil berada di penghujung tahun Masehi. Tentunya hal ini menjadi agenda para orang tua untuk mencari tempat liburan yang tepat untuk anak-anaknya. Mengapa demikian? Alasannya karena pada penghujung tahun sebagian besar orang akan merayakan tahun baru termasuk anak-anak usia sekolah yang pada saat itu terbebas dari segala macam kegiatan sekolah. Ini akan menjadi alasan anak-anak untuk hura-hura bahkan sampai menimbulkan tawuran. Oleh karena itu orang tua harus mengambil posisi dalam mengelola liburan anak-anak agar tidak salah kaprah.




Secara psikologis anak membutuhkan refreshing untuk menge-fresh kembali kognitif dan psikomotornya selama KBM berlangsung di sekolah. Salah satu caranya yaitu dengan mengunjungi tempat-tempat liburan, mengerjakan hobi atau pergi ke luar kota untuk mencari suasana baru. Namun, jika anak-anak ingin mengunjungi tempat wisata sebaiknya orang tua jangan memberikan liburan secara gratis. Maksudnya anak harus menukarnya dengan prestasi yang dia peroleh. Atau jika anak kurang berprestasi di sekolah boleh ditukar dengan tugas-tugas rumah yang sesuai dengan usianya. Boleh jadi liburan ke tempat-tempat khusus yang diberikan para orang tua sebagai hadiah prestasi atau bonus karena anak menyelesaikan tugas rumah. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa tanggung jawab pada anak.

Nah, agar liburan anak berkualitas, para orang tua harus pandai mengelola liburan dan tentunya disesuaikan dengan budget keuangan. Selain itu para orang tua juga harus mempertimbangkan usia anak. Untuk usia anak SMP ke atas, Anda dapat menanyakan langsung pada anak. Kemudian mempertimbangkan keinginan anak dengan budget dan kualitas tempat yang diinginkan anak. Jika sesuai silahkan acc, namun  jika tidak sesuai beri pengertian agar anak  paham. Untuk anak usia SD sampai balita dibutuhkan pengetahuan orang tua untuk memilih tempat liburan yang berkualitas karena pada usia ini anak jarang protes. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam menentukan tempat berlibur anak:
Pilih tempat wisata yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal. Maksudnya adalah jangan sampai perjalanan ke tempat wisata memakan waktu setengah hari karena anak membutuhkan bermain bukan untuk duduk manis di mobil atau bus. Waktu bermain anak akan tersita diperjalanan. Selain itu kondisi tubuh akan menurun sehingga ketika di tempat wisata anak kurang bergairah bahkan bisa rewel.
Pilih tempat wisata out door.  Tempat wisata ini dapat mengeksplor segala kemampuan anak baik kognitif maupun psikomotor. Misalnya kebun binatang, pantai, atau kolam renang. Hindari tempat wisata in door karena tempat seperti ini membuat anak menjadi pasif.
Bagi Anda yang memiliki anak usia TK, SD, SMP, dan SMA sebaiknya memilih tempat wisata yang cocok untuk semua usia. Hal ini perlu didiskusikan karena kebersamaan dalam keluarga lebih penting. Jangan sampai mereka tercecer mencari tempat liburan masing-masing karena liburan sekolah ini harus dimanfaatkan untuk mendekatkan komunikasi dengan anak. Dengan kata lain semua anggota keluarga dapat bercengkrama merasakan kasih sayang orang tua.

Itulah beberapa tips untuk memilih tempat liburan bagi anak-anak. Para orang tua dapat mempertimbangkannya demi kebaikan perkembangan mental anak-anak. Jangan sampai liburan akhir tahun menjadi malapetaka bagi keluarga Anda

Rabu, 12 Desember 2018

CERPEN


Sapu Lidi
Karya Sari Rahayu
 

Jika kalian datang ke sebuah kampung yang dikenal dengan nama Randu Kurung, maka kalian akan menemukan sebuah gubuk bambu yang terlihat kumis (kumuh dan miskin). Pemilik gubuk ini tiada lain adalah Pak Rudi. Pak Rudi tinggal bersama istri dan ketiga anaknya. Yang sulung bernama Doni sedang mengenyam pendidikan di tingkat SMA. Sedangkan Nina anak ke-2 masih kelas 6 SD dan si bungsu bernama Nisa masih balita. Untuk menghidupi keluarganya Pak Rudi bekerja sebagai penjual sapu lidi keliling.

Pekerjaan Pak Rudi ini bukan tidak beresiko. Setiap kali memanjat pohon kelapa untuk mengambil daunnya yang kering kadang terpeleset dan jatuh. Namun tidak ada pilihan lagi, demi untuk memenuhi kebutuhan dia lakukan meskipun penghasilannya tidak seberapa. Daun kelapa yang kering itu dia sulap menjadi sapu lidi dibantu dengan anak sulungnya Doni. Kemudian mereka akan menjualnya berkeliling kampung atau kalau belum laku pergi ke kampung sebelah. Jika sapu lidinya terjual kadang dia mendapatkan uang sebesar Rp. 30.000,- atau tidak sama sekali. Sedangkan kebutuhan keluarganya melebihi dari hasil penjualan sapu lidi. Tetapi Pak Rudi tidak pernah menyerah atau mengeluh atas apa yang dialaminya.

Pada suatu hari Pak Rudi sedang berkumpul dengan keluarganya untuk makan malam. Setelah makan Doni bercerita tentang masalah bayaran untuk ujian minggu depan.
“Pak apakah sudah ada uang untuk bayar ujian minggu depan?” Tanya Doni dengan tatapan ragu.
“ Maaf nak, kebetulan belum ada uang untuk membayarnya, nak!” Jawab Pak Rudi sambil menghela napas.
“ Bagaimana dong Pak? Kalau tidak membayarnya Doni tidak akan bisa ikut ujian.”
“Hm, hmmm. Doakan saja agar Bapak bisa mendapatkannya, ya Nak!”

Pada siang harinya Pak Rudi sedang bekerja. Tiba-tiba Nina datang meminta uang untuk membeli susu buat adiknya. Pak Rudi pun bingung karena tidak mempunyai uang. Akhirnya Pak Rudi pergi ke warung Bu Titin untuk kasbon. Setelah diberi susu Nisa pun terdiam dari tangisannya. Kemudian Bu Siti datang pada pak Rudi melaporkan persediaan makanan yang sudah habis.
“Pa, makanan untuk sekarang sudah habis semuanya. Beras pun tak ada apalagi lauk pauknya.” Keluh Bu Siti.
“Sapu lidi ini belum laku, bagaimana Bapak bisa punya uang?” Jawab Pak Rudi.
“Lalu bagaimana dong Pak?”
“Pinjam lagi sama Bu Titin?”
“ Jangan ah Pak, malu. Bagaimana kalau ke Bu Salma atau ke Bu Ida?”
“Ya terserah ibu saja, yang penting anak-anak hari ini bisa makan.”

Bu Siti pun kasbon ke Bu Salma hanya untuk memenuhi kebutuhan beras. Itu pun tanpa lauk pauk hanya ditemani dengan mie rebus saja. Kadang mereka makan nasi hanya dengan garam saja. Namun Bu Salma tetap selalu bersyukur masih ada orang yang mau memberi kasbon daripada mereka tidak makan hari itu. Pak Rudi pun selalu bersyukur karena masih bisa makan dan diberi nikmat sehat.

Pada hari berikutnya Pak Rudi berkeliling ke kampung sebelah. Tak disangka di perempatan jalan tiba-tiba ada sebuah mobil berhenti didepannya. Ada seorang ibu paruh baya keluar dari mobil. Dia memborong semua sapu lidi Pak Rudi sebesar Rp. 300.000,- tanpa menanyakan harga satuannya.
“Ibu mau membeli semua sapu lidi saya sebesar Rp. 300.000,-? Padahal harga satuannya kan…” Omongan Pak Rudi dipotong oleh wanita paru baya itu.
“Pokoknya saya memborong sapu lidi Bapa. Mau tidak?”
“Oh iya mau, mau.” Jawab Pak Rudi tergagap. Akhirnya doanya terjawab juga. Dengan uang sebesar itu, dia bisa membayar uang ujian semesteran Doni dan membayar utang pada Bu Titin dan Bu Salma. Semua keluarga bersyukur meskipun uang tersebut tak seberapa. Namun dimata keluarga pak Rudi uang sebesar itu bisa meringankan beban keluarga. (Penulis adalah siswa kelas IX B MTs. Al-Mu'min)

Jumat, 07 Desember 2018

Opini


Gamang Menghadapi Usia 40 Tahun
Oleh Yeti Mulyati

                
Fitrah manusia tumbuh dan berkembang seiring dengan bergulirnya waktu. Begitu pula pertambahan usia terus merayap tanpa dapat dicegah. Namun kadang manusia tidak dapat menerima kenyataan, pertambahan usia yang semakin tua membuatnya gamang bahkan panik. Hal ini sering terjadi pada kaum hawa meskipun kaum adam pun tidak luput dari kepanikan. Menjelang usia 40 tahun akan terjadi perubahan fisik, bahkan masalah kesehatan pun mulai muncul. Inilah alasan kuat yang menjadikan mereka gamang terutama di kalangan wanita.

Memang tak dapat dipungkiri, pada usia 40 tahun akan terjadi krisis penampilan dan kesehatan. Hal ini disebabkan karena manusia kurang disiplin dalam mengkonsumsi makanan dan cara hidup sehat ketika usia muda. Misalnya metabolism melambat  karena berat badan pada sebagian besar wanita bertambah 6 kg antara usia 40 dan 55 tahun. Hal ini disebabkan karena banyak mengkonsumsi makanan cepat saji dan makanan yang digoreng. Gejala lainnya, tubuh mulai terasa nyeri. Sekitar usia 40 tahun persendian akan terasa sakit dan nyeri sehingga beresiko menderita kram kaki. Hal ini tidak akan terjadi jika kita sewaktu muda disiplin dalam mengkonsumsi makanan yang bergizi serta rajin olah raga.

Masalah lain yang timbul pada usia 40 tahun adalah tulang menjadi rentan menipis bahkan terjadi osteoporosis. Hal tersebut dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium yaitu sebanyak 1.000 sampai 1.500 miligram kalsium per hari. Pada usia ini juga, beban hidup dapat menjadikan seseorang stress karena pada usia 40 tahun rasa tanggung jawab semakin tinggi. Semakin tinggi tingkat stress maka akan berpengaruh pada penampilan fisik, misalnya mulai terlihat kerutan-kerutan tipis pada wajah sehingga terlihat tua.

Itulah fakta-fakta yang membuat orang gamang dalam menghadapi usia 40 tahun. Padahal fakta tersebut dapat ditepis dengan hidup sehat dan lebih disiplin dalam mengkonsumsi makanan. Begitu pula dalam ajaran Islam menyebutkan bahwa usia 40 tahun merupakan usia produktif. Pada usia ini manusia mencapai puncak kehidupan yang lebih baik terutama intelektual, emosi, dan spiritual. Pada usia ini manusia meninggalkan usia mudanya menuju usia dewasa. Seperti yang dijelaskan dalam QS. Al-Ahqaf ayat 15 bahwa Allah SWT berfirman, “Apabila dia telah dewasa dan usianya sampai empat puluh tahun, ia berdo’a, “Ya Rabb-ku, tunjukkanlah kepadaku jalan untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada kedua orangtuaku dan supaya aku dapat berbuat amal yang shaleh yang engkau ridhai. Berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang muslim.”

Nah, jika dihitung secara matematis pada dasarnya usia manusia yang mancapai 40 tahun, seorang anak adam telah melampaui 2/3 umurnya. Dengan demikian sisa 1/3 umurnya digunakan untuk menyempurnakan hal-hal yang tertinggal. Maka seyogyanya pada usia ini dijadikan muhasabah (mawas diri). Seperti yang dijelaskan pada QS. Fathir ayat 37 yang ditafsirkan oleh Imam Ibnu Katsir bahwa manusia apabila menjelang usia 40 tahun hendaklah memperbarui taubat dan kembali kepada Allah dengan bersungguh-sungguh. Apabila hal itu berlaku menjelang usia 40 tahun, maka Allah memberikan janji-Nya dalam ayat setelahnya, yaitu kematangan. Usia 40 tahun adalah usia matang bagi kita bersungguh-sungguh dalam hidup. Mengumpulkan pengalaman, menajamkan hikmah dan kebijaksanaan, membuang kejahilan ketika usia muda, lebih berhati-hati, melihat sesuatu dengan hikmah dan penuh penelitian. Meskipun demikian bukan berarti beramal soleh dan bertobat dimulai usia 40 tahun. Bagi para muda beramal soleh dan bertobat harus setiap saat karena kematian itu misterius, tidak tahu muda atau tua. Kalau sudah datang tak dapat dihindari. Artinya usia 40 tahun yaitu usia untuk meningkatkan kualitas hidup. Dari baik menuju arah lebih baik lagi.

Oleh karena itu, untuk anak adam tak perlu gamang menghadapi usia 40 tahun karena usia inilah untuk pencapaian kesempurnaan. Usia 40 tahun merupakan usia istimewa karena terjadinya kematangan intelektual, emosi, dan spiritual. Lihatlah di luar sana banyak orang yang berprestasi pada usia 40 tahun. Begitu pula banyak para pejabat-pejabat, elit politik yang sukses pada usia 40 tahun. Hal ini sudah sunatullah yang telah dimulai sejak zaman Rasulullah. Nabi Muhammad SAW diutus menjadi nabi pada usia 40 tahun. Begitu pula nabi-nabi yang lain kecuali Nabi Yahya AS dan Nabi Isa AS.

Dari penjelasan tersebut, maka jelaslah usia 40 tahun merupakan usia keemasan. Karena pada usia tersebut terjadi proses penyempurnaan,  inteletual, emosi, dan spiritual. Masalah perubahan fisik dikembalikan pada kedisiplinan kita dalam menjalankan hidup sehat. Toh, banyak anak manusia yang terlihat tua dari umur yang sebenarnya. Anak muda yang perutnya buncit-buncit karena banyak mengkonsumsi makanan dan minuman instan.

Rabu, 05 Desember 2018

Resensi Novel

Gadis Inspiratif untuk Kalangan Hawa 
Oleh Yeti Mulyati

Judul Buku : Tentang Kamu
Pengarang : Tere Liye
Penerbit : Republika
Tahun Terbit : 2016
Cetakan : ke-2
Tebal Buku : vi + 524 halaman

Tere Liye kembali dengan novel terbarunya yang berjudul Tentang Kamu. Novel ini mampu menggugah hati yang dipenuhi kerikil-kerikil kebencian menjadi hati yang pemaaf. Bagaimana tidak, Tere Liye menyampaikan pandangannya tidak seperti sedang menggurui namun melalui tokoh Sri Ningsih yang dikemas menjadi sosok wanita yang tidak terlalu cantik namun memiliki hati mutiara. 

Novel yang berjudul Tentang Kamu karya Tere Liye dapat dikategorikan novel inspiratif, terutama bagi para wanita yang krisis dengan kepercayaan diri dengan penampilan. Sosok Sri Ningsih yang digambarkan Tere Liye sebagai gadis yang memiliki kulit hitam, gempal serta pendek namun memiliki kepribadian yang membuat orang disekitarnya nyaman. Tak memiliki rasa dendam terhadap orang-orang yang membencinya termasuk ibu tirinya yang menganggapnya sebagai anak sial dan dikutuk. Rentetan musibah yang menimpanya telah membuat gadis kecil ini kuat dan selalu menjadi jiwa pemaaf. 

Untuk menampilkan sosok Sri Ningsih, Tere Liye melibatkan tokoh Zaman seorang mahasiswa Oxford University yang sedang menyelesaikan kuliahnya master hukum. Tokoh Zaman ditunjuk oleh Thompson & Co (sebuah firma hukum) untuk menyelesaikan harta warisan Sri Ningsih setelah satu hari kematiannya saat itu. Pada saat itu peraturan di Paris jika kekayaan tidak memliki ahli waris, maka kekayaan itu menjadi milik Ratu Inggris. Pada saat itu firma hukum Thomson & Co mendapatkan surat yang tidak tahu pengirimnya untuk menyelesaikan warisan sebesar satu miliar pounsterling atau setara dengan 19 Triliun rupiah. Surat itu datang sehari sebelum kematian Sri Ningsih. 

Melalui tokoh Zaman, Seluruh kehidupan Sri Ningsih dapat dikupas secara detail mulai dia dilahirkan di Pulau Bugin Sumbawa sampai meninggal di kota besar Paris. Melalui penelusuran Zaman ada 5 orang tokoh yang menceritakan kisah kehidupan Sri Ningsih. Dimulai dari kisah Ode seorang tua di kota Sumbawa. Ode pada saat Sri Ningsih dilahirkan berusia 9 tahun. Dia tahu persis bagaimana ibu Sri Ningsih meninggal setelah kelahiran bayinya. Pada saat ayahnya meninggal, ibu tiri Sri Ningsih berbalik menjadi garang karena dia menganggap Sri sebagai anak sial dan dikutuk. Rentetan penyiksaan ibu tirinya yang membuat Sri bertambah kuat. Namun Sri tidak pernah membenci ibunya. Hal ini dia buktikan ketika rumahnya terbakar. Sri berani menerobos kobaran api untuk menyelamatkan ibu dan adik tirinya. Adik tirinya dapat diselamatkan, namun ibu tirinya tidak karena kakinya terhimpit kayu sehingga sulit bagi Sri untuk membopongnya. Pada saat itu Nussi Maratta melihat ketulusan anak tirinya. Namun terlambat api semakin membesar dan dia menyuruh Sri untuk pergi menyelamatkan adiknya Tilamuta. 

Bagian berikutnya kehidupan Sri Ningsih di Pesantren. Bagian ini diceritakn oleh tokoh Nuraeni sahabat Sri Ningsih. Pada bagian ini kehidupan Sri lebih menyakitkan karena penghianatan sahabatnya sehingga memakan berpuluh-puluh nyawa. Bahkan adiknya Tilamuta terbunuh mengenaskan dengan potongan-potongan tubuh, dagingnya berceceran karena sebagian dimakan anjing. Pada saat itu Sri sekolah di Pesantren yang dipimpin oleh kiyai Ma’sum sampai menjadi tenaga pengajar di sana. Dia bersahabat dengan Nuraeni anaknya kiyai ma’sum dan Lastri anak angkatnya kiyai ma’sum. Namun persahabatan mereka hancur akibat kebencian Lastri yang merasa cemburu pada kehidupan Nuraeni. Setelah Nuraeni menikah sebagian kegiatan kepesantrenan dipercayakan pada Arifin suami Nuraeni. Sri merasa lahan suaminya Musoh direbut. Akhirnya Lastri dan Musoh mengundurkan diri menjadi guru. Pada bagian ini Tere Liye berhasil menggambarkan Susana pemberontakan tahun 60-an. Pemberontakan yang mencekam namun dapat dilumpuhkan oleh pemerintah. Pada saat itu Lastri dan Musoh dengan kelompok tersebut dengan menggalang kekuatan untuk menyerang dan membantai pesantren kiyai Ma’sum. Dan pembantaian itu terjadi begitu cepat. Para santri yang tidak sempat menyelamatkan diri mandi darah. Keluarga kiyai Ma’sum disekap di pabrik gula kemudian dibakar. Namun aksi itu dapat dihentikan karena Sri Ningsih yang sebelumnya diculik oleh Lastri dan disekap dapat menyelamatkan diri. Bersama warga Sri Ningsih menuju pabrik gula meskipun hanya Nuraini dan Arifin yang selamat. 

Bagian ketiga yaitu kehidupan Sri Ningsih di kota Jakarta. Untuk melupakan pembantaian itu, Sri Ningsih merantau ke kota Jakarta. Sri Ningsih berjuang untuk menaklukkan kota Jakarta. Dan itu berhasil. Mulai dari jualan nasi goring di tanah abang sampai menjadi pengusaha besar toiletres. Namun yang mengherankan setelah perusahaannya besar dan banyak diperhitungkan oleh para pesaingnya, Sri Ningsih menjual saham perusahaan tersebut dan dipercayakan pada Chaterine. 

Bagian keempat, Sri Ningsih tinggal di London. Di sinilah Sri menemukan cinta sejatinya. Di sini Sri mampu menaklukkan kota London sebagai sopir bus. Dialah wanita satu-satunya pada saat itu yang menjadi sopir bus. Berkat kepribadiannya yang selalu ingin menolong orang lain akhirnya ada pria Turki yang jatuh cinta pada gadis gempal asal pulau Bugin. Mereka menikah namun pernikahannya dilanda musibah. Sri dua kali mengandung namun anak-anaknya tidak ada yang selamat. Kemudian disusul oleh Hakan suaminya, meninggal dunia untuk selama-lamanya. Hakan meninggalkan perusahaan yang bergerak dibidang IT. Perusahaan itu dipercayakan pada Aamir tetangganya yang sudah dianggap keluarga sendiri. Kembali lagi Sri meninggalkan tempat itu secara diam-diam. 

Bagian kelima. Inilah bagian akhir dari kehidupan Sri, namun bagian yang paling menyenangkan karena pada bagian ini Sri dapat berkreasi dan keliling dunia. Setelah meninggalkan segala kenangan dengan suaminya, Sri tiba di sebuah panti jompo yang terletak di kota Paris. Di panti jompo inilah Sri banyak belajar berbagai ilmu dengan membaca, berkreasi dan berkebun. Di sini kehidupannya tanpa beban. Kemudian Sri melamar menjadi guru menari. Dari profesi inilah Sri dapat keliling dunia untuk mengantarkan anak-anak didiknya mengikuti berbagai pementasan dan kompetisi. Hingga akhirnya dia mendadak sakit dan meninggal dunia. Namun sebelum meninggal dunia Sri sempat menitipkan dua surat kepada temannya di panti jompo dengan tujuan ke Indonesia dan London. Kedua surat itulah yang menjadi penyelesaian konflik yang terjadi pada novel ini. 

Rentetan kejadian tersebut bukanlah konflik utama dalam novel karya Tere Liye ini. Namun Tere Liye mampu menghadirkan kejadian-kejadian tersebut sebagai peristiwa-peristiwa penting untuk menuju ke penyelesaian. Dengan mengawali cerita ini dengan kasus pencarian ahli waris sebesar satu miliar pounsterling atau setara denga 19 triliun rupiah, Tere Liye berhasil untuk menjebak pembaca sehingga pembaca diselimuti rasa penasaran dengan terus membaca tiap bagian novel ini. 

Novel ini berakhir happy ending yaitu dengan keberhasilan Zaman menemukan dan menangkap orang yang membuat Sri ketakutan. Ya Lastri sahabat Sri berhasil meloloskan diri dari penjara dan dia terus menguntit kehidupan Sri. Berpindahnya Sri dari Jakarta ke London, dari London ke Paris untuk menghindari kejaran Lastri. Dan itu Sri rahasiahkan. Setelah kematian Sri, Lastri berpura-pura menjadi mertua Tilamuta dengan tujuan untuk memburu harta warisan itu. Tilamuta merupakan pewaris tunggal karena Sri hanya memiliki satu saudara. Namun aksi Lastri dapat dibongkar oleh Zaman sekaligus membebaskan Tilamuta yang selama berpuluh-puluh tahun dikerangkeng. Tilamuta yang dianggap sudah mati ternyata pada saat penyerangan ke pesantren diculik terlebih dahulu sama halnya dengan Sri. Namun Tilamuta tidak dapat membebaskan diri seperti Sri yang berhasil kabur. Namun berkat kecerdasan Sri yang berpura-pura menjual perusahaan toiletres di Jakarta, usaha Lastri gagal. Sebelum menjelang ajalnya Sri mengirimkan dua surat wasiat yaitu ke Thompson & Co dank e Indonesia yaitu sahabatnya Nuaini. 

Menilik dari rangkaian peristiwa, novel ini menggunakan alur campuran yang variatif. Jenis alur ini sulit diterapkan oleh penulis pemula. Namun Tere Liye dengan kepiawaiannya mampu menyelesaikan cerita ini dengan cara mengesankan. Begitu pula bahasa yang digunakan menarik, energik, penuh dengan motivator serta menggunakan gaya bahasa yang luwes. Cara pendeskripsian latar tempat, waktu, dan keadaan sangat mempengaruhi pembaca. Pembaca seolah-olah menyaksikan dan merasakan rentetan kejadian yang dideskripsiskan dengan kalimat-kalimat pendek. Hal yang disayangkan dalam novel ini yaitu judulnya terlalu sederhana sehingga pembaca sulit menduga jenis novel ini. Namun setelah dibaca ternyata novel ini termasuk novel inspiratif yang penuh dengan misteri. Nah, novel ini bagus dibaca oleh semua kalangan karena novel ini kaya dengan pesan moral seperti, pentingnya kesetiaan, perjuangan yang tiada batas, kebaikan pasti akan menuai kebaikan pula. Dengan membaca novel ini, Anda belajar banyak hal.

Senin, 23 Oktober 2017

Latihan Soal PTS kelas X

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat pada hurup A, B, C, D, E!

1. Berikut yang merupakan struktur laporan observasi adalah...
A. abstraksi, orentasi, krisis, reaksi, dan koda
B. pernyataan pendapat, argumentasi, dan penegasan ulang pendapat  
C. pernyataan umum dan aspek yang dilaporkan
D. pernyataan definisi dan pernyataan umum
E. pernyataan definisi dan pernyataan umum

2. Observasi dapat dilakukan secara langsung dengan cara...
A. melihat
B. membaca
C. mendengarkan informasi
D. membaca berita
E. mendapatkan berita


3. Observasi dapat dilakukan secara tidak langsung dengan cara...
A. mengamati
B. mendengarkan
C. menyaksikan
D. melakukan
E. merasakan

4. Cerita yang berisi cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya, adalah pengertian dari teks…
A. Teks observasi
B. Teks anekdot
C. Teks berita lucu
D. Teks narasi
E. Teks eksposisi

5. Kita dapat memahami teks anekdot dan dapat memanfaatkannya sebagai sarana untuk...
A. menyelesaikan persoalan-persoalan yang kita hadapi di dunia nyata
B. mempertahankan bangsa agar berpegang tegus terhadap Pancasila
C. sumber aktualisasi diri penggunanya pada konteks sosial-budaya akademis
D. menyampaikan kritik terhadap persoalan-persoalan pada bidang-bidang layanan tersebut
E. memperoleh ilmu pengetahuan melalui pendidikan

6. Struktur teks anekdot yang menggambarkan latar tempat ataupun cerita disebut...
A. abstraksi
B. orientasi
C. krisis
D. reaksi
E. koda

7. Struktur teks anekdot yang titik fokusnya yaitu pada bagian inti yang isinya dipelesetkan menjadi humor atau lelucon disebut...
A. abstraksi
B. orientasi
C. krisis
D. reaksi
E. koda

8. Yang termasuk kedalam sifat-sifat anekdot secara umum adalah....
A. Aneh
B. membosankan
C. khayalan
D. nyata
E. nyaman

9. Teks anekdot merupakan teks yang berdasarkan pada kejadian yang....
A. Aneh
B. penting
C. sebenarnya
D. khayalan
E. seperti dongeng

10. Perhatikan urutan berikut ini!
1. Judul
2. Singkat
3. Kekanak-kanakan
4. Aneh
5. lucu
6. Menarik

11. Dari urutan tersebut yang merupakan unsur dari anekdot adalah...
A. 2, 3, dan 4
B. 2, 3, dan 5
C. 1, 2, dan 5
D. 3 dan 4
E. 5 dan 6


12. Contoh anekdot dalam kehidupan kita sehari-hari dan merupakan perwujudan dari seni adalah...
A. Keramik
B. lukis pasir
C. karikatur
D. lukisan abstrak
E. puisi cinta

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal 13-15!

                                                     Pejabat Itu Menerima Bukan memberi

Bersama beberapa orang tetangga, termasuk seorang pejabat, Nasrudin berkreasi di sebuah taman. Setelah makan bersama, masing-masing mereka menuju ke sebuah kolam besar untuk mencuci tangan. Celaka, mungkin karena kurang hati-hati, kaki seorang pejabat terpeleset dan dia tercebur ke kolam, semua berusaha menolongnya. “Berikan tangan anda,” kata mereka. Akan tetapi, si pejabat tidak mau memberikan tangannya. Nasrudin yang melihat adegan itu dari tempat yang agak jauh, berteriak sambil mendekat, “Menyingkirlah kalian dari sini! Kalian tidak tahu cara menyelamatkannya. Dalam keadaan hampir tenggelam seperti itu, dia jelas tidak mungkin bisa mendengar ucapan kalian. Apalagi dia seorang pejabat, tentu dia tidak biasa dengan kata-kata ‘berikan’, tetapi ‘terimalah’. Lihat, bagaimana aku bisa menyelamatkannya dengan cepat.” Nasrudin maju sambil mengulurkan tangan. Dia pun berkata,” Ayo Anda terima tanganku.” Barulah si pejabat itu mau meraih tangan Nasrudin kuat-kuat. Akhirnya, dia selamat meski dengan tubuh yang basah kuyup.

13. Cuplikan anekdot di atas bertema…
A. Kegemaran orang-orang kota  mendengaka khotbah Nasruddin
B. Seorang nasruddin yangh akan berkhotbah di depan orang-orang kota
C. Keeganggan Nasruddin berkhotbah ditengah-tengah orang kota
D. Sikap antisipasi orang-orang kato terhadap khotba Nasruddin
E. Kemarahan Nasruddin terhadap sikap para pengundangnya

14. Peristiwa lucu yang tampak pada cuplikan itu adalah….
A. Pejabat yang tidak mau menerima pertolongan orang lain
B. Pejabat yang tidak mau menerima pertolongan  Nasruddin
C. Sikap Nasruddin yang tidak mau menolong pejabat
D. Para pejabat  yang tidak mau memberi tetapi hanya menerima saja.
E. Ketidakberdayaan para pejabat untuk menerima bantuan Nasruddin.

15. Teks di atas layak disebut anekdot karena….
A. Mengandung tema social
B. Disampaikan dalam bentuk cerita singkat
C. Berupa kisah lucu yang menyadarkan
D. Mengandung sindiran-sindiran
E. menceritakan orang terkenal

16. Persamaan tek anekdot dan cerita Lucu adalah….
A. Sama-sama golongan narasi
B. Sama-sama memakai keterangan waku masa lampau
C. Sama-sama mempunyai tujuan komunikat
D. Sama-sama teks karang bebas
E. Sama-sama  memiliki struktur kalimat

17. Bagian pembuka teks eksposisi adalah...
A. tesis
B. argumentasi
C. penegasan ulang
D. awalan
E. prolog

18. Di bawah ini yang tidak termasuk struktur teks eksposisi adalah…
A. pernyataan umum
B. tesis
C. argumentasi
D. penegasan ulang
E. pendapat

Bacalah secara cermat!
Langkah-langkah menulis sebagai berikut. Pertama, tentukan topik.Kedua, kumpulkan data.* Ketiga, buat kerangka karangan. *Keempat, kembangkan kerangka menjadi tulisan. Kelima, tentukan judul karangan.

19. Jenis teks eksposisi tersebut adalah ....
A. proses
B. definisi
C. klasifikasi
D. perbandingan
E. sebab-akibat

Bacalah secara cermat!
Nelayan di pesisir pantai Sumatra Barat menghadapi musim paceklik. Keadaan ini berlangsung selama dua minggu disebabkan bulan terang dan gelombang laut tinggi. Akibatnya, produksi ikan hasil tangkapan menurun.

20. Jenis teks eksposisi tersebut adalah ....
A. proses
B. definisi
C. klasifikasi
D. perbandingan
E. sebab-akibat

21. Judul yang sesuai untuk teks berjenis eksposisi proses adalah ....
A. Ayahku adalah Pahlawanku
B. Bahaya Minuman Beralkohol Tinggi
C. Cintaku Tersangkut di Pohon Mangga
D. Cara Merawat Tanaman Anggrek
E. Ciri-ciri Sekolah yang Baik

II. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan jelas!
Bacalah teks berikut!

                                                     Tukang Santet Jakarta

Main hakim sendiri seakan sudah dianggap normal oleh masyarakat kita. Pelakunya bukan Cuma rakyat biasa, tetapi sering justru aparat yang berwenang. Paling tidak penghakiman dilakukan di depan  aparat. Sampai-sampai majalah tempo, jauh sebelum diberedel, pernah “ menghitamkan” beberapa halamannya sebagai tanda prihatin.
Para pembaca tempo tentu kaget dan heran. Bermacam dugaan pun segera muncul. Gus dur terasuk yang heran dan menduga-duga “ Mengapa tempo di buat hitam seperti itu ? tanya Gus Dur dalam hati.
“Siapakah yang memerintahkan penghitaman itu ? tanya Gu Dur.
“Ya, siapa lagi kalau bukan ahlinya : tukang santet dan bramacorah Jakarta,” jawab redaksi tempo.

11. Jelaskankaidah  dan  struktur teks anekdot tersebut!
12. Jelaskan persamaan dan perbedaan teks eksposisi dan teks eksplanasi!
13. Jelaskan struktur teks eksposisi !
14. Jelaskan struktur teks observasi!
15. Susunlah contoh teks observasi dengan memperhatikan strukturnya!

Selasa, 12 September 2017

Soal latihan teks cerpen, teks peosedur, teks eksplanasi, dan taks ceramah

LATIHAN SOAL

Mata Pelajaran : B. Indonesia
Kelas : XI
Materi : teks cerpen, teks prosedur, teks eksplanasi, dan teks ceramah

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat pada hurup A, B, C, D, E!

1. Cerpen adalah salah satu karya sastra yang berbentuk …
A. bait
B. baris
C. dialog
D. prosa
E. nonfiksi

2. Sarana pengekspresian watak, baik secara fisik maupun psikis dalam teks cerpen terdapat dalam ....
A. orientasi
B. latar
C. abstrak
D. komplikasi
E. deskripsi bagian

3. Struktur yang berisi pengenalan latar cerita berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerpen terdapat dalam ...
A. abstrak
B. orientasi
C. komplikasi
D. deskripsi umum
E. koda

4. Pada teks cerpen, pembaca dapat mengetahui karakter atau watak pelaku cerita dalam ...
A. Komplikasi
B. abstrak
C. orientasi
D. evaluasi
E. koda

5. Resolusi pada teks cerpen adalah tahapan di mana ...
A. pengarang menghidupkan cerita dan meyakinkan pembaca
B. berbagai kerumitan bermunculan
C. konflik mencapai tingkat intensitas tertinggi
D. nilai-nilai atau pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca
E. konflik mencapai sebuah selesaian atau leraian

6. Struktur tujuan dalam teks prosedur terdapat pada paragraph...
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. ke empat
E. ke lima

7. Contoh ciri kebahasaan yang terdapat di teks prosedur adalah...
A.sopan
B.santun
C.singkat padat dan jelas
D.artisipan manusia
E.salah semua

8. Konjungsi yang menerangkan waktu adalah konjungsi ....
A.hiperbola
B.temporal
C.korelatif
D.perbandingan
E.konsensif

9. Dalam teks prosedur pada paragraph ke-2 merupakan bagian…
A.tujuan
B.interpretasi
C.langkah-langkah
D.tesis
E.argumentasi

10. Salah satu ciri bahasa teks prosedur adalah menggunakan kalimat imperatif. Kalimat imperatif adalah…
A.berita
B.pertanyaan
C.meminta melarang
D.bercanda
E.penjelasan

11. Di bawah ini yang termasuk ke dalam struktur teks eksplanasi ialah …
A. Abstraksi
B. tesis
C. Argumentasi
D. Pernyataan umum
E. Koda

12. Di bawah ini yang tidak termasuk ke dalam isi dari sebuah teks eksplanasi adalah …
A. kesimpulan / intisari dari gagasan yang dibahas
B. konflik pada tokoh-tokoh dalam novel
C. peryataan tantang topik yang sedang dibahas
D. . informasi yang didasarkan pada fakta berkaitan dengan topik
E. generalisasi tentang topik yang sedang dibahas

Bacalah teks berikut!
Belakangan ini gempa bumi menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Indonesia. Sepanjang sejarah umat manusia, gempa selalu saja menimbulkan kerugian baik materil ataupun korban jiwa. Tidak berlebihan rasanya jika dikatakan bahwa fenomena gempa bumi adalah peristiwa yang berdampak secara langsung kepada makhluk hidup tak terkecuali manusia. Hal tersebut menjadikan gempa bumi sebagai salah satu bencana alam yang ditakuti oleh setiap orang.
13. Jika dilihat dari struktur teks eksplanasi, teks tersebut adalah bagian dari …
A. Kronologis (urutan peristiwa)
B. Sebab atau akibat
C. Pengenalan obyek
D. Asal-asul peristiwa
E. Kesimpulan

14. Pidato pada intinya adalah…………..
A. penyajian lisan kepada sekelompok massa
B. berbicara di atas podium
C. pembicaraan tentang masalah social
D. ketrampilan dalam berbahasa lisan
E. bertujuan untuk mempengaruhi orang banyak

15. Ceramah merupakan jenis pidato yang isinya bertemakan…
A. umum
B. sejarah
C. keagamaaan
D. kesosialan
E. kesehatan

16. Pada dasarnya ceramah dan khotbah sama, namun memiliki perbedaan yang signifikan. Perbedaaan tersebut terletak pada…
A. tema
B. narasumber
C. waktu
D. tempat
E. waktu dan tempat

17. Ceramah yang dilakukan secara spontan disebut dengan metode…..
A. impromtu
B. manuskrip
C. memorier
D. membaca naskah
E. ekstemporan

18. Persiapan pertama yang harus dlakukan sebelum ceramah/Khotbah adalah……
A. mensortir materi
B. mengumpulkan bahan
C. menentukan topik atau tujuan pidato
D. pemahaman dan penghayatan materi
E. menyusun materi

19. Kita menyadari bahwa terwujudnya suatu masyarakat tidak dapat dipisahkan dari unsur tetangga sebagai saudara terdekat keluarga dan kerabat sendiri.Tetangga sebagai saudara dekat mempunyai tempat khusus dalam Islam sehingga baik buruknya tetangga merupakan ukuran iman seseorang. Hal ini sebagaimana yang disabdakan baginda nabi Muhammad SAW,"Demi Allah, dia tidak beriman! Orang yang tetangganya tidak aman dari keburukannya.
Penggalan khotbah di atas menekankan pentingnya
A. hidup bermasayarakat
B. berhubungan baik dengan tetangga
C. menjalin silaturahmi dengan orang yang beriman
D. keharusan untuk selalu beriman kepaa Allah
E. menghindari perbuatan yang buruk

20. Bacalah teks pidato berikut!
Pada akhirnya, marilah kita tingkakan amal kita marilah kita tingkatkan amal kita dengan berbuat baik kepada kaum wanita. Kita dudukan kaum wanita sesuai dengan kodratnya, memiliki kesempatan belajar yang luas. Kaum wanita harus memiliki kebebasan dalam mengembangkan tugas kewanitaannya, baik itu menyangkut dengan kepentingan dirinya sendiri, sebagai ibu rumah tangga, maupun dalam hubungannya dengan kemasyarakatan.
Penggalan pidato di atas disajikan dalam bentuk……
A. narasi
B. deskripsi
C. eksposisi
D. argumentasi
E. persuasi

II. Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan tepat!
21. Jelaskan apa yang dimaksud cerita pendek !
22. Jelaskan struktur  isi cerita pendek  !
23. Jelaskan struktur teks prosedur!
24. Jelaskan perbedaan teks prosedur dengan teks eksplanasi!
25. Jelaskanlah contoh kontruksi teks ceramah/khotbah!